Ini Cara Promosi Di Instagram Gratis, Bisa Kalian Coba Step By Step!

Sebagai salah satu media sosial populer, Instagram menjadi tempat bagi orang-orang untuk membagikan banyak hal termasuk berpromosi. Promosi Instagram sendiri bisa dilakukan dengan memasang iklan Instagram berbayar, endorse melalui akun dengan banyak followers, dan bahkan promosi gratisan. Bagi yang ingin tahu cara promosi di Instagram secara gratis maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Promosi Di Instagram

1. Posting Secara Rutin

Orang-orang berkunjung ke Instagram untuk melihat konten baru setiap harinya. Jadi penting untuk memastikan agar bisa memposting secara rutin. Ini bisa direncanakan terlebih dahulu misalnya dengan membuat jadwal berapa postingan yang akan diunggah setiap harinya dengan tema berbeda. Akun yang memposting secara rutin akan lebih disukai oleh pengguna Instagram. Selain itu, perlu juga untuk tetap interaktif dengan menjawab sebagian komentar atau pertanyaan.

Dalam hal promosi di Instagram, postingan juga harus bisa menarik. Mulai dari foto yang digunakan dan caption. Foto produk yang ditampilkan perlu berkualitas dan mampu menarik orang yang melihatnya. Begitu juga dengan video, penting juga sesekali mengunggah video yang berhubungan dengan produk yang dijual atau informasi menarik yang dibutuhkan followers.

2. Memperhatikan Tampilan Akun Secara Umum

Identitas yang unik atau berbeda dari lainnya memudahkan untuk lebih dikenal oleh orang lain. Ini bukan hanya sekadar menuliskan bio dan nomor kontak dengan jelas namun memberikan tema tertentu pada keseluruhan akun. Pada setiap unggahan, seperti foto ada baiknya untuk menampilkan desain tertentu, misalnya dengan menambahkan frame khusus dengan mencantumkan nama akun. Filter yang seragam juga bisa membantu untuk bisa terlihat konsisten.

Ada berbagai desain unik yang bisa dimodifikasi dari beberapa akun produk populer. Cara promosi di akun Instagram yang satu ini membutuhkan kreativitas dan perlu melakukan editing terlebih dahulu untuk setiap postingan yang diunggah.

3. Menggunakan Tagar Yang Tepat

Selain pengikut, postingan di Instagram bisa dilihat oleh orang lain melalui pencarian tagar. Cara promosi diInstagram secara gratis juga dapat dilakukan dengan menambahkan tagar yang tepat. Tagar tersebut harus sesuai atau relevan dengan apa yang diposting. Selain itu perlu untuk memberikan tagar khusus dan unik yang hanya dimiliki oleh akun Anda. Ini bisa berupa jargon atau berkaitan dengan nama produk dan akun yang akan di promosikan di Instagram.

Sebelum menambahkan tagar, sebuah postingan juga butuh caption yang menarik. Ini perlu informatif dan bisa membuat orang yang melihatnya tergerak untuk berkomentar positif. Penambahan tagar yang tidak relevan dan informasi yang kurang tepat bisa membuat image akun tersebut menjadi tidak profesional sehingga harus dihindari.

4. Mengadakan Kontes

Mengadakan kontes bisa jadi cara promosi Instagram yang tidak sepenuhnya gratis namun ini tidak membutuhkan biaya besar. Iklan di Instagram dan endorse membutuhkan budget tertentu agar bisa berhasil menjangkau banyak orang. Kontes di Instagram sendiri bisa menggunakan hadiah berupa produk atau jasa yang dipromosikan tersebut sehingga selain bisa menarik pengikut baru sekaligus untuk mengenalkan produk.

Kontes dengan hadiah yang menarik ini bisa dimanfaatkan untuk menarik follower yang lebih banyak. Ini bisa memasukkan syarat tertentu seperti harus mem-follow akun dan menambahkan komentar di postingan. Tak sedikit pengguna Instagram yang senang mengikuti kontes untuk mendapatkan hadiah atau produk gratis sehingga perlu untuk dicoba.

5. Mengubah Akun Biasa Ke Akun Bisnis

Promosi di Instagram bisa dengan menggunakan fitur khusus yang cocok untuk pebisnis atau online shop. Fitur ini berupa Akun Bisnis. Cara untuk mengubah dari akun biasa ke akun bisnis pun tidak terlalu sulit. Pertama-tama yaitu dengan masuk ke menu Setting atau Pengaturan dengan mengklik tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Selanjutnya ialah memilih opsi “Beralih ke Profil Bisnis”. Setelah menghubungkan akun Instagram dengan fanpage di Facebook selanjutnya, yaitu memperbarui informasi profil bisnis.

Instagram saat ini berafiliasi dengan Facebook sehingga keduanya bisa dihubungkan dengan mudah. Jika belum memiliki fanpage di Facebook maka perlu untuk membuatnya terlebih dahulu. Anda juga dapat memasukkan akun instragam ke laman Facebook.

Pilihan akun bisnis ini bisa jadi cara promosi di Instagram yang efektif. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna, antara lain:

  • Data statistik postingan yang lebih lengkap.
  • Lebih mudah berinteraksi dengan calon pembeli.
  • Membantu memilih waktu postingan yang tepat.
  • Memberikan jangkauan yang lebih luas.
  • Bisa menambahkan lokasi via Google Maps.
  • Bisa membedakan dengan akun personal.

Keuntungan yang diperoleh dari akun bisnis ini bisa dimanfaatkan untuk iklan di Instagram atau promosi Instagram. Perlu untuk sejak awal menargetkan pasar yang dituju sehingga promosi dapat fokus. Adanya akun bisnis ini bisa membantu untuk bisa menjangkau calon konsumen potensial.

6. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Saat ini banyak aplikasi mobile yang digunakan untuk mendukung kegiatan promosi di Instagram. Aplikasi ini mudah diunduh secara gratis dan bisa langsung dimanfaatkan. Beberapa jenis aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk cara promosi Instagram gratis, antara lain:

  • Penambah Followers

Aplikasi penambah followers gratis banyak beredar di dunia maya. Namun ini kadang kurang efektif karena followers bisa berasal dari orang yang bukan target dari produk tersebut. Ada baiknya untuk berhati-hati jika ingin menggunakan jenis aplikasi ini.

  • Desain Foto Atau Video

Saat akan mengunggah sebuah foto maka perlu melakukan editing misalnya dengan menambahkan teks atau frame. Ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa aplikasi desain foto gratisan. Sejak awal sebaiknya merencanakan tema desain tertentu yang cocok dengan image usaha/produk yang dijual.

  • Jadwal Posting

Saat ini ada juga aplikasi yang bisa membantu untuk mengatur jadwal untuk memposting di media sosial seperti Instagram. Adanya aplikasi ini dapat membantu untuk bisa merencanakan postingan dan memposting tepat waktu.

  • Desain Stories Instagram

Fitur stories Instagram dapat dimanfaatkan untuk memposting foto dan video untuk promosi. Tersedia aplikasi untuk desain stories untuk Instagram sehingga bisa tampak lebih menarik. Melalui stories bisa juga dipasang link untuk postingan di media lain seperti website atau Youtube.

7. Kerja Sama Dengan Akun Instagram Lain

Kerja sama dengan akun Instagram lain bisa dilakukan tanpa membayar mahal. Ini dapat dilakukan misalnya dengan saling bertukar promosi melalui stories Instagram. Cara mempromosikan akun Instagramyang satu ini sebaiknya juga memperhatikan apakah akun yang diajak kerja sama tersebut sesuai dengan produk yang dipromosikan. Jangan juga meminta akun yang juga memasarkan produk sejenis.

Mempromosikan bisnis di media sosial seperti saat ini menjadi cukup penting karena pengguna internet yang terus berkembang. Orang-orang sering membuka media sosial seperti Instagram sehingga promosi untuk bisnis dapat dilakukan melalui media yang satu ini. Cara promosi di Instagram gratis tersebut bisa digunakan untuk akun online shop atau akun bisnis Anda. Tak ada salahnya juga untuk mencoba promosi berbayar seperti iklan di Instagram resmi.

sumber gambar :https://www.imcgrupo.com/3-easy-instagram-marketing-strategies-to-grow-your-brand/

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba