Amurwa Coffee, Bisnis Coffee Usung Konsep Tradisional

Bisnis coffee memang sedang booming di beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya adalah bisnis coffee Amurwa Coffee, yang mana menjadi destinasi nongkrong yang sangat diminati, terutama buat milenial. Anak muda masa kini, sekarang apa-apa sukanya yang Instagramable untuk memenuhi kebutuhan mereka akan fot estetik.

So, kalau kamu juga ingin bisa bersaing dengan pelaku bisnis di bidang yang sama, sebaiknya kamu contek deh, konsep tradisional tapi modern dari kafe yang berlokasi di Sleman Yogyakarta. Kali ini kita mewawancarai Bapak Andy Susanto yang merupakan penanggung jawab di Amurwa Coffee. Alamatnya berada di Jalan Kaliurang KM 15,5 Sleman, Yogyakarta.

Bisnis Coffee Konsep Tradisional Nuasansa Modern

Wisata Raminten Berbudaya

Amurwa Coffee berdiri diantara beberapa devisi yang berada di kawasan wisata Raminten berbudaya sebagai pelengkap untuk tujuan wisata tamu – tamu yang hendak mampir di kawasan Raminten Berbudaya. Harapannya dengan berdirinya amurwa sebagai faktor pendongkrak wisatawan di Sleman.

Konsep Amurwa Coffee ini berkonsep tradisional dengan nuansa modern. Sehingga ketika berbicara soal Limasan atau Joglo maka akan dikemas secara modern. Berbeda dengan yang sudah biasanya untuk memanjakan bagi para tamu yang datang dan berkunjung di Amurwa. Secara garis besar akan membuat kesan yang berbeda bagi tamu yang berkunjung ditempat ini.

Arti Amurwa Coffee

Arti Amurwa Coffee memiliki makna atau artian yang diambil dari bahasa sangsekerta yang artinya kekuatan. Dimana dibangun dan berdiri pada situasi yang sulit. Semoga dengan nama Amurwa tersebut bisa kuat berdiri, menjadi salah satu tujuan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Jadi kesimpulannya adalah kekuatan yang mana Amurwa berdiri pada tanggal 25 Maret 2020 dan pada saat itu pandemi covid19 sedang berada paling tinggi terkhusus di Dunia. Amurwa Coffee bersikukuh tetap berdiri karena yakin akan tumbuh dan berkembang dalam situasi apapun.

Tantangan Bisnis Coffee

Tantangan yang dihadapi dengan kondisi covid ini teramat berat. Namun mereka tetap beroptimis bahwasanya semua permasalahan dan kendala yang pada saat ini terjadi pasti nanti akan berakhir. Dengan itu mereka terus siap dan tidak akan hanya diam saja. Tetapi akan terus bergerak dan mengembangkan bisnis coffee tersebut. Supaya ketika nanti situasi kembali normal maka mereka sudah siap.

Tantangan – tantangan memang berat, namun mereka tetap menganggap sebagai pelajaran untuk mereka. Para pengunjung akan disuguhkan dengan penampakan suasana yang berbeda dengan coffee shop lainnya. Amurwa memiliki konsep outdoor dan indoor, dimana masing – masing dikemas sedemikian rupa dengan nuansa modern.

Meskipun konsep bangunannya adalah tradisional. Disana juga ada yang namanya mobil – mobil unik untuk spot selfie. Kemudian nantinya dibelakang akan ada panggung hiburan. Rencananya pun akan diadakan live music dan agenda budaya yang lain. Dan yang pastinya untuk memanjakan pengunjung ketika mampir di Amurwa.

Bahan Berkualitas

Untuk bahan – bahan minuman terutama kopi mereka menggunakan kualitas bahan nomor 1. Baik kopi maupun bahan – bahan campuran dalam kopi tersebut. Penggunaan bahan – bahan berkualitas ini untuk menjaga kualitas dari rasa minuman itu sendiri.

Produk bestseller di Amurwa Coffee ini ada kopi signature dari tempat tersebut yakni Signature Limasanu dan Joglona. Kedua produk tersebut memang kombinasi bahan – bahan yang menjadi pilihan mereka. Dengan dikombinasikan dalam produk yang menjadi salah satu keunggulan.

Menu Makanan Prasmanan

Untuk makanan, ditempat tersebut ada 2 jenis makanan di menu ala cafe dan menu prasmanan. Di menu prasmanan para tamu bisa mencicipi dan memilih aneka menu yang akan mereka santap tetapi tidak harus menunggu lama bisa langsung ambil. Sedangkan untuk menu makanan yang ala cafe ada bakso tumpeng yang mana kualitas dagingnya baik dan rasanya benar – benar tidak bisa diragukan lagi.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan mengarah pada kampus sesuai dengan target pasar dan menggunakan media online. Contohnya instagram dan facebook, dengan media sosial calon customer akan mengenal apa itu Amurwa Coffee.

Jika untuk perbandingan antara take away dengan dine ini paling banyak dine in karena ingin menikmati suasana yang ada di Amurwa yang memang worth it banget. Tempatnya yang sangat cozy dan enjoy. Mereka pun tidak membatasi untuk tamu berkunjung.

Fasilitas Amurwa Coffee

Amurwa Coffee ini buka dari jam 11.00 sampai jam 24.00. Disini memiliki fasilitas wifi dengan kecepatan 20 mbps dan juga stop kontak yang jumlahnya puluhan yang ada di setiap sudut tempat. Sehingga pengunjung tidak perlu repot untuk charge laptop ataupun handphone.

Selain itu juga tersedia fasilitas mushola dan juga toilet. Tempat parkir luas, dan tempat duduk amat sangat nyaman. Di masa pandemi saat ini Amurwa Coffee menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung sesuai standar pemerintah. Sehingga begitu tamu masuk diwajibkan untuk cuci tangan terlebih dahulu.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Bahkan untuk kursi berjarak paling tidak 2 meter. Setelah tamu selesai dan pulang maka akan langsung dibersihkan dengan desinfektan. Bertujuan agar empatnya steril kembali dan siap digunakan kembali untuk pengunjung lainnya.

Sehingga untuk berkunjung ke Amurwa tidak perlu takut. Disini kebersihan dan sterilnya sudah dijamin, begitu penuturan pengelolanya. Sehingga aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Kendala Pandemi Terhadap Bisnis Coffee

Bagi Amurwa Coffee ketika menghadapi masalah pandemi seperti ini ada berbagai macam cara. Pertama tidak perlu terlalu fokus pada permasalahan ini, yang penting bagaimana cara dan solusi untuk menghadapi situasi seperti sekarang ini.

Karena permasalahan dan situasi seperti ini tidak mungkin untuk dihindari. Kedua meminimalisir angka pengeluaran untuk hal yang tidak perlu. Hal tersebut untuk menekan anggaran dan biaya. Termasuk SDM haruslah diminimalisir dan jangan terlalu berlebihan.

Pada situasi ini semua mengalami dan tidak bisa disalahkan maka tinggal bagaimana menyikapinya. Pertama harus ikhlas. Untuk konsep sekarang ini masih meraba – raba membuat bisnis coffee tradisional dengan tetap menjunjung nuansa modern.

Konsep Amurwa Coffee

Pegang teguh coffee shop, kebutuhan konsep harus menyesuaikan pangsa pasar. Nantinya untuk kedepannya akan dibaca dan diraba apa yang pasar butuhkan dan inginkan. Disamping yang sudah ada yang sudah ditawarkan. Nantinya pun akan bisa dikembangkan, atau bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jikalau saat ini Amurwa masih dalam proses meraba konsep. Memang belum menemukan intinya namun sejauh ini sudah bisa membaca target pasar ada di 2 pangsa pasar. Untuk yang pertama family dan mahasiswa.

Nuansa Nyaman dan Cozy

Pada sore hari tempat tersebut memang cocok untuk nongkrong. Pengunjung akan bebas berekspresi dan termasuk bermain gitar, bernyanyi bersama. Semua dibebaskan dan tempat ini memberikan beberapa fasilitas sehingga sangat mendukung dan nyaman sekali. Sedangkan bagi para mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas disediakan pula tempat tersendiri.

Harapan Bisnis Coffee Kedepan

Harapan sebagai penanggung jawab di Amurwa semoga kedepan bisa menjadi pelengkap kawasan Raminten Berbudaya yang berada di Jalan Kaliurang. Semoga ketika tamu berkunjung tidak ada rasa bingung lagi untuk memilih antara restaurant, coffee shop, atau tempat yang instagramable yang khusus untuk remaja juga ada. Tak ada bingung lagi semua sudah ada ditempat tersebut. Cukup datang ke tempat wisata, pilih tempat yang tepat untuk kamu dan nikmati suasananya.

Nah tadi adalah kisah inspiratif yang dibagikan oleh pengelola Amurwa Coffee yang menjadi bagian dari kawasan wisata Raminten berbudaya. Semangatnya dan kukuhnya memulai bisnis coffee shop ditengah pandemi patut diacungi jempol. Tonton video liputannya pula hanya di channel youtube TVBisnis. Dan jangan lupa tonton video liputan menarik lainnya.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba