Inspirasi Bisnis

Manisan Mangga, Enaknya Tiada Tara. Bisnis Ini Yuk!

mangga-matang

sumber gambar: Unsplash.com/HOTCHICKSING

Manisan mangga pasti enak banget ya. Mangga bisa banget diolah jadi berbagai macam hidangan. Bisa dimakan begitu saja, bisa jadi teman makan rujak, bisa jadi jus yang enak banget, bisa juga jadi manisan. Beuh, pokoknya mangga ini buah yang selain bisa dikreasikan jadi berbagai jenis kuliner, juga banyak kandungan manfaat. Nggak kaget kalau rasa permen juga ada yang rasa mangga. Rasa ini bisa dikonsumsi semua umur, dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya.

Nah, pada sesi kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai bisnis yang bisa dijalankan dengan bahan baku mangga. Sebelumnya sudah disebutkan apa saja hasil olahan mangga. Untuk saat ini, kita akan lebih fokus membahas soal manisan. Sebelum itu, kita sama-sama cari tahu dulu yuk manfaat dari buah mangga itu sendiri.

Mangga dan Segala Manfaat Yang Terkandung Di dalamnya

1. Dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kandungan vitamin A dan C dalam mangga jelas sangat bermanfaat bagi tubuh kita yang dapat menghasilkan kolagen. Nah kolagen itu sendiri merupakan protein khusus yang dapat memberikan dan menjaga elastisitas kulit untuk mencegah penuaan dini. Cocok banget bagi kamu yang mau kelihatan awet muda dengan cara alami.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah ini dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata dari kerusakan. Jika mata bisa terjaga dengan baik, maka dapat meningkatkan ketajaman mata dalam melihat. Pokoknya dari warna buah ini saja sudah sangat jelas jika baik untuk mata yang mengonsumsi.

3. Mampu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa orang yang mengalami sembelit lalu mengonsumsi mangga, maka itu dapat mengatasi masalah pencernaannya. Mengonsumsi mangga jauh lebih membantu daripada makan makanan berserat seperti gandum.

4. Mampu menurunkan tekanan darah

Penelitian yang dilakukan pada orang-orang dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka turun setelah rutin mengonsumsi mangga. Turunnya kadar gula darah ini mungkin disebabkan oleh efek dari senyawa aktif dan antioksidan khusus dalam mangga.

5. Kamu sedang diet? Mangga bisa bantu turunkan berat badan

Jika mangga dikonsumsi dalam jumlah yang tepat (tidak berlebihan atau tidak kurang), maka dapat memberikan manfaat berupa menurunkan berat badan. Sebagai informasi, kulit mangga mengandung zat fitokimia yang memiliki manfaat menghilangkan lemak alami. Daging buahnya kaya akan serat yang bisa membuat merasa kenyang lebih lama.

Sudah bahas manfaatnya, sekarang mari kita masuk langsung ke resep membuat manisan mangga. Seger banget nih!

Resep Membuat Manisan Mangga Kering

Manisan buah satu ini memang bisa bikin harga jualnya naik nih. Segala sesuatu kalau bisa diolah menjadi hal baru memang mendatangkan rejeki. Well, kalau kamu kepengen bisnis olahan mangga, nggak ada salahnya mengetahui resep manisan berikut ini. Oh iya, biar kamu nggak salah kaprah, untuk manisan sendiri ada dua jenis sih, yang kering sama yang basah.

Bahan yang dibutuhkan

  • 5 buah mangga yang masih mengkal
  • 1,5 kg gula pasir
  • 3 liter air bersih
  • 30 gram asam sitrat atau citrus acid
  • 3,5 gram sodium benzoat
  • 1,5 antioxidant

Bahan Perendam

  • 3,5 gram sodium benzoat
  • 25 gram citrus acid
  • 2 kg gula pasir
  • 3 liter air bersih

Cara Membuat

  1. Pertama-tama kupas mangga, lalu cuci, kemudian pisahkan antara daging dan bijinya.
  2. Potong mangga yang sudah dikupas sesuai dengan keinginan
  3. Rebus air hingga mendidih. Jika sudah mendidih bisa diangkat.
  4. Masukkan antioxidant, aduk sampai tercampur rata.
  5. Masukkan mangga, rendam selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Campur semua bahan perendam, kemudian rebus sampai mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan.
  7. Masukkan mangga yang sudah ditiriskan ke dalam larutan perendam, diamkan selama 12 jam.
  8. Setelah 12 jam, angkat.
  9. Larutan perendam dimasak kembali, ditambahkan dengan 1 kg gula terlebih dahulu dari bahan utama.
  10. Masak larutan gula dengan suhu berkisar 70-80 derajat celsius selama 10 menit. Setelah itu, dinginkan larutan gula.
  11. Masukkan kembali mangga ke dalam larutan gula, lalu rendam lagi selama 12 jam.
  12. Setelah 12 jam, angkat mangga dan tiriskan.
  13. Langkah selanjutnya, jemur mangga di bawah sinar matahari. Bisa juga keringkan menggunakan oven dengan suhu 60 derajat celsius selama 4 jam.
  14. Setelah dipanggang, campurkan mangga dengan sisa gula pasir yang ada di bahan utama, lalu aduk hingga gulanya merata.
  15. Kemudian panggang kembali selama 3 jam, lalu angkat dan dinginkan, simpan di dalam kemasan.
  16. Manisan mangga kering sudah siap!

Bagaimana? Tidak sulit kan membuatnya? Nah, kalau sudah jadi dan enak nih, selanjutnya harus tahu bagaimana mengemas yang baik. Kalau kamu niat berbisnis, pastikan gunakan kemasan yang nggak abal-abal. Berikan performa terbaikmu. Untuk manisan mangga kering, cocok banget dimasukin ke dalam kemasan standpouch.

Berikut ini ada beberapa contoh kemasan standpouch yang bisa bikin bisnis manisan manggamu juara!

1. Kemasan Stand Pouch Kombinasi

standing-pouch-kombinasi

Kemasan stand pouch kombinasi ini terbuat dari dua jenis bahan, yaitu pada bagian depan diproduksi dengan plastik transparan sedangkan bagian belakang umumnya diproduksi dari bahan aluminium foil atau metalize. Jenis kemasan stand pouch kombinasi ini banyak dipilih produsen yang ingin memperlihatkan isi produk yang dikemas biar bisa dilihat calon konsumen.

2. Kemasan Stand Pouch Plastik Transparan

kemasan-snack-stand-pouch-transparan

Kemasan stand pouch plastik transparan ini paling banyak digunakan produsen yang mengemas produk aneka macam snack, beras, maupun gula pasir. Jenis kemasan ini terbuat dari bahan plastik yang cukup tebal. Kemasan stand pouch plastik transparan dipilih produsen agar bisa memperlihatkan isi produk yang dikemas di dalamnya kepada calon konsumen. Kemasan standing pouch ini juga dilengkapi dengan zipper di bagian atas, sehingga membantu produsen yang belum memiliki mesin pengemas otomatis.

Nah, sudah deh! Sekarang kamu tinggal cari bahan baku dan bulatkan tekad untuk mulai bisnis ini. Mumpung banyak yang demen sama mangga, nggak ada salahnya buat nyoba peruntunganmu sendiri. Kalau kamu masih bingung soal kemasan, boleh banget konsultasi sama dikemas.com, kamu tinggal sebutkan mau bisnis yang seperti apa, nanti dikemas bantu wujudkan.

Oh iya, selain kamu bisa konsultasi kemasan, kamu juga akan dibuatkan desain untuk kemasanmu gratis tis tis. Yuk, kapan lagi ada yang sebaik ini mendukung kemajuan bisnismu. Ditunggu ya! Kalau mau tanya-tanya atau sharing seputar olahan mangga juga bisa tinggalkan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya…