5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Tips memulai bisnis online ini cocok buat kamu yang masih mahasiswa. Kesibukan dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah tidak akan terganggu sambil tetap menjalankan bisnis online. Makin mudahnya seseorang untuk menggunakan teknologi dan perkembangan sosial media yang pesat membuat banyak orang semakin tertarik untuk memulai bisnis online. Kalau dulu ingin memulai bisnis dianggap harus punya modal besar saat ini memulai bisnis online bisa kamu jadikan usaha sampingan sambil tetap menjalani perkuliahan dengan baik.

Bisnis Online

5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Sumber : smallbusiness.co

Bisnis online pada dasarnya tidak akan menyita waktu yang terlalu banyak. Sebab dalam menjalankan bisnis online bisa dilakukan sembari mengerjakan tugas lain seperti kuliah. Buat kamu mahasiswa yang ingin memulai bisnis online bisa memanfaatkan waktu di sela-sela perkuliahan dan hari libur atau hari dimana tidak ada jadwal perkuliahan. Apa lagi di masa pandemi covid-19 ini yang mengharuskan kamu untuk melakukan perkuliahan secara online. Maka waktu yang kamu miliki akan semakin banyak untuk sambil menjalankan bisnis online.

Tapi meski kamu menjalankan bisnis online, sebagai mahasiswa kamu juga harus memprioritaskan tugas utama kamu ya. Jangan sampai tugas kuliah terbengkalai. Sebab proses perkuliahan dan hasil yang baik adalah hal yang harus kamu capai.

Tips Memulai Bisnis Online

Buat kamu mahasiswa yang tertarik untuk memulai bisnis online ada hal-hal yang harus diperhatikan. Terutama untuk kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis. Berikut 5 tips memulai bisnis online yang bisa kamu terapkan!

1. Riset Produk

Sumber : hbr.org

Lakukan riset sederhana dan pahami produk yang akan kamu jual terlebih dahulu. Pahami satu hal bahwa produk yang baik adalah produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Baik itu produk barang ataupun jasa. Kalau nggak sesuai sama kebutuhan pasar kemungkinan besar akan sulit untuk diminati oleh konsumen.

Riset sederhana bisa dilakukan dengan membuat kuesioner online atau bertanya secara langsung dengan keluarga atau teman terlebih dahulu. Mintalah orang-orang tersebut untuk memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan berkaitan dengan produk apa yang akan kamu jual. Kalau mendapatkan feedback yang positif maka peluang produk kamu untuk diterima oleh pasar semakin besar.  

Selain riset sederhana kamu juga harus memahami produk yang kamu jual. Gimana caranya kamu menjelaskan kepada calon pembeli kalo kamu aja nggak paham sama produk yang kamu jual? Perbanyaklah untuk membaca dan bertanya dengan orang yang kompeten di bidangnya. Supaya memudahkan kamu  untuk memahami produk.

2. Riset Kompetitor Bisnis Online

Sumber : fastwork.id

Setelah melakukan riset produk, kamu juga wajib untuk riset kompetitor. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu paham bagaimana tingkat persaingan yang ada untuk jenis produk yang sama. Apakah sudah banyak pesaingnya atau bahkan masih belum banyak pesaingnya. Cara untuk melakukan riset kompetitor adalah dengan memahami bagaimana cara mereka menjual produk dengan e-commerce , bergabung dengan berbagai forum, melihat trend di sosial media atau lainnya.

Dari hal tersebut kamu dapat memahami berapa banyak kompetitor yang ada, bagaimana rating serta review produk mereka, harga yang dipasang, apa yang menjadi kelemahan produk mereka, dan lainnya. Dengan riset kompetitor ini kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam lagi bagaimana sebuah produk harus lebih unggul supaya calon pembeli lebih percaya dan tertarik.

Misalnya kalau produk kamu setara dengan kompetitor artinya kamu harus memberikan layanan yang lebih baik. Mulai dari tampilan kemasan produk yang bagus dan berkualitas, kecepatan dalam menanggapi calon konsumen, pelayanan yang ramah, stok barang, dan lainnya pasti calon pembeli akan lebih tertarik dengan produk dari binis online kamu dibandingkan dengan kompetitor.

3. Pilih Sistem Penjualan Bisnis Online

Sumber : womenwhodrone.co

Bisnis online pada dasarnya memang sudah makin mudah sekarang ini. Hal yang juga harus diperhatikan dalam memulai bisnis online adalah dengan memilih sistem penjualan yang cocok dengan bisnis yang mau kamu jalankan. Pikirkan bagaimana cara mendapatkan produknya seperti memproduksi sendiri jika kamu sudah memiliki keahlian khusus. Jika belum kamu bisa memanfaatkan sistem penjualan yang saat ini sedang tren seperti menjadi reseller maupun dropshipper produk.

Sistem reseller atau dropship bisa memberikan alternatif untuk stok barang atau tidak membuatmu harus stok barang. Jika kamu ingin menjalankan dengan mudah tanpa ribet kamu bisa memulai dengan dropshipper. Kamu bisa bekerjasama dengan supplier untuk membantumu dalam mendapatkan produk. Carilah supplier yang bertanggung jawab dan mudah diajak kerjasama. Kamu juga harus pintar memilih jangan sampai tertipu. Ternyata produk yang disediakan memiliki kualitas rendah.

4. Manfaatkan Media Online

Sumber : sojcssm.com

Selain e-commerce kamu juga harus memanfaatkan media online dengan membuat website dan sosial media. Dengan tujuan untuk menambah kredibilitas bisnis yang kamu buat. Memiliki website untuk bisnis online yang kamu jalankan akan menambah kepercayaan calon pembeli untuk membeli produk. Sudah banyak kompetitor yang juga membuat website resmi agar produknya dapat dipasarkan lebih luas terutama di pencarian google.

Website dapat dijadikan sebagai etalase atau toko digital untuk bisnis kamu di era teknologi saat ini. Selain itu website juga menjadi pusat aktivitas bisnis online ke depan karena menjadi tempat penyimpanan data pembeli atau melihat trend perkembangan bisnis melalui mesin pencarian. 

Bukan Cuma website kamu juga harus melakukan promosi secara masif dan meluas dengan melalui media sosial. Media sosial merupakan pilihan utama sebagai sarana promosi saat kamu memulai bisnis online. Apalagi kebiasaan orang Indonesia yang lebih banyak aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Gunakan sosial media itu untuk memperluas pemasaranmu.

5. Strategi Promosi

Sumber : fastwork.id

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk meluaskan promosi produk mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kalau berbayar memang membutuhkan uang yang lebih daripada gratis. Tapi kamu bisa lebih fokus dalam menjual produk ke calon pembeli yang lebih spesifik sesuai dengan fitur yang tersedia dari sosial media yang kamu gunakan.

Seperti facebook dan instagram terkenal dengan facebook ads dan instagram ads yang dapat kamu gunakan. Dengan promosi yang meluas maka bisnis online kamu akan semakin cepat dikenal dan lebih dapat mudah menarik hati calon pembeli. Gunakan promosi berbayar untuk semakin gencar menguatkan brand yang kamu jual di bisnis online ini.

Selain itu hal yang harus kamu lakukan adalah tetap terus mempertahankan pelanggan-pelanggan yang setia jika kamu telah mendapatkan pelanggan dari hasil promosi melalui sosial media tersebut. Gunakan berbagai strategi seperti memberikan fasilitas khusus kepada pelanggan setia seperti diskon atau paket khusus.

Memulai bisnis online memang tidak mudah. Tapi dengan menerapkan 5 tips memulai bisnis online di atas akan membuat kamu lebih mudah dalam memulai bisnis online. Salam sukses! Kalau kamu ingin mengetahui tips bisnis untuk mahasiswa yang lain, kamu bisa klik di sini!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba