Keren Nih Usaha Rumah Makan Di Halaman Rumah

keren-nih-usaha-rumah-makan-di-halaman-rumah

Memanfaatkan halaman rumah sebagai kedai rumah makan mini untuk usaha rumah makan cukup menarik pastinya. Dengan memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat usaha menjadi ciri khas yang mungkin bisa memberikan nuansa baru yang lebih unik dan tentunya nyaman. Begitu pula yang dilakukan oleh seorang pengusaha rumah makan yang berada di Jogja ini.

Rumah yang rindang dikelilingi tanaman dan juga pohon dipenuhi dengan berbagai mobil dan motor. Tampak dari jalan kedai sangat nyaman dan nikmat jika berhenti dan beristirahat sambil menikmati minuman juice atau milkshake. Di sebuah kedai halaman rumah yang dekat dengan lingkungan kampus dan pusat pertokoan tersebut, banyak remaja dan anak muda yang sedang menikmati makan dan minum.

Tidak akan menyangka jika pemilik dari usaha sekaligus rumah tersebut adalah seorang Dokter Kulit yang bekerja secara freelance di sebuah Rumah Sakit dan beberapa Instansi. Saat ini memang banyak sekali rumah sendiri yang dijadikan rumah makan atau sekedar tempat minum, seperti yang satu ini. Alasan untuk mengisi rumah dan memperoleh keuntungan adalah sejumlah alasan yang dijelaskan para pemiliknya. Namun bagaimana caranya memanfaatkan halaman kita untuk usaha rumah makan atau tempat minum.

Menariknya Usaha Rumah Makan Di Halaman Rumah

Awal Merintis Usaha

Kedai halaman rumah ini pada awal mulanya hanya berawal dari gerobak juice saja. Namun semakin berjalanya waktu tergiur dengan suasana halaman rumah yang sejuk dan nyaman. Hingga pada akhirnya para penggunjung berniat untuk mampir sebentar ke halaman rumah untuk duduk-duduk menunggu dan menikmati juice. Sampai pada akhirnya semakin lama tempat minum yang berada di halaman rumah tersebut terisi sebagian dari kursi yang disediakan.

“Usaha ini sudah saya jalankan sekitar 3 tahun yang lalu. Pada awalnya saya hanya mencoba untuk jualan juice buah – buahan di depan jalan rumah dengan menggunakan gerobak. Investasi awal dulu hanya untuk pembelian gerobak, blender dan bahan baku, dan menghabiskan sekitar 2,5 jutaan.” dijelas oleh Diani Diyah Pitaloka ( 40th ).

Keunggulan

Keunggulan yang ditawarkan usaha rumah makan ini cukup menarik karena menyuguhkan suasana yang berbeda dari yang lainnya yakni nyaman dan sejuk. Selain karena letak rumah makan yang cukup strategis, kualitas juice yang ditawarkannya pun sangat baik. Sehingga pelanggan tidak kecewa dengan rasa dan penyajian yang ditawarkan.

Tercetusnya ide tersebut muncul pada awalnya dulu sang pemilik usaha sering mengkonsumsi juice, terutama untuk kesehatan dan perawatan kulit. Sehingga ia pun berfikir bahwa disekitar tempat tersebut belum ada yang menjual juice dengan kualitas yang baik.

Pengembangan Usaha

Berawal dari gerobak juice kini pemilik usaha telah mengembangkan usahanya hingga menjadi kedai rumah makan halaman rumah. Memang pada awalnya tidak mudah namun setelah usaha gerobaknya lancar dan banyak pembelinya, Bu Dian berinisiatif untuk mengembangkan di halaman rumahnya dengan menjual makanan yang kini telah berkembang menjadi kedai rumah makan. ” Memang rumah saya ini memiliki kelebihan dalam kenyamanan, pohon rindang dan letaknya persis di perempatan jalan” begitu penuturanya.

Selain itu, di daerah tersebut banyak pertokoan dan kampus UGM dan UNY yang menjadikan daerahnya cukup ramai. Sehingga orang – orang akan mudah untuk melihatnya” ujar Ibu Dian. Ketika ditanya kenapa membuka di halaman rumah, Ibu Dian lebih memiih mengikuti apa kata pelanggan. ” Saya hanya mengikuti pelanggan, karena merekalah yang meminta untuk usaha ini dikembangkan di rumah. Kan rumah ini rindang dan nyaman.” jelas lulusan dari Kedokteran UGM ini.

Penambahan SDM

Selain itu dia juga menambah karyawan untuk menangani bagian produksi, sehingga dia kini memiliki total 5 orang karyawan, dengan 2 orang dibagian juice, 1 orang masak, 1 orang pelayan, dan 1 orang lagi bagian kasir. Untuk menarik karyawan Bu Dian memilih melalui orang – orang yang dipercaya, sehingga kredibilitasnya dapat dipegang.

Setiap karyawan memiliki tugasnya masing – masing setiap hari, misalnya yang beli buah – buahan siapa, bagian menyiapkan dapur, dll. Jadi saya hanya mengatur masalah pembagian tugasnya aja, karyawan yang menjalankannya. Untuk buah – buahan ini sudah disuplai setiap harinya dari penjual buah – buahan.

Pangsa Pasar

Tidak bisa dianggap remeh, pasalnya pangsa pasarnya usaha rumah makan ini mampu menembus kalangan mahasiswa dan orang kantoran. Memang secara umum pangsa pasar usaha ini banyak mahasiswa, karena dekat dengan lingkungan kampus dan daerah kost- kostan.

Selain itu juga, lingkungan ini dekat dengan daerah pertokoan, dimana pemilik toko atau ruko sering mampir ke tempat tersebut. Untuk strategi pemasarannya Bu Dian tidak banyak melakukan banyak hal, sehingga berjalan apa adanya. Tidak ada promosi atau publikasi khusus yang dilakukan untuk mengembangkan usaha. “Orang – orang tahunya dari mulut kemulut, dan juga karena sering melihat jika lewat daerah ini ” jelasnya.

Analisa Ekonomi

Investasi Awal
Gerobak : Rp 2.000.000
Blender : Rp 200.000
Buah - buah : Rp 250.000
Kemasan Plastik : Rp 50.000

Total : Rp 2.450.000

Omset per hari Rp 1.000.000
Pembelajaan per hari Rp 500.000
Laba Kotor per hari Rp 500.000

Laba Kotor per bulan
Rp 500.000 x 30 = Rp 15.000.000

Biaya Operasional
Listrik, Air : Rp 750.000
Gaji Pegawai 4 org : Rp 3.000.000
Gas Elpiji : Rp 80.000
Biaya Lain - lain : Rp 1.150.000
Total : Rp 4.980.000

Laba Bersih :
Rp 15.000.000 - Rp Rp 4.980.000 = Rp 10.020.000,-

Sekian cerita inspirasi yang dibagikan oleh Ibu Dian pengusaha kedai rumah makan yang mengandalkan usahanya di halaman rumah. Meski dengan konsep dan cara yang sederhana pada kenyataanya rezeki bisa datang dengan cara yang tidak diduga sebelumnya.

Asalkan ada kemauan dan usaha yang sungguh – sungguh maka kesuksesan pun bisa kita raih. Semoga kisah tersebut semakin menginspirasi Anda yang ingin memulai sebuah usaha meski dengan modal usaha yang terbatas dan cara yang sederhana. Pasti akan ada jalan untuk usaha tersebut berkembang dan besar.

Temukan pula artikel lainnya untuk mendapatkan ide inspirasi usaha lainnya di bisnisukm.com. Bisa pelajari pula kunci sukses memulai usaha, cek artikel mengintip bisnis kuliner menjanjikan, menu luar harga lokal !

Buat Anda atau siapapun yang sudah menemukan usaha dan akan melakukan eksesusi usaha makanan atau minuman tapi binggung menyempurnakan kemasan bagaimana. Bisa cek di website diKemas.com untuk menemukan berbagai jenis dan bentuk kemasan dengan desain yang kece dan keren. Keunggualan yang bisa Anda dapatkan dari order kemasan di dikemas, konsultasi desain gratis, desain gratis , harga murah, banyak bonusnya. Udah ngak perlu pake ragu, langsung hubungin cs nya buat tanya-tanya dulu.

Simak juga liputan video usaha kuliner.id inspirasi dari para pengusaha sukses. Sedikitnya ada kumpulan liputan dari 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, inspirasi usaha dari para pengusaha sukses maupun pemula. Untuk mengetahui lebih lengkapnya  bisa mengunjungi bisniskuliner.id

Berbagai video liputan yang membahas mengenai bagaimana para pengusaha memulai usaha, bagaimana mendapatkan modal usaha, cara memilih lokasi usaha, tips membuat resep, proses produksi yang dilakukan, strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha sukses, cara memanage keuangan, manajemen SDM yang digunakan dan bagaimana cara mengembangkan usaha.

 

 

16 thoughts on “Keren Nih Usaha Rumah Makan Di Halaman Rumah”

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Untung di bisnis makanan memang cukup besar, apalagi produk unggulan yang dijual adalah minuman (seperti aneka jus, kopi, aneka macam es, dan lain-lain) dan tanpa biaya sewa lokasi usaha seperti memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha bisa mendapatkan keuntungan hingga 100%. Misalnya belanja bahan sebesar 100.000/hari bisa mendatangkan omzet hingga 250.000/ hari. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba