marketing

5 Kunci Sukses Menjadi Seorang Marketing

marketingKegiatan marketing tidak hanya terpaku pada proses bagaimana menjual produk saja, tetapi lebih kepada bagaimana sebuah produk yang kita jual dapat dikenal dan melekat kuat pada benak konsumen kita. Bahkan bisa dikatakan kegiatan marketing atau pemasaran merupakan jantung dari rangkaian aktifitas bisnis. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran yang tepat, akan menghasilkan angka penjualan yang cepat, dengan loyalitas konsumen yang kuat. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penghasilan yang didapat tentunya akan semakin besar dan akan terus meningkat. 

Bagi Anda yang sedang menjalankan strategi pemasaran, berikut ini kami informasikan 5 kunci sukses menjadi seorang marketing yang dapat Anda terapkan :

Kenali perilaku konsumen Anda
Sebelum menawarkan produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan Anda bidik. Bisa jadi Anda membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah. Pastikan bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu kenali perilaku konsumen yang Anda bidik, untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

Tingkatkan product knowledge Anda
Salah satu senjata yang harus dikuasai seorang marketing adalah product knowledge (informasi produk). Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon konsumen. Sampaikan informasi tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen Anda, agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selalu optimis dan pantang menyerah
Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target perusahaan, atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing. Karena itu usahakan untuk selalu optimis dalam melayani konsumen, dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat yang Anda tunjukan kepada calon pelanggan menjadi kunci utama kesuksesan Anda sebagai seorang marketing.

Perluas jaringan bisnis Andamarketing

Memperluas jaringan bisnis sama halnya dengan menciptakan peluang pasar. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

Perhatikan respon pelanggan
Terkadang setiap pelanggan memberikan respon yang berbeda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, maka cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun bila respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik kedepannya.

Buatlah strategi pemasaran produk yang menarik
Terakhir, buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya saja dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian diatas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya (seperti menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen).

Setelah memahami beberapa kunci sukses dalam pemasaran produk atau jasa, selanjutnya cobalah untuk mempraktekannya langsung dalam menjalankan bisnis Anda. Mulailah dari yang mudah, mulailah dari yang kecil, dan mulailah dari sekarang !!! Salam sukses.

[mb-bahaya]

Sumber gambar : http://joe-slavin.com/wp-content/uploads/2010/07/new-product-marketing-plan-gragh1.jpg dan http://websitedesignph.com/wp-content/uploads/2010/07/successful-marketing.png

51 Comments

  1. Mau tanya gan, Jadi marketing kalo gak memenuhi target kok gajinya sedikit ? Dan terkadang gaji itu pula yang membuat kita harus berpikir 2x untuk menjadi marketing ?? Terimakasih

  2. Ilmu yang sangat bermanfaat, bisa menjadi acuan bagi yang sedang belajar menjadi seorang marketing.
    Terima kasih

  3. saya pengen jadi marketing iklan dan profil koran..carax gimana ya soalnya saya orangnya gak pd an kalau bicara dengan orang asing saya kaku jadi nervers,,,??

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Yang terpenting kuasai product knowledge dengan baik untuk meningkatkan kepercayaan diri Sdri. Dhea. Semoga informasi di atas bisa membantu dan salam sukses!

  4. Ini lah 5 kunci sukses jadi marketing itu,,saya tertarik 5 kunci sukses jadi marketing ini,,jadi saya akan mencoba nya dari yang kecil sampai yang besar nanti,,insyaallah dari yang kecil sukses saya jadi marketing ini,,

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga tips marketing yang kami sampaikan bisa membantu Bapak Ramadhani Syah dalam menjalankan aktivitas pemasaran. Informasi lainnya terkait pemasaran bisnis dapat diakses melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga BisnisUKM.com bisa menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bisnis bagi Bapak Ishom dan seluruh pelaku UKM di Indonesia. Salam sukses!

  5. report dong bos mengenai sukses di property .. saya ingin juga sukses dong boss ..mkasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, rasa kaku saat menawarkan sebuah produk bisa hilang seiring bertambahnya jam terbang Anda sebagai tenaga pemasar. Namun untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, Anda bisa memperdalam produk knowledge yang dimiliki agar tak terlihat grogi atau kaku ketika menghadapi calon konsumen. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu. Salam sukses!

  6. Saya baru aja ngelamar jadi marketing, langkah apa yang baik buat saya bila nanyi saya pertama kali mencari nasabah.tks.

    • Untuk awal prospek nasabah ,interview menjadi tdk teratur karena situasi , ditutup dengan pertanyaan terakhir,kalau sebulan bisa dapat untung berapa, katakan luar biasa lanjutkan terbesar keuntungannya dagangan ya mana dan dagangan berikutnya……… tdk terduga data analisis anda menjadi complete.

  7. saya sering mengalami penolakan dalam menawarkan produc, gmana caranya supaya saya tetap ,semangat ,, biasa nya kalo sering mengalami penolakan . bisa bikin kita jadi down z<>><

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Mengalami penolakan ketika menawarkan sebuah produk sudah menjadi bagian dari seorang marketing. Untuk bisa tetap semangat dan bisa mengurangi intensitas penolakan dari calon konsumen, ada baiknya bila Bapak Ryan melakukan evaluasi baik dari segi produk maupun cara pemasaran yang dilakukan. Apabila pemasaran offline mendapatkan banyak penolakan, tak ada salahnya bila Bapak mencoba cara baru seperti salah satunya memanfaatkan media online untuk menggaet calon konsumen. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

    • Menjadi seorang marketing memang susah bukanlah gampang! Tapi kita harus sabar dan tahan banting jangan pernah mengenal malu dan harus punya percaya diri yg lebih salam sukses

  8. .Menjadi seorang marketing sangatlah sulit, tetapi klu kta bersungguh2 pasti kt berhasil, dan jng lupa berdo’a .. Ok salam sukses .

  9. sya ingin bertanya sedikit, emang menjadi marketing tidak lah mudah, pastinya ad naik surutnya itu jga tergantung kta, yang mau sya tanyakan bgaimana sebenarnya yang terbaik buat menghendel consumen yang agak keras kepalah and yang menyeleneh …
    makasi

  10. kunci dr keberhasilan adalah sabar,tekun dan prioritas segmentasi pasar, dan tips diatas sangat2 mantap dan oke………jangan lupa berdoa itu yg paling utama,,,,,,,

  11. saya ingn mnmbahi j,dri perckapan d atasss,,satu saja teutama bagiseorang,,yaitu dengn merutinkan berdo’a, krna berdoa adlh dorongan untuk kbrhsilannnnnnn,,,

    trma ksihhhh…………….

  12. aku pernah melampaui batas dari target yg ditetapkan selalam 1,5 tahun. yg kulalkukan sa’at itu hanya mendengar dan mencari solusi dari keluhan bawahan/konsumen. dan berdoa sebelum ke kantor tapi yg aku terima selalu di pindahkan dari cabang satu ke cabang lainnya. buntutnya diri sendiri yg menghindari target alias hengkang dari perusahaan.

  13. saya pengen jadi marketing hebat atau bisnismen hebat apa solusi dan resepnya agar keinginan saya bisa tercapai dan mohon bantuannya.?

    • cma modal tekun , ulet ,yakin,semangat ,dan kerja keras lah yg bsa bkin orang marketing sukses…!!!
      snangi pekerjaan anda n selalu brfkir positf .

  14. mav saya gi bljar jdi mrket ,, saya pngn tau luas tentng cara2 sebagai market yg baik itu gmn,, kalau ad yg mau saya tlpon kesaya ,0877 3817 5999

  15. Tipsnya ok,saya hanya tambahkan Markt pantang sekali mencap dirinya Gagal,dan ingat markt identik dengan waktu ,jadi bekerjalah anda pada saat anda bekerja jangan sia-siakan waktu.

  16. kalo saya sebelum membeli barang,,biasanya saya selalu survei barang apa saja yang diperlukan calon konsumen,,tujuannya agar rotasi bisnis saya lebih cepat berputar

  17. kaLau kita Mau..Apapun pazti akan kita Capai..!!!!
    Mimpi daLam Kehidupan yG nyata..!!!!

  18. Sya mau tau nih gimna sih caranyA ntuk menjdi marketing yg berhasil bgi tau tips2 nya biar bisa sukses

  19. bisa kasih solusih.untuk menjadi seorang markting yang sukses itu.gimana caranya yah..

  20. terkadang menjadi seorang marketing bukanlah hal yang mudah tetapi dengan komitmen dan kerja keras yang tinggi membuatnya menjadi sebuah tantangan yang sukses utk dilalui.
    ~salam sukses~

  21. artikel ini bgus bgt buat dbaca&d trapkan… d tmbh lg dong temax, bg sorang marketing yg sring stres krn g’mncapai target…solusix gmn?

    • Post Sukses dan Gagal Seorang Marketing
      “SUKSES dan GAGAL”, merupakan dua kata yang berlawanan atau kontradiksi dalam diri kita. Sukses adalah kata yang paling diinginkan setiap orang untuk meraih imipian dalam hidupnya. Sedangkan Gagal kata yang paling ditakuti dan sangat tidak diharapkan oleh setiap orang karena pastinya tidak ada yang mau gagal.

      Kenyataannya, siapa sih yang tidak pernah gagal? Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Entah kegagalan dalam hubungan percintaan, pekerjaan, bisnis, atau hal-hal sepele yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang hebat dan terkenal sukses sekalipun pasti pernah mengalami apa yang namanya kegagalan. Namun, bagaimana orang sukses yang pernah gagal itu dapat menjadi sukses??? Inilah yang harus kita ketahui, apa yang menjadi kunci kesuksesan mereka dan apa penyebab kegagalan mereka.

      Bila kadar kegagalannya masih kelas ringan, mungkin banyak yang berhasil dengan mulus melewati kegagalan tersebut. Namun sebaliknya, bila kegagalannya sangat fatal, kita sering temui banyak yang merasa tidak sanggup menerima dan menghadapinya atau menjadikan kegagalan itu sebagai cambuk untuk mencapai sukses. Tetapi, lebih banyak mereka yang menyerah dan pesimis dengan memandang kegagalan menjadi akhir dari sebuah drama kehidupannya.

      Namun ironisnya juga, banyak orang yang sudah sukses mengalami kegagalan hanya karena selalu dihinggapi perasaan takut gagal. Sebaliknya, banyak orang yang secara kemampuan biasa saja, tetapi bisa sukses berkat kepercayaan diri dan yang paling penting, orang itu tidak takut gagal.

    • Sejatinya tak ada istilah gagal dalam menjalankan bisnis. Yang ada adalah “learning cost”, biaya belajar selama proses menjalankan bisnis. Orang yang sukses tidak memposisikan target yang belum tercapai sebagai suatu kegagalan, tapi lebih kepada biaya/proses belajar selama target tersebut belum tercapai. Coba optimalkan pemasaran dengan internet. Bisa jadi solusi pemasaran efektif dan efisien. Optimalkan direktori promosi gratis di member area bisnisUKM.com. Salam Sukses!

  22. saya hanya bisa produksi.dan seringnya saya terbentur permodalan.sementara pangsa pasar sedikit2 sdh ada,namun pengembangan pasar terbentur dg permodalan lagi.dan sy tertarik untuk bergabung dg bisnis ukm.semoga adanya solosi buat saya dg bergabung di sini.tk

    • Cobalah berkawan dgn bogasari banyak contoh mesin mie digunakan oleh customernya

Comments are closed.