5 Kios Online Yang Bisa Digunakan Untuk Jualan

toko onlineSebagai seorang pedagang, tentunya Anda membutuhkan tempat atau kios khusus untuk menggelar produk dagangan Anda. Dalam hal ini biasanya pedagang konvensional lebih memilih untuk menyewa kios, ruko, atau counter kecil di pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi para konsumen. Lalu, bagaimana dengan nasib para pelaku bisnis toko online? Di mana tempat yang tepat untuk menjajakan barang dagangan mereka?

Tak kalah bersaing dengan para pelaku bisnis konvensional, pemilik bisnis toko online juga bisa menjajakan produk mereka di beberapa kios yang ada di dunia maya. Kira-kira tempat apa saja yang bisa mereka jadikan sebagai lapak dagang? Berikut kami informasikan 5 kios online yang bisa digunakan untuk jualan di dunia maya.

1. Memanfaatkan pertumbuhan e-marketplace
Meskipun sampai saat ini perkembangan e-commerce di Indonesia belum seoptimal Negara Jepang, namun belakangan ini pertumbuhan kios online yang berfungsi sebagai marketplace mulai mengalami peningkatan. Menurut pengertian secara umum yang dimaksudkan dengan e-marketplace adalah sebuah situs di internet yang mempertemukan antara pembeli dan penjual. Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian Ecommerce adalah pasar perdagangan elektronik di mana perusahaan mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli untuk berkomunikasi dan melakukan bisnis melalui internet. Salah satunya saja seperti bisnisukm.com yang sekarang ini menjadi marketplace bagi para UKM untuk memasarkan produk unggulannya di dunia maya.

2. Membuat website

membuat website
membuat website

Bila pelaku bisnis konvensional bisa membangun kios toko untuk menjajakan produk-produknya, maka selaku pemilik bisnis online Anda juga bisa membuat sebuah website sebagai lapak dagang di dunia maya.  Alamat atau domain situs website tersebut bisa Anda sesuaikan dengan nama toko online yang Anda miliki. Layaknya toko offline yang bisa Anda gunakan untuk mendisplay produk, website toko online juga bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mempromosikan produk-produk unggulan yang Anda pasarkan. Dalam hal ini Anda bisa mencantumkan foto dan deskripsi produk dengan lengkap untuk menarik minat para konsumen.

3. Mulailah dengan webblog
Bagi para pemula yang memiliki budget terbatas, tidak ada salahnya bila Anda mengandalkan webblog gratis seperti misalnya blogspot ataupun wordpress untuk menggelar produk dagangan Anda. Meskipun kios online ini masih sekedar gratisan, namun dengan format blog Anda sudah bisa mengatur desain atau foto-foto produk yang cukup baik. Yang terpenting, pilih tema yang sesuai dengan bidang bisnis Anda dan bidik keyword yang banyak dicari pelanggan untuk mengoptimalkan promosi webblog toko online Anda.

4. Aktif berpromosi di forum online
Salah satu kios di dunia maya yang paling banyak digunakan para netpreneur adalah forum jual beli online. Biasanya, forum ini disediakan oleh situs-situs berbasis komunitas atau masyarakat. Dari forum tersebut calon konsumen bisa menemukan apa yang mereka cari dan bagi para pelaku usaha bisa menjual apa yang sebaiknya Ia jual. Untuk mengakses dan membuat posting di sebuah forum online, netpreneur diharuskan untuk sign up (mendaftar) terlebih dahulu untuk menjadi member dari situs tersebut. Dalam hal ini forum online memberikan fasilitas gratis bagi para membernya, dan menawarkan paket khusus (premium) bagi para pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan pemasaran produknya.

5. Gunakan ketenaran sosial media
Kios online yang cukup efektif untuk membuka lapak dagang adalah media-media yang cukup dekat dengan kehidupan keseharian masyarakat. Salah satunya saja seperti berbagai macam situs sosial media yang cukup familiar di kalangan masyarakat, seperti misalnya Twitter,  Facebook, Google plus, linkedIn, BlackBerry Messenger, Instagram, Pinterest, Youtube, dan lain sebagainya.

Melalui kios online yang telah kita bahas bersama, para pelaku bisnis toko online bisa mempromosikan produknya cukup mudah dan dengan biaya yang terbilang murah. Semoga informasi singkat tips bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk tak ragu lagi mengembankan usahanya di ranah maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://escapehatcher.com/blog/wp-content/uploads/2013/02/WriteForWeb.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-eQmgAQcUaC4/T8ZforlimdI/AAAAAAAAB_M/crdwhHUk69M/s1600/how-to-start-a-website.jpg

1 Komentar

  1. Toko online anda mau dibanjiri banyak pengunjung serahkan pada tim kami silahkan email ke kami. Biaya hanya 50000 utk promosi selama 7 hari.

Comments are closed.