5 Tips Usaha Menu Sarapan Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha menu sarapan sangat cocok untuk Bunda yang ingin mencoba bisnis sampingan. Membuka usaha menu sarapan merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi kalau tempat tinggal Bunda berada di kota besar yang memiliki aktivitas sangat padat. Orang-orang yang tinggal di kota besar sering kali tidak mempunyai cukup banyak waktu menyiapkan sarapan pagi untuk memulai aktivitas kerja atau berangkat ke sekolah. Sehingga biasanya mereka lebih memilih membeli sarapan pagi di luar sebelum dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

5 Tips Usaha Menu Sarapan Untuk Ibu Rumah Tangga
Redaksi Bisnis UKM

Usaha Menu Sarapan

Kesempatan tersebut bisa Bunda manfaatkan dengan memulai usaha menu sarapan. Tentu usaha menu sarapan akan mendatangkan keuntungan yang menggiurkan untuk Bunda.  Dengan menyediakan berbagai macam menu sarapan pagi, usaha yang Bunda bikin nantinya akan menjadi tujuan orang untuk membeli sarapan setiap harinya.

Peluang usaha menu sarapan ini bisa mendatangkan banyak keuntungan ketika dijalankan. Mulai dari waktu kerja yang relatif pendek, modal usaha yang tidak begitu besar, dan sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Tentunya tanpa menyita banyak waktu untuk tetap bisa melakukan aktivitas lainnya.

Keuntungan yang bisa Bunda dapatkan ketika membuka usaha menu sarapan pagi juga banyak loh! Bunda akan memperoleh waktu kerja yang lebih singkat. Usaha makanan sarapan pagi cocok banget dijalankan oleh Ibu Rumah Tangga. Usaha sarapan pagi bisa dengan modal yang relatif kecil. Bisnis makanan seperti ini produknya banyak dibutuhkan oleh masyarakat, hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk mengembangkan usaha menu sarapan pagi.

Tips Memuai Usaha Menu Sarapan

Sebelum memulai untuk bisa menjalankan usaha menu sarapan ini, Bunda harus bisa mengetahui dan mengatur strategi dalam berbisnis. Supaya usaha menu sarapan yang Bunda jalankan dapat terus bertahan. Tidak berhenti di tengah jalan karena kurangnya persiapan. Berikut Bisnis UKM akan memberikan Bunda beberapa tips untuk memulai usaha menu sarapan.

1. Lokasi Strategis

Redaksi Bisnis UKM

Ketika membuka usaha makanan, khususnya usaha menu sarapan pagi, harus memiliki potensi pasar yang cukup luas. Seperti memiliki lokasi atau tempat yang strategis. Contohnya saja Bunda tinggal di lingkungan pekerja, lingkungan mahasiswa, atau pun lingkungan sekolah. Di mana lingkungan tersebut kebanyakan akan dipenuhi oleh orang-orang yang tidak bisa menyiapkan sarapan pagi sebelum mereka melakukan aktivitas. Hal tersebut akan sangat menguntungkan. Bunda bisa membuka usaha sarapan pagi di rumah tanpa harus memikirkan untuk membayar sewa tempat.

Kalau Bunda tinggal di dekat lokasi yang strategis untuk berjualan, ada cara yang lebih tepat untuk mendatangkan keuntungan. Caranya adalah dengan menggunakan sistem berpindah. Cara seperti ini bisa diterapkan dengan menggunakan kendaraan yang Bunda miliki atau memakai gerobak dorong. Dengan manfaatkan kendaraan seperti mobil, motor, atau gerobak dorong, sangat mendukung Bunda dalam menjalankan usaha makanan sarapan pagi tersebut. Misalnya saja seperti pedagang bubur ayam, atau penjual bakso gerobak dorong.

Dengan sistem berpindah tersebut akan bisa lebih menguntungkan yaitu berupa kemudahan untuk mendapatkan lokasi yang strategis dan lebih dekat dengan pelanggan. Selain itu dengan sistem berpindah seperti ini, Bunda sebagai pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk menyewa tempat dalam membuka usaha makanan.

Tapi kalau Bunda punya modal yang cukup bisa dengan menyewa tempat untuk usaha makanan ini. Pastikan lokasinya berdekatan dengan keramaian ya Bund. Seperti yang telah disebutkan di atas. Lokasinya yang berdekatan dengan perkantoran, sekolah, kampus, bisa juga dengan terminal atau stasiun.

2. Menu Sarapan Pagi Yang Beragam

Sumber : uzone.id

Dalam menjalankan usaha makanan, salah satunya berkaitan dengan membuka usaha makanan untuk sarapan pagi, sangat tergantung dari kemampuan Bunda dalam memasak makanan untuk dijual. Apabila Bunda adalah orang yang pandai memasak berbagai jenis makanan, maka sangat cocok untuk memberikan menu sarapan pagi yang bervariasi untuk pelanggan.

Resep makanan yang bisa Bunda coba seperti bubur kacang ijo, nasi kuning, nasi uduk, atau bisa juga gorengan. Bunda juga bisa menjadi reseller kue untuk sarapan pagi untuk menghemat waktu produksi. Bunda bisa mencari di pasar pedagang yang menjajakan kue dengan harga yang lebih murah untuk kemudian dijual kembali kepada pelanggan lain.

Menyediakan menu sarapan pagi yang beragam akan membuat usaha Bunda makin banyak dilirik oleh pelanggan. Sebab sangat kecil kemungkinannya seseorang akan makan menu sarapan yang sama dalam satu minggu. Jadi, sediakanlah menu sarapan yang bervariatif supaya pelanggan Bunda tidak bosan dan semakin bertambah ya!

3. Kebersihan Nomor Satu

Redaksi Bisnis UKM

Menjaga kebersihan dalam menjalankan usaha makanan adalah nomor satu. Begitu juga dalam menjual menu sarapan pagi. Hal yang harus sangat diperhatikan adalah menjaga kebersihan tempat usaha dan kebersihan makanan yang akan dijual. Menjaga kebersihan dalam menjalankan usaha makanan itu sangat penting, tentu dengan mencari lokasi usaha di tempat yang layak bukan di tempat yang dekat dengan selokan, tempat sampah, atau yang lain sebagainya.

Selain itu pastikan juga kondisi makanan yang Bunda jual dalam keadaan bersih ya. Mulai dari proses pembuatan makanans hingga makanan tersaji untuk pelanggan. Lindungi semua menu makanan yang Bunda jual dengan peralatan yang bersih dan aman. Seperti misalnya selalu menutup wadah makanan setelah mengambil isinya. Begitu juga dengan kemasan makanannya ya Bund. Selain kemasan makanan menarik tentunya juga harus bersih dan sehat.

4. Cita Rasa Makanan Yang Lezat

Sumber : tripzilla.id

Dalam membuka usaha menu sarapan pagi, pelaku bisnis harus memiliki cita rasa makanan yang disukai oleh para pelanggan. Sebelum membuka usaha makanan seperti ini Bunda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan memberikan kepada keluarga atau teman apa yang akan Bunda jual. Supaya mereka bisa menilai tentang makanan yang Bunda buat. Apakah ada yang kurang, ataukah cita rasa makanan yang Bunda bikin sudah sangat lezat. Dari hal itu lah akan diketahui timbal baliknya. Terbukalah untuk segala masukan dan kritikan ya Bund. Hal ini bertujuan untuk mendatangkan pelanggan untuk usaha Bunda nantinya. Supaya usaha makanan yang Bunda jalankan bisa berkembang secara luas.

5. Promosi

Untuk sebuah usaha makanan yang baru buka, promo akan sangat efektif untuk menarik pelanggan baru. Bunda bisa menerapkan promo dengan diskon atau dengan bonus makanan untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu. Bunda juga harus memanfaatkan media promosi yang paling sederhana dan efektif yaitu word of mouth atau dari mulut ke mulut.

Demikian yang dapat Bisnis UKM bagikan kali ini tentang peluang membuka usaha makanan untuk sarapan pagi. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk Bunda ya. Khususnya untuk Bunda yang sedang mencari peluang membuka usaha sampingan di bidang makanan. Bagikan juga tulisan ini ke teman Bunda yang lain ya! Salam sukses! Kalau Bunda mau mendapatkan informasi lainnya berkaitan dengan bisnis ibu rumah tangga bisa klik di sini!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba