5 Penyebab Kegagalan Pelaku UKM Mencapai Target

motivasiMencapai target yang telah ditentukan pastinya menjadi impian besar setiap pelaku usaha. Baik target berupa omset penjualan dengan nominal tertentu maupun target berupa peningkatan kualitas usaha dari sisi internal dan eksternal, sering menjadi fokus utama pelaku usaha untuk mencapai puncak suksesnya. Sehingga wajar adanya bila setiap pelaku usaha berusaha menciptakan strategi dan trik-trik khusus untuk mencapai target yang telah mereka tentukan.

Meskipun setiap pelaku usaha telah menciptakan beberapa strategi dan rencana kerja untuk mencapai target-target bisnisnya, namun tidak sedikit dari mereka yang masih mengalami kegagalan dalam mencapai target tersebut.

Untuk menghindarkan para pelaku usaha, khususnya usaha kecil menengah (UKM) dari hal-hal yang menggagalkan pencapaian target. Berikut ini kami informasikan kepada Anda mengenai 5 penyebab kegagalan pelaku UKM mencapai target.

1. Partisipasi tidak 100%
Salah satu faktor penyebab kegagalan UKM dalam meraih target yaitu kurangnya partisipasi dari pemilik usaha, karyawan, serta pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam usaha tersebut. Apabila partisipasi yang diberikan tidak 100%, maka bisa dipastikan hasilnya pun tidak akan maksimal dan meleset dari target-target yang telah ditentukan. Sehingga wajar adanya bila ada istilah yang mengatakan bahwa “ Tidak 100% sama halnya dengan 0 (Nol) besar.”

2. Pesimismotivasi
Orang yang pesimis selalu menjalankan segala hal dengan penuh kebimbangan, keraguan, dan tidak yakin pada kemampuan yang dimilikinya. Hal ini tentu memberikan dampak negatif bagi kepercayaan diri seorang pelaku usaha, sehingga mereka bermental lemah, tidak pernah yakin dengan keputusan yang mereka ambil, tidak yakin dengan keberhasilan yang ingin mereka raih, hingga akhirnya mudah putus asa ketika menemukan sebuah hambatan di tengah perjalanan usaha.

3. I know that ! ” 
Kodrat manusia yang sering merasa dirinya paling tau, ternyata menjadi salah satu penyebab kegagalan usaha yang mereka jalankan. Karakter pelaku usaha yang seperti ini biasanya sulit menerima masukan dari orang lain dan tidak mau belajar untuk meningkatkan wawasan maupun kemampuan mereka dalam memajukan usaha. Sehingga dengan bekal pengetahuan yang seadanya, akhirnya mereka membuat sebuah keputusan yang tidak jarang merugikan perusahaan yang dijalankannya.

4. I don’t care ! ” 
Menjalankan sebuah usaha tentunya menuntut pelakunya untuk bisa peduli dan mencintai pekerjaan yang sedang dijalankannya. Apabila sikap tidak peduli mulai muncul pada diri pelaku UKM, maka bisa dipastikan bila target yang telah ditentukan hanya akan menambah daftar kegagalan Anda dalam menjalankan sebuah usaha. Karena itu, pantau terus perkembangan usaha Anda, selesaikan segala masalah yang menghambat pertumbuhan usaha Anda, dan pastikan menyertakan passion dalam setiap kegiatan Anda.

5. Let Just See ! 
Sebagian pelaku usaha cenderung pasrah dan kurang optimal untuk mencapai target yang telah dicita-citakannya. Mereka masih memakai pedoman “Program, rencana sudah kita buat, tapi ya sudah, kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya….” sehingga langkah-langkah yang mereka jalankan untuk mencapai target belum bisa maksimal.

Dengan menghindari 5 penyebab yang menggagalkan pencapaian target, diharapkan para pelaku UKM bisa lebih optimal dan termotivasi untuk terus berusaha memenuhi target yang telah ditetapkan. Lakukan perbaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan dari yang terkecil, lakukan dari yang mudah, lakukan dari sekarang!Salam sukses.

Sumber gambar : http://www.jawaban.com/news/userfile/Target-Meleset-UB.jpg dan http://adelinawiyono.files.wordpress.com/2010/11/optimis-real.jpg

7 Komentar

  1. ketika kita sudah berjuang semaksimal mungkin,sesungguh-sungguh mungkin inyaallah hasil yg memuaskan akn tercapai……insyaallah …YAKINLAH.

    • Bukankah kita juga diwajibkan untuk berusaha?
      Sukses bukanlah dilihat dari hasil…tetapi kesuksean itu juga harus dinilai dari bagaimana cara kita meraihnya (Proses menuju kesuksesan itu sendiri!).

    • sebagai makhluk tuhan yang tau berterima kasih atas semua nikmat yg tlah kita terima…kita wajib bewrusaha dulu….soal hasil itu tergantung seberapa besar jatah rezeki yg tlah tuhan gariskan…syukuri aja…usaha itu wajib…

Comments are closed.