5 Tips Cara Jualan Di Facebook Biar Tetap Laris Meski Gratis

5 Tips Cara Jualan Di Facebook Biar Tetap Laris Meski Gratis
Buat kamu yang baru pertama kali mencoba peruntungan di bisnis online, wajib simak 5 cara jualan di Facebook agar produkmu laris manis dengan promosi gratis

Cara jualan di Facebook sekarang ini bisa kamu coba untuk menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak. Siapa sih di zaman milenial ini yang tidak paham dengan media sosial gratis ciptaan Mark Zeckemberg tersebut.

Hampir setiap orang, tua maupun muda pastinya sudah memiliki akun di Facebook. Hadirnya Facebook bak pedang bermata dua untuk penggunanya, terutama di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Bila kita tidak pandai memanfaatkan kehadiran Facebook dengan bijak maka akan merugikan kita.

Tentu kita harus bijak dalam menggunakan berbagai macam media sosial khususnya Facebook. Pasalnya bila kita kelola dengan baik, kita bisa mendapatkan banyak uang dari Facebook.

5 Tips Cara Jualan Di Facebook Biar Tetap Laris Meski Gratis

Mau tahu caranya? Di bawah ini akan kita kupas cara jualan di Facebook agar produkmu laris manis. Yuk segera disimak.

1. Coba buatlah Fanpage biar kamu bisa promosikan toko onlinemu secara gratisan di Facebook

Pada dasarnya Facebok menjadi media promosi gratis, jadi manfaatkan halaman di Facebook untuk mengelola jualanmu. Kamu bisa membuat fanpage untuk toko onlinemu dan mengundang sebanyak mungkin teman-teman Facebookmu untuk menyukai halamanmu tersebut. Semakin banyak yang menyukai fanpagemu tentu akan semakin mudah kamu menjangkau pengguna Facebook dalam memperkenalkan toko onlinemu.

2. Lengkapi detail profil toko onlinemu di Fanpagemu

Buatlah orang lain percaya bahwa berbelanja melalui toko onlinemu aman, salah satu langkahnya adalah berikan informasi detail pada halaman fanpagemu. Informasi yang benar akan membuat orang lain percaya dengan fanpage yang kamu didirikan. Informasi yang bisa ditampilkan meliputi fanpage tersebut tentang apa, nomor yang bisa dihubungi, dan lain sebagainya.

3. Upload produk secara berkala dan berikan diskon di hari khusus, untuk menarik minat konsumen

Setelah fanpagemu jadi, upload produkmu secara berkala agar penyuka dari fanpagemu mengetahui produk apa saja yang kamu jual. Selain itu kamu juga harus terlihat aktif dalam mengelola fanpagemu sehingga orang akan berpikiran bahwa toko online milikmu masih tetap berjalan. Tanggapi setiap komentar dan pertanyaan secepat dan seramah mungkin. Pelayanan yang ramah akan membuat pengguna Facebook senang berbelanja di toko onlinemu.

Langkah selanjutnya untuk menarik minat pembeli adalah memberikan diskon khusus di hari-hari tertentu. Orang cenderung akan suka bila suatu produk sedang masa diskon ataupun promosi. Sehingga langkah ini bisa jadi akan membuat banyak penyukamu berbelanja di fanspage yang kamu dirikan. Berilah tenggang waktu untuk pemberian diskon tersebut sehingga orang akan segera terpacu untuk membeli produk di toko onlinemu sebelum masa diskon berakhir.

4. Promosikan produkmu di beberapa grup jual-beli yang ada di Facebook

Grup komunitas di Facebook tentu banyak sekali dan salah satunya pasti ada grup yang dikhususkan untuk menjual barang-barang baik dalam kondisi baru maupun bekas di daerahmu. Nah, manfaatkan grup tersebut untuk memasarkan produkmu sehingga orang lain bisa mengetahui toko onlinemu. Kamu harus memastikan bahwa grup tersebut memang dikhususkan untuk berjualan sehingga kamu tidak perlu meminta izin admin grup untuk memposting iklan jualanmu. Jika salah masuk grup tanpa ijin, bisa saja kamu diblokir oleh admin grup bila memposting diluar dari bahasan grup mereka.

Setelah ada yang tertarik dengan iklanmu, ajak ketemuan langsung untuk melakukan transaksi. Ini dimaksudkan agar pengguna Facebook lebih yakin bahwa iklanmu bukanlah akun penipuan. Akan tetapi misal dia berada diluar kota tawarkan jasa pengiriman yang lebih memudahkan transaksi penjualannya. Berikan pelangganmu testimoni agar percaya dengan toko onlinemu dan tanpa ragu berbelanja di toko onlinemu.

5. Buatlah program give away untuk menambah jumlah like di Fanpage Facebook

Selain memberikan diskon, langkah yang bisa dilakukan adalah mengadakan program “give away”, atau yang biasa dikenal dengan memberikan produk jualanmu dengan cuma-cuma asalkan mereka melakukan beberapa syarat dari pemberian give away tersebut. Tujuan give away sebenarnya adalah untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan pengikut. Saat satu pengguna Facebook mengikuti give away tentu dia akan memberitahu pengguna Facebook lainnya untuk mengikuti give away tersebut.

Sehingga akan semakin banyak yang mengetahui toko onlinemu. Di sisi pengguna, give away merupakan hal yang menarik karena kita akan mendapatkan produk gratis hanya dengan mengikuti langkah-langkah dari pemberian give away tersebut. Siapa sih di zaman sekarang ini yang tidak mau memperolah produk gratis hanya dengan melakukan  beberapa menit langkah saja. Pemberian give away ini juga sangat mengundang antusiasme pengguna Facebook lainnya.

Nah, itulah 5 cara jualan di Facebook yang bisa kamu lakukan untuk toko onlinemu, terlebih kamu baru pertama kali mencoba peruntungan didunia bisnis online. Tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mempromosikan toko onlinemu bukan. Yuk segera ikuti lima langkah memulai bisnis online gratis tanpa modal ini. Mudah kok!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba