Strategi Pemasaran Instagram Ini Wajib Banget Buat Kamu Katahui

Di era modern ini instagram menjadi salah satu sosial media terbaik untuk menjalankan pemasaran suatu bisnis. Kebanyakan orang saat ini membeli suatu produk setelah melihatnya di instagram. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal dari pemasaran instagram ini kamu tidak cukup hanya dengan posting foto maupun video saja. Tentunya diperlukan strategi pemasaran instagram yang paling tepat agar bisa tepat sasaran.

Bisnis UKM akan menjelaskan beberapa point strategi pemasaran instagram untuk membantu mengoptimalkan bisnis kamu. Ingatlah bahwa pengguna instagram menyukai konten yang up to date atau terbaru. Jadi usahakan untuk membuat postingan sesering mungkin dan membuat konten sesuai dengan yang sedang trend. Yuk langsng aja kita simak beberapa point dibawah ini.

Strategi Pemasaran Instagram

Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Cara pertama untuk memudahkan calon konusmen untuk menghubungi kamu dan natinya akan memberikan kesan profesional adalah dengan menggunakan akun instagram bisnis. Dengan menggunakan akun instagram bisnis maka beberapa fitur yang tidak ada di instagram pribadi. Kamu bisa membuat instagram ads dan bisa mengakses insights. Insights merupakan fitur untuk menganalisis dan memberi statistik akun kamu.

Nah buat kamu yang sudah terlanjur memiliki akun pribadi digunakan untuk bisnis maka kamu tetap bisa mengubahnya kok. Tenang saja, kamu hanya perlu mengubah pengaturanmu, kemudian klik akun dan pilih beralih ke akun profesional. Dan satu hal lagi apabila akun sebelumnya masih private maka jangan lupa untuk mengubahnya menjadi publik. Dengan begitu orang – orang akan lebih mudah untuk melihat postingan tanpa hambatan.

Pilih Nama USer Yang Mudah

Pertama gunakan username dengan nama bisnismu pastinya. Ini untuk memudahkan orang lain untuk menemukan akunmu. Selain juga tak salah tag saat memposting mereka juga tak akan salah berkomentar nantinya. Pastikan jika nama bisnismu belum dipakai oleh orang lain.

Jika terpaksa sudah dipakai maka tambahkan karakter atau kata dibelakangnya. Usahakan jika tambahanya berhubungan dengan bisnismu untuk memudahkan dikenali dan dicari. Jika memang tidak bisa maka pastikan berikan pengumuman pada akun lain nama akun bisnis di instagrammu tersebut agar mereka tidak salah follow.

Gunakan Photo Profil Logo atau Brand

Photo profil merupakan hal pertama yang calon konsumen lihat saat mnegunjungi akunmu. Selain itu pastinya profil muncul disetiap komentar atau postingan. Sudah dipastikan jika photo profil merupakan salah satu hal yang penting. Maka usahakan untuk membuat photo profil brand atau logo bisnismu.

Tulis Bio Menarik

Selain photo profil maka bio merupakan salah satu komponen penting yang orang pertama akan dilihat juga. Gunakan sebaik mungkin karakter yang diberikan oleh fitur onstagram ini. Jelaskan mengenai bisnismu dan manfaat yang akan didpatkan. Tambahkan pula emoji yang menarik pad bio.

Tautkan Link

Selain bio kamu juga perlu memasukkan link website maupun marketplace dibawahnya. Ini tentu kana memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi lebih mengenai kemana mereka bisa memesan produkmu atau katalog yang berisikan informasi produk lebih lengkap.

Ketahui Jenis Postingan

Saatnya membuat konten yang menarik dan berkualitas. Seperti halnya feed instagram adalah kesluruhan foto dan video yang pernah kamu posting. Menjadi salah satu cara cepat untuk menarik calon konsumen dengan tampilan yang unik dan menarik.

Stories pada instagram nah meski postingan hanya bertahan 24 saja namun memiliki kelebihan yakni posisi feed berada paling atas dan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh follower, bisa disimpan dan digunakan lagi dilain waktu, dengan adanya berbagai fitu bisa membuat storis jadi lebih berwarna, bisa tag akun mitra kerja atau dengan influncer, bisa dibuat kapan pun, dan yangpasti umlah stories tak terbatas.

Adanya instagram TV yang merupakan salah satu fitur yang mirip yaoutube namun durasinya terbatas. Dengan IGTV maka follower bisa meneonton konten video menarik yang sudah kamu upload.

Dan terakhir memanfaatkan fitur instagram Ig Live, ini merupakan jenis konten yang mana kamu melakukan siaran langsung agar bisa ditonton oleh follower. Bahkan jika follower lain ketinggalan siaran yang sedang berlangsung. Haisl dari siaran bisa disimpan dan diupload di stories.

Optimasi Feed Instagram

Tentu setelah memanfaatkan firu instagram diatas konten yang kamu posting pada feed harus menarik dan cocok dengan brand agar diterima baik oleh calon konsumen. Dalam feed ini ada 2 jenis foto dan video. Untuk video dibatasi hanya 60 dektik dengan dimensi 1080 x 608 potrait dan 1080 x 1350 landscape. Sedangkan untuk gambar tidak ada ketentuan khusus. Namun alangkah lebih baiknya ketika feed diupload pastikan jika ukuran atau dimenasi gambar besar agar tidak pecah.

Gambar Edukasi

Pastikan jika konten bisnismu tidka hanya melulu tentang produk saja. Namun kamu bisa mengupload jenis gambar yang bisa mengedukasi follower. Bisa berupa tips, panduan, strategi, quote of the day, atau instruksi yang mudah dipahami.

Gambar Influcer

Untuk memaksimalkan kontenmu kamu harus mengandeng influncer agar bisnismu semakin dipercaya dan memiliki citra. Jika kamu mampu mengandeng influncer atau endorese apalagi tokoh ternama maka bisa menjaid pacuan calon konsumen untuk memberi produk. Influncer ini juga berguna untuk membantu mempromosikan bisnis pada follower. Biasanya gambar atau video ini menampilkan saat influncer berinteraksi dengan produkmu.

Repost Gambar atau Video

Merepost gambar atau video menarik dari dari akun lain kemudian post ulang diakunmu. Jangan lupa untuk mencantumkan asal video, tag dari mana gambar atau video berasal.

Konten Gambar Hari Peringatan

Pada saat hari peringatan sesuatu yang terjadi pada hari itu maka ini bisa menjadi konten menarik. Jangan smapai dilewatkan, ini bisa menajdi salah satu kesmpatan terabik untuk posting dengan tema tertentu dan memberikan promo tertentu terkait produkmu.

Repost Video Menghibur

Mengunggah video meghibur bisa menjadi cara terbaik untuk menunjukkan brand dan membuat follower terhibur, bahkan jika kamu berhasil membuat mereka tertawa maka mereka akan meninggalkan komentar, atau like bahkan membagikan ke temannya. .

Nah itu tadi beberapa point strategi pemasaran instagram yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan penjualanmu. Cukup sekian pemabahasan kita kali ini, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba