5 Marketplace Indonesia Untuk Meningkatkan Penjualan Para Reseller

Marketplace Indonesia adalah sebuah platform yang digunakan oleh para reseller maupun para dropshiper untuk menjual belikan barang dagangan mereka. Potensi berjualan di marketplace ini lumayan cukup besar. Bagaimana tidak melalui platform ini penjualan bisa meningkat beberapa kali lipat jika dibandingkan hanya dengan pemasaran offline.

Tak heran jika sekarang ini penggunaan marketplace untuk tempat berjualan kini semakin meningkat dan banyak penggunanya. Menjanjikannya membuka lapak di marketplace ini menjadi alasan para reseller mempercayakan pada platform ini. Dengan menggunakan platform yang satu ini produk menjadi lebih mudah dikenal lebih luas oleh para pembeli dari segala penjuru dan berbagai daerah.

Marketplace Indonesia

Marketplace dianggap sebagai salah satu wadah paling efektif karena pengunjungnya cukup banyak. Kebanyakan sekarang masyarakat lebih menyukai berbelanja praktis secara online tanpa harus datang ke lokasi. Ini sebabnya menjadikan marketplace semakin banyak penggunanya.

Selain itu berbelanja di marketplace ini dianggap cukup aman sistem transaksinya. Situs marketplace ini bertindak sebagai pihak ketiga dalam proses transaksi online yang menyediakan berbagai tempat atau wadah untuk berjualan dan juga beberapa fasilitas pembayaran.

Ada beberapa marketplace Indonesia yang digunakan oleh para reseller, semuanya memiliki karakter dan kelebihan masing – masing. Dari setiap marketplace tersebut memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Baik yang bersifat gratis maupun berbayar.

Sedikitnya ada 5 contoh marketplace Indonesia yang merupakan marketplace terbesar yang masing – masing bersaing dan memiliki kekurangan serta kelebihan masing – masing. Buat kamu yang mau berjualan di platform marketplace, yuk kita simak satu per satu pembahasan mengenai beberapa marketplace Indonesia.

5 Marketplace Indonesia Populer

Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar dan merupakan platform jawara nomer satu diantara marketplace lainnya. Marketplace ini mampu menduduki peringkat pertama dengan pengguna paling besar dibandingkan dengan marketplace yang lainnya. Meski kehadirannya masih sangat terbilang baru namun kenyataanya Shopee mampu mengambil alih posisi teratas. Pertama kali diluncurkan platform ini pada tahun 2015 dan memperluas jaringannya di Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam dan Filipina.

Pengunjung web Shopee setiap bulannya pun mencapai 93, 440, 300. Shopee ini merupakan marketplace yang berada dibawah SEA Group yang telah mampu mengambil hati para konsumen hanya dalam waktu singkat. Melalui beberapa iklan dan juga kampanye yang gencar serta kreatif dengan mengandeng beberapa publik figur dan selebritis Internasional Shopee mampu memenangkan hati para penggunanya. Beberapa fitur dan fasilitas menarik dari Shopee juga memudahkan para penggunanya. Bahkan Shopee menawarkan beberapa keuntungan bagi para penjualnya yakni, gratis ongkir, promo, star seller, flash sale, dan masih banyak lagi.

Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace indonesia dengan pengunjung terbesar kedua setelah Shopee. Marketplace ini berdiri pada tahun 2009 silam, pada usia ke 10 Tokopedia ini berhasil mendapatkan predikat marketplace terbesar di Indonesia pada kala itu. Meskipun sekarang posisinya tergeser oleh Shopee marketplace ini tetap menjdai idola dan populer dikalangan masyarakat. Pengunjungnya dalam 1 bulan mencapai 86, 103, 300. Tokopedia ini termasuk dalam salah satu startup unicorn Indonesia yang sangat berpengaruh di Asia Tenggara.

Keunggulan yang bisa didapatkan dengan berjualan di Bukalapak ini adalah penjual dimudahkan dengan adanya beberapa fasilitas dan fitur menarik dari marketplace ini. Salah satunya adalah gold merchant yang mana jika sudah melewati level ini maka bisa menggunakan berbagai macam fitur dan fasilitas premium. Contohnya promo gold merchant, kredibilitas naik, cashback, resi pengiriman. Kemudian yang kedua adalah afiliasi, sama seperti marketplace lainnya Bukalapak menyediakan fitur. Fitur ini bisa langsung digunakan pada postingan produk yang akan ditawarkan. Keuntungan yang didapatkan dari fitur ini adalah apabila sales besar maka keuntungan yang akan didapat akan banyak pula.

Bukalapak

Bukalapak adalah platform terbesar yang pengunjungnya mencapai 35, 288, 100 dan salah satu pasar online terkemuka di Indonesia. Marketplace indonesia ini masuk dalam urutan ke-3 terbesar pengunjungnya setelah Shopee dan Tokopedia. Kemunculannya tak berselang jauh dari Tokopedia yakni pada tahun 2010. Menariknya marketplace ini juga menyandang gelar startup unicorn seperti Tokopedia. Bukalapak ini menekankan pada kemudahan dan keandalan e-commerce yang mana penggunanya akan mendapatkan user experience terbaik, yakni memberikan jaminan finansial ekstra pada pelanggan.

Bukalapak ini memudahkan dan membantu bagi para penggunanya untuk menjadi star seller atau top seller. Diantaranya dengan adanya fitur Feedback dimana fitur ini akan memberikan feedback positif meski pembeli tidak memberikan feedback. Kedua adalah efektifitas yakni tak perlu menjadi master SEO untuk mendapatkan traffic pada internet dan pencarian mesin. Pasalnya deskripsi yang dibuat akan langsung masuk SEO dan tampil pada halaman google. Terakhir adalah Edukasi Enterpreneurship yakni sebuah fitur untuk mengedukasi bisnis online termasuk tips, trik dan pengetahuan lainnya yang sangat kece dan keren.

Lazada

Lazada adalah marketplace indonesia yang menduduki peringkat ke-4 dengan jumlah pengunjung mencapai 22, 021, 800 per bulannya. Pada awal tahun 2018 silam Lazada mampu mengambil alih posisi teratas dan menembus pengunjung terbanyak. Namun pada tahun 2019 Lazada mengalami penurunan pengunjung dan mampu dikalahkan oleh Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Nampaknya Lazada mulai kesulitan untuk menghadapi persaingan dengan marketplace lainnya. Namun meski begitu Lazada merupakan salah satu marketplace yang sama – sama besar dan sangat powerfull.

Marketplace ini termasuk dalam platform yang muncul sudah sejak lama yakni pada tahun 2012. Lazada ini merupakan sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Alibaba Group. Tidak hanya jual beli saja yang bisa dilakukan pada platform ini namun juga menghasilkan uang dengan beberapa cara. Salah satunya adalah seller atau merchant.

Untuk menjadi seller di Lazada memang tidak mudah ada berbagai persyaratan ketat yang harus diikuti. Untuk itu menjaga kualitas produk sangatlah penting. Kedua dropship, dengan menjadi dropship keuntungan yang didapatkan tak kalah dengan seller. Hanya pintar – pintar dalam mencari produk diskon dan tawarkan pada channelmu. Ketiga afiliasi adalah sebuah program yang mana bisa langsung posting produk yang ditawarkan. Memang sudah banyak yang tahu namun belum banyak yang fokus dan memaksimalkan.

Blibli

Blibli adalah salah satu marketplace indonesia yang menduduki peringkat ke-5 setelah Lazada. Pengunjungnya dalam satu bulan bisa mencapai 18, 307, 500. Marketplace ini merupakan buatan PT Global Digital Niaga anak perusahaan Djarum. Blibli berdiri sudah sejak tahun 2010 dan resmi diluncurkan pada tahun 2011. Blibli ini menjadi salah satu mall terbesar dan terpercaya di Indonesia. Marketplace ini menjadi e-commerce terbesar dengan memiliki jumlah pengunjung yang cukup besar. Dengan mengutamakan kenyamanan, kepuasan dan garansi uang kembali serta pilihan transaksi yang lengkap dan aman.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan Blibli ini adalah koleksi produk yang sangat lengkap, cicilan 0% untuk semua jenis produk, cicilan tanpa kartu kredit, gratis ongkir, customer care 24 jam 7 hari, jaminan pengembalian produk, sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya serta promo menarik lainnya. Keunggulan lain yang dimiliki marketplace ini adalah sistem ketat untuk menjadi seller di Blibli. Sehingga ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar bisa tampil di mesin pencari. Selain itu juga ongkir dan juga potongan harga.

Demikian adalah beberapa marketplace indonesia yang paling populer dan terbesar di Asia Tenggara. Serta keunggulan yang dimiliki tiap marketplace, untuk mendapatkan cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan marketplace di atas bisa dicek di web BisnisUKM.com. Ada banyak artikel pemasaran menarik lainnya. Termasuk bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan marketplace, kelebihan dan kekurangan dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba