Emakpreneur Sukses Jualan Cokelat dari Rumah !

Memulai usaha jualan cokelat cuman modal dengkul memang bisa? Bisa, ini ada buktinya. Alhamdulillah, segala sesuatu memang harus diupayakan, termasuk jualan cokelat. Apalagi olahan cokelat punya banyak penggemar setia lho! Nah dari pada penasaran mending langsung kita simak bareng -bareng aja yuk gimana perjalanan dalam merintis usaha coklat ini.

Pada kesempatan kali ini team BisnisUKM menemui seorang ibu rumah tangga yang menjadi seorang entrepeneur sukses melalui jualan cokelat. Ibu ini bernama Rahmi Lesarini yang mana adalah pemilik dari Arini Brownies and Chocolate. Sebuah usaha rumahan yang sudah berdiri sejak tahun 2000. Usaha ini bergerak dalam bidang makanan yakni brownies dan cokelat. Sejak pertama kali dibuka sampai sekarang ini usahanya tersebut masih bertahan dipasaran dan masih ada penggemarnya.

Jualan Cokelat dari Rumah !

Arini Brownies and Chocolate

Sejak beliau memutuskan untuk jualan cokelat ini sejak awal memang belum pernah bekerja. Sehingga langsung terjun memilih menjadi seorang entrepeneur. Pada saat itu usaha Arina Brownies and Chocolate karena ajakan dari temannya. Awal mulanya beliau diajak oleh temannya untuk berjualan kue kering.

Kemudian pada saat temannya tersebut pindah dan peralatan yang dulunya digunakan bersama dan dikumpulkan untuk membuat kue kering ada pada beliau. Dari saran Ibunda beliau akhirnya memutuskan untuk membuat selain kue kering. Saat itu pilihannya jatuh pada makanan brownies yang kala itu makanan ini masih sangat jarang sekali. Jadi pada awal mula beliau memutuskan untuk menjadi seorang entrepeneur beliau memilih menekuni bidang makanan yakni brownies.

Menjatuhkan Pilihan Usaha Brownies

Alasan memilih usaha tersebut karena disarankan oleh Ibundanya untuk terjun dalam bisnis kuliner, yang mana waktu itu jatuh pada pilihan kue brownies. Kenapa brownies? pertama karena pada waktu itu brownies masih terbilang jarang. Kedua karena salah satu bahan utama dari brownies adalah coklat. Sedangkan beliau sangat menyukai cokelat, Jadi pada intinya beliau berusaha menekuni sebuah usaha yang beliau juga menyukainya.

Motivasi beliau pada waktu itu beliau ingin mengisi waktu, seiring berjalannya waktu dan beliau ingin berkembang sehingga mulailah ada tenaga kerja, karyawan. Kemudian beliau berfikir bagaimana bisa bermanfaat untuk sesama. Jadi dengan sesama tersebut bisa saling bekerja sama, bisa menjadi jalan berkat untuk sesama.

Modal Usaha

Jikalau berbicara soal modal beliau menjelaskan memulai usaha Arina Brownies and Chocolate dengan modal dengkul. Jadi dari tabungan sendiri, mengumpulkan sedikit demi sedikit dan pada waktu itu dibantu modal oleh orang tuanya. Kemudian seiring berjalannya waktu modal usaha juga didapatkannya dari kakaknya. “Jadi bisa dikatakan usahanya ini adalah usaha keroyokan keluarga”, begitu tuturnya.

Resep usaha brownies ini awalnya hanya coba – coba, uji coba dan eksperimen ketika rasa yang didapatkannya tepat dan konsumen suka. Nah dari sanalah beliau menemukan resepnya. Jikalau ditanya mengenai ketakutan nantinya resep dicopy oleh orang lian beliau mengaku tak pernah takut.

Resep Brownies dan Produksi

Selama proses produksi ada keterbukaan sehingga karyawan beliau membuat brownies dengan menggunakan resep tersebut dan menggunakan SOP yang ada. Jadi beliau juga menyampaikan bahwa siapapun bisa memakai resep tersebut. Tidak ada kekhawatiran jika resep tersebut akan digunakan oleh orang lain. Beliau mempunyai keyakinan jikalau masing – masing sudah memiliki garis rezeki sendiri – sendiri.

Keunggulan dari brownies Arina ini memang berbeda dengan brownies yang lain. Dikarenakan menggunakan bahan utama cokelat maka sangat coklat dan full cokelat. Memang bagi yang sudah pernah mencicipi brownies buatan beliau ini memang enak dan berbeda dengan brownies lainnya. Selain itu juga menggunakan bahan – bahan yang bagus, kualitas bagus.

Bersertifikat MUI

Brownies beliau juga sudah bersertifikat MUI sehingga halal dan aman untuk dikonsumsi. Selain brownies ada pula produk beliau yakni cokelat, yang mana ada cokelat souvenir yang merujuk untuk para wisatawan yang ada di Jogjakarta. Jadi ada souvenir dengan gambar kraton, borobudur dan juga informasi taman sari, tugu jogja dan keraton jogja. Juga tercantum informasi tentang wisata jogja, tentunya sangat membantu memberikan edukasi bagi para turis dan wisatawan asing tentang Jogja melalui cokelat ini.

Kemudian selain 2 menu tersebut beliau juga memiliki produk cokelat dalam toples, yang mana cokelat ini ada pada saat moment tertentu. Misalnya pada saat moment puasa atau lebaran. Nah adalagi produk yang tak kalah menarik yakni cokelat kurma yang dikemas dalam kemasan standing pouch. Cokelat dates yang satu ini sangat banyak penggemarnya pada saat musim lebaran. Ada 2 pilihan varian rasa yakni cokelat green tea dan dark choco.

Keunggulan Arina Brownies and Chocolate

Sebenarnya produk dari Arina Brownies and Chocolate sama dengan produk yang lainnya namun yang beliau unggulkan adalah kreatifitas dan cerita. Pada saat awal memulai usaha beliau menawarkan pada beberapa konsumen. Salah satunya adalah Ibu – ibu RT, Ibu – ibu arisan, komunitas lain. Jadi sistem yang diterapkannya dulu adalah door to door atau gethok tular. Namun sekarang seiring dengan berjalannya waktu mulailah beliau menggunakan sosial media. Seperti facebook, instagram, dan sekarang ini sudah masuk dalam marketplace di Blibili. Sedangkan untuk offline masih konvensional yakni masih menitipkan pada toko – toko terdekat.

Ada pula pelanggan dan juga konsumen yang langsung kontak ke Arina untuk pembelian produk. Untuk reseller atau distributor untuk sementara ini memang belum menyediakan. Pada saat ini beliau masih dalam tahap mencari reseller yang bisa diajak kerjasama. Tantangan dalam bisnis kuliner memang semakin lama semakin meningkat.

Namun tidak berarti menjadi kendala. Bagi beliau tantangan menjadi salah satu pemacu untuk lebih kreatif dan inovatif. Beliau masih memiliki mimpi mempunyai toko yang mana menjadi sebuah rujukan untuk pelanggan yang menyukai brownies dan cokelat di Jogja. Satu keinginan beliau, yakni ingin memperkenalkan cokelat Indonesia terkhususnya cokelat Arina yang berasal dari Jogja ke seluruh pelosok nusantara maupun mancanegara.

Pesan beliau kapada teman – teman semua untuk tetap semangat, selalu berfikir kreatif, inovatif terhadap usaha masing – masing sehingga tak akan lekang oleh zaman. Sekian liputan dari kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa tonton video lainnya dan subscribe channel TVBisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba