5 Tips Sukses Bisnis Jasa Desain Grafis Buat Mahasiswa

Bisnis jasa desain grafis di zaman sekarang peluangnya makin menjanjikan. Bagaimana tidak, sekarang hampir semua orang butuh desain grafis untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan bisnis sampai keperluan pribadi membutuhkan desain grafis. Apalagi dengan adanya media sosial yang makin mendorong orang untuk menjadikan desain grafis sebagai bagian penting dalam aktivitasnya. Kalau dulu desain grafis kesannya menjadi kebutuhan eksklusif untuk bidang periklanan saja, sekarang semua bidang dan lapisan masyarakat sudah sangat familiar.

Peluang Bisnis Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah seni yang menggabungkan antara elemen grafis berupa garis, gambar, huruf, dan bentuk lain dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu. Perkembangan desain grafis dari waktu ke waktu juga telah mengalami banyak inovasi. Hal ini bisa kita perhatikan dari hal yang paling umum adalah perubahan gaya pada desain undangan pernikahan. Kalau dulu desain undangan pernikahan hanya menggunakan tulisan nama pasangan dan kapan pelaksanaan penikahannya dengan layout dan konsep yang sangat sederhana. Tapi kita lihat sekarang? Desain undangan pernikahan makin beragam dan tentunya lebih menarik bukan? Inilah salah satu bukti kalau desain grafis sudah menjadi bagian dari kebutuhan banyak orang. Apakah kamu tertarik untuk menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis jasa desain grafis yang menguntungkan?

5 Tips Sukses Bisnis Jasa Desain Grafis Buat Mahasiswa
dice.com

Bisnis jasa desain grafis sangat cocok buat kamu yang punya bakat desain apa lagi kalau kamu masih mahasiswa, kesempatan untuk mendapatkan pesanan desain makin banyak. Kamu bisa amati saja dari lingkungan terdekat kamu yaitu kalangan mahasiswa. Kebutuhan mereka untuk desain grafis sangat banyak, mulai dari desain untuk cover tugas, poster kegiatan kemahasiswaan, desain vektor wajah, serta desain lain yang umumnya dibutuhkan di kegiatan kampus. Peluang yang menjanjikan bukan? Bahkan kamu bisa menjalankan bisnis jasa desain grafis secara online tanpa perlu menyewa lapak bahkan bertemu konsumen secara langsung. Kamu bisa membuka jasa desain grafis melalui media sosial untuk mendapatkan orderan.

Tips Sukses Bisnis Jasa Desain Grafis

Kelebihan dari bisnis jasa desain grafis buat kamu yang masih mahasiswa tentu adalah modal yang sangat minim. Cukup seperangkat komputer dan koneksi internet di mana kedua hal tersebut tentu sudah kamu miliki. Tinggal kamu kembangkan bisnis jasa desain grafis dengan persiapan matang dan strategi yang tepat. Kali ini Bisnis UKM akan membagikan tips sukses untuk memulai bisnis jasa desain grafis. Simak selengkapnya berikut ini ya!

1. Gunakan Media Sosial untuk Promosi Bisnis Desain Grafis

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk promosi bisnis jasa desain grafis yang kamu jalankan. Tapi sebagai langkah awal apa lagi di zaman sekarang ini menggunakan media sosial untuk promosi bisnis adalah pilihan yang tepat. Jangan khawatir soal jangkuan audiens yang sempit karena kamu masih mahasiswa maka pelanggan kamu hanya berasal dari kalangan mahasiswa saja. Justru menggunakan media sosial akan memperluas cakupan audiens. Mulailah dengan memposting karya desain di akun khusus bisnis jasa desain grafis kamu. Akan lebih baik kamu tidak menggunakan akun pribadi untuk bisnis ini, supaya kepentingan bisnis kamu bisa lebih fokus.

Menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnis jasa desain grafis tidak berhenti pada membuat karya yang super keren. Tapi kamu juga perlu belajar tentang optimasi media sosial supaya kamu bisa menjangkau audiens dengan tepat. Misalnya kamu menggunakan instagram untuk bisnis jasa desain grafis, maka kamu bisa mempelajari dulu basic instagram marketing dengan klik link ini.

2. Pilih Software Desain Grafis Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Saat ini sudah tersedia berbagai software desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat karya desain grafis. Pilih dan gunakanlah sofware desain grafis sesuai kemampuan dan kebutuhan kamu. Kemampuan ini maksudnya adalah kemampuan kamu sendiri dalam penguasaan software dan juga kemampuan device yang kamu gunakan. Begitu juga disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu menginstal banyak software desain grafis tapi yang paling sering digunakan untuk orderan desain hanya satu software.

Maka dari itu pilihlah satu atau dua software yang kamu gunakan untuk mengerjakan orderan desain. Tentu software tersebut adalah yang paling kamu kuasai. Hal ini akan bermanfaat juga supaya device yang kamu gunakan juga lebih ringan. Seperti yang kita tahu kalau software desain itu berat untuk dioperasikan apa lagi jika ada lebih dari satu yang terinstal di device kamu.

3. Perhatikan Koneksi Internet

Hal yang juga tidak kalah penting untuk kelangsungan bisnis jasa desain grafis adalah koneksi internet yang stabil. Bisnis dengan basis online sudah pasti membutuhkan koneksi internet apa lagi bisnis dalam bidang jasa desain grafis seperti yang kamu jalankan. Selain kebutuhan untuk menjawab pertanyaan atau menanggapi pesan dari klien, koneksi internet stabil juga berguna saat pengiriman hasil desain. Tentu kamu tidak ingin kerja dua kali untuk mengulang pengiriman file desain pesanan klien bukan? Apa lagi file desain ukurannya tidak kecil. Maka dari itu pilihlah provider yang sesuai dengan kebutuhan. Supaya aktivitas bisnis jasa desain grafis kamu bisa berjalan dengan lancar.

4. Terus Belajar dan Bertumbuh

Persaingan bisnis pada bidang apa pun tentu dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan. Siapa yang tidak bisa bersaing maka dialah yang akan gugur. Begitu juga dalam persaingan bisnis jasa desain grafis seperti yang kamu jalankan. Modal untuk bertahan pada bisnis semacam ini adalah kreativitas dan inovasi. Maka dari itu teruslah belajar dan bertumbuh untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam hal desain grafis. Kalau pada awalnya kamu hanya mampu menguasai desain vektor wajah, belajarlah untuk desain lain. Misalnya desain logo dan desain kemasan, desain web, bahkan UI dan UX desain. Banyak peluang yang bisa dikembangkan ketika kamu sudah memiliki kemampuan desain yang mumpuni.

5. Bangun Kerjasama Bisnis Jasa Desain Grafis

Setiap pebisnis yang sukses pasti memiliki jaringan atau mitra. Semakin banyaknya mitra yang kamu miliki, maka peluang bisnis semakin luas. Apalagi sekarang ini dunia Industri kreatif termasuk di dalamnya desain grafis sangat memerlukan kolaborasi untuk menghasilkan karya yang lebih bernilai. Kamu bisa mulai membangun kerjasama bisnis dengan desainer lain. Misalnya kamu berkolaborasi untuk membuat kampanye dengan tema tertentu di media sosial. Kamu juga bisa berkolaborasi selain dengan desainer. Bisa dengan videografer atau berkolaborasi dengan fotografer.

Itulah ulasan mengenai tips sukses bisnis jasa desain grafis untuk mahasiswa yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menjalankan binsis. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis desain grafis yang kamu jalankan semakin #NaikKelas ya! Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Ikuti terus ulasan menarik lainnya tentang bisnis untuk mahasiswa hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang tang terdorong untuk memulai sebuah bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba