Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

5 Strategi Bisnis Ampuh, Bikin Usahamu Panjang Umur

biar-bisnis-awet

sumber gambar: Unsplash.com/Annie Spratt

Strategi bisnis sangat diperlukan supaya apa yang kamu kerjakan tidak sia-sia gaes. Bisnis panjang umur adalah impian semua pelaku usaha. Siapa sih yang ingin kerja kerasnya sia-sia karena bisnis yang sudah dirintis harus gulung tikar? Nah, kalau kamu nggak mau merasakan pahitnya perjuangan yang sia-sia, kamu harus baca ulasan ini sampai habis supaya dapat pencerahan ya!

5 Strategi Bisnis Supaya Bisnismu Panjang Umur. Ampuh!

strategi-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Brooke Cagle

Siapa sih yang nggak mau bisnisnya berlangsung dalam jangka waktu lama dan menghasilkan keuntungan? Tentu semua orang menginginkannya. Apakah kamu juga salah satu yang penasaran bagaimana biar usahamu bisa konsisten bersaing dengan banyaknya pendatang baru? Berikut ini kami hadiran 5 jurus jitu yang akan bikin bisnismu awet.

1. Seringlah berkonsultasi dengan ahli atau sharing dengan sesama pelaku bisnis

konsultasi-dengan-tenaga-ahli

sumber gambar: Unsplash.com/Austin Distel

Dengan begini, pengetahuanmu akan bertambah. Selain itu, kamu juga jadi bisa tahu di mana letak kekurangan bisnismu. Untuk konsultasi di awal ini memudahkan kamu untuk mendapat garis besar apa saja yang harus kamu lakukan dan yang perlu dihindari. Konsultasi bisa memberikan celah untuk berbenah dan memunculkan inspirasi baru untuk berinovasi lebih.

2. Jangan menggabungkan kepentingan pribadi dan urusan bisnis

pisahkan-kepentingan-pribadi-dan-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Artem Bali

Kalau kamu menjalankan usaha atau segala sesuatu yang sifatnya profesional, jangan campurkan dengan kepentingan pribadi. Tidak jarang kedua hal ini saling bertolak belakang sehingga hanya akan bikin kacau bisnismu. Seringkali hal sederhana seperti alur kas antara pribadi dan bisnis masih digabung. Perlu banget untuk memisahkan kedua hal ini supaya tidak tercampur aduk dan malah bikin bingung nantinya.

3. Bukan pelit, tapi harus efektif

harus-efektif

sumber gambar: Unsplash.com/Sebastian Hermann

Soal pengeluaran kamu harus ketat dalam mengawal supaya tidak ada kesalahan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Kalau ini sudah kejadian berkali-kali ya tamatlah riwayat bisnismu. Kamu harus memperhitungkan pengeluaran biaya untuk sesuatu yang sifatnya tetap atau berubah-ubah. Tentu saja kamu harus menjadikan pengeluaran wajib sebagai prioritas ya! Pokoknya tetap menomorsatukan pengeluaran yang memang worth it untuk kelangsungan bisnismu.

4. Kawal tenaga kerjamu dengan sebaik-baiknya

sumber gambar: Unsplash.com/Annie Spratt

Jangan sampai kamu menggunakan tenaga kerja yang tidak kompeten. Kamu harus tepat dalam memberikan gaji, tunjangan, uang lembur, dan insentif lainnya. Jika kamu memiliki karyawan yang kerjanya baik, tidak usah ragu untuk memberikan reward agar dia makin semangat bekerja dan semakin produktif. Jika sudah begini, kan usahamu juga bisa untung. Nah, kalau karyawan yang kerjaannya nggak baik? Tidak usah segan untuk menggantikannya dengan orang baru. Kamu harus tegas demi keberlangsungan bisnismu.

5. Perketat perhatianmu terhadap arus kas

arus-kas

sumber gambar: Unsplash.com/bady qb

Keuangan harus dipantau sebaik-baiknya, jangan sampai defisit. Kalau kamu bisa menganggarkan segalanya dengan tepat, tidak akan sampai kebobolan. Pokoknya jangan lengah. Lagipula sekarang sudah banyak aplikasi untuk urusan ini yang bisa dengan mudah didapatkan. Rutinlah meng-update data kas masuk dan keluar. Hal ini dimaksudkan supaya tidak kelupaan dan untuk lebih memudahkan dalam mengetahui pergerakan dana usahamu.

Nah, kelima jurus di atas sangat jitu buat kamu yang masih bertanya-tanya apakah bisa membuat bisnis yang awet dan tahan lama? Ya, asalkan kamu ulet dan mau berkomitmen, tidak ada hal yang tidak mungkin kok gaes. Sekarang waktunya kamu buka suara. Kami ingin dengar pendapatmu, kira-kira apa saja ya yang bisa bikin bisnis itu awet? Kalau ada yang mau kamu tambahkan langsung saja tinggalkan di kolom komentar.