7 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Ide bisnis ibu rumah tangga cocok untuk Bunda yang ingin punya bisnis sampingan. Ada banyak ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan bisa Bunda mulai sejak sekarang. Karena menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa berkarya dalam bidang bisnis. Zaman yang semakin berkembang tidak menutup kemungkinan bagi para ibu rumah tangga untuk berkarya dengan memulai sebuah bisnis.

7 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan
Redaksi Bisnis UKM

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Mengeksekusi ide bisnis ibu rumah tangga memang perlu jiwa entrepreneur. Supaya setiap kendala atau halangan bisa ditembus dengan konsistensi dan tekad yang kuat. Ketika seorang ibu rumah tangga memulai sebuah bisnis biasanya kekuatan dan kecerdasannya akan semakin bertambah. Sebab makin beragam peran yang dilakukan oleh Bunda sebagai ibu rumah tangga.

Bisnis sampingan ibu rumah tangga tentu akan mendatangkan banyak manfaat selain dari sisi material. Bunda akan menjadi superwoman yang bisa melakukan banyak hal. Berikut 7 ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa Bunda jadikan acuan untuk memulai sebuah bisnis.Pastikan ide yang Bunda pilih sesuai dengan minat dan kemampuan ya!

Ide Bisnis Sampingan

1. Freelance Writer

Sumber : tweakyourbiz.com

Bunda suka nulis? Nggak ada salahnya untuk memulai bisnis menjadi freelance writer loh Bund. Usaha sampingan ibu rumah tangga ini hanya dengan modal laptop atau komputer dan koneksi internet. Bunda bisa menawarkan jasa sebagai penulis di internet, media sosial, atau situs-situs web lainnya. Biasanya harga setiap artikel variatif. Tergantung tema, panjang tulisan, dan keinginan client atau media tempat Bunda mengirimkan tulisan. Tapi, kalau kualitas tulisan Bunda bagus, tiap artikel bisa diberi harga sekitar Rp25 ribu hingga Rp100 ribu, loh. Bayangin deh, kalau sehari Bunda bisa menulis 2-3 artikel, berapa banyak keuntungan yang akan Bunda dapatkan?

Terlebih kalau Bunda juga memiliki kemampuan menulis konten iklan. Nggak cuma menjelaskan sesuatu dalam sebuah tulisan, tapi juga kemampuan memperkenalkan produk dan kemampuan untuk mempersuasi orang juga bakal Bunda asah di sini. Kalau sudah banyak portofolio yang Bunda miliki tawarkanlah jasa Bunda ke situs-siturs freelance.

2. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Hand Craft

Redaksi Bisnis UKM

Buat Bunda yang punya kemampuan untuk mengolah berbagai barang menjadi kerajinan tangan yang inda dan bernilai, Bunda punya peluang untuk menjadikannya sebagai bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan. Hand craft atau kerajinan tangan yang biasanya laku keras di pasaran adalah souvenir wisuda, seserahan pernikahan, bingkisan lebaran, natal, dan hari spesial lainnya. Modal utama dalam usaha sampingan ibu rumah tangga ini adalah kreativitas yang Bunda miliki dan tentunya akan terus berkembang seiring dengan semakin meningkatnya permintaan konsumen.

3. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Menu Sarapan

Redaksi Bisnis UKM

Kalau untuk bisnis yang satu ini bisa Bunda manfaatkan tanpa harus keluar modal banyak. Melihat peluang bahwa tidak sedikit orang yang punya kegiatan sangat padat di pagi hari. Mulai dari mempersiapkan diri untuk pergi bekerja di pagi hari hingga mengantar anak ke sekolah. Tentu kesibukan orang-orang di pagi hari memungkinkan mereka untuk tidak sempat mempersiapkan sarapan. Padahal sarapan adalah hal yang sangat penting untuk orang-orang yang akan beraktivitas seperti bekerja atau sekolah.

Dari kondisi tersebut Bunda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Usaha sampingan yang bisa Bunda jalankan adalah bisnis menu sarapan. Tidak perlu menyewa lapak yang besar. Cukuplah menjadikan rumah Bunda sebagai warung makannya. Bunda bisa menjual menu seperti nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, atau bisa juga nasi kuning, dan nasi rames dengan beberapa lauk pokok. Untuk membuat usaha menu sarapan tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Sebab bahan bakunya terjangkau layaknya Bunda akan memasak untuk harian tapi jumlahnya ditambah.

4. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dropshipper

Sumber : indiamart.com

Menjadi seorang dropshipper pada dasarnya tidak membutuhkan modal sama sekali ketika memulainya loh Bund. Saat pelaksanaan bisnisnya juga nggak rumit. Bunda tinggal menyampaikan pesanan dari konsumen kepada toko atau pihak pertma yang menjual suatu barang atau produk tertentu. Sistem bisnis dropship ini makin populer seiring dengan berkembangnya metode jual beli yang didukung oleh platfrom atau media online.

Ketika memilih menjadi dropshipper Bunda bisa mendapatkan keuntungan serta pengalaman terutama untuk di bidang bisnis online shop. Peran yang akan berjalan dalam kegiatan bisnis ini adalah hubungan antara penjual barang, kamu sebagai dropshipper, dan konsumen yang menjadi pembeli produk melalui Bunda sebagai dropshipper.

Prosesnya juga nggak rumit. Bunda tinggal mendapatkan kesepakatan dari penjual untuk menjadi dropshipper. Kemudian tawarkan dan promosikan produk mereka ke pada calon pembeli. Manfaatkan internet untuk proses promosi sampai transaksi dengan pembeli. Bisnis sampingan ini sangat sederhana karena telah ada teknologi yang mendukung.

5. Bumbu Siap Pakai

Sumber : kumparan.com

Sekarang ini semua dituntut untuk tersaji dengan cepat, bahkan untuk urusan makanan ya Bund. Hal tersebut menjadikan banyak orang untuk beralih ke makanan instan dengan bahan pengawet. Dari situ Bunda bisa ambil peluang loh. Ketika banyak orang melakukan food preparation untuk menyiapkan makanan selama satu minggu ke depan sekaligus mempersingkat waktu memasak, Bunda bisa membantu ibu lainnya untuk membuat momen memasak menjadi semakin praktis dengan menawarkan bumbu siap pakai.

Berbeda dengan bumbu siap pakai lainnya, bumbu siap pakai yang Bunda tawarkan sifatnya sangat fungsional untuk beberapa masakan dan dijamin tanpa pengawet. Sebab sudah banyak beredar berbagai macam sambal yang dijual dalam kemasan botol kecil. Hal tersebut juga bisa Bunda aplikasikan untuk menyediakan produk bumbu siap masak dalam kemasan botol kecil untuk meningkatkan ketertarikan konsumen.

6. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Jastip

Sumber : forbesindia.com

Pernahkah Bunda mendengar istilah jastip? Jastip kepanjangannya adalah jasa titip. Bisnis tanpa modal ini bisa dijalankan oleh siapa saja asalkan bisa mempersuasi target pasar dan punya banyak jaringan. Bisnis jastip bisa diperuntunkan untuk beragam jenis produk mulai dari produk yang dikonsumsi, dipakai seperti baju, atau bisa juga produk yang dipajang.

Awalnya bisnis jastip dulu berlaku untuk memfasilitasi banyak orang yang ingin memiliki produk atau barang dari luar negeri tapi belum ada kesempatan ke sana. Nah untuk orang-orang yang bisa ke luar negeri ini seperti untuk liburan atau pun urusan kerja memanfaatkan bisnis jastip untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak perlu untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang paling diminati. Cukup beritahukan saja kemana Bunda akan pergi dan produk atau barang apa yang orang-orang inginkan dari tempat yang Bunda kunjungi. Biasanya harga barang atau produk yang diminta konsumen akan dinaikkan harganya sebesar 15-20% dari harga asli.

7. Bisnis Tanaman

Sumber : idea.grid.id

Sejak satu tahun terakhir gaya hidup minimalis sedang banyak dibahas dalam berbagai forum maupun di media sosial. Salah satu elemen penting yang sering disebut dalam berbagai forum tersebut adalah keberadaan tanaman di dalam rumah untuk membuat rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditinggali.

Sejak saat itulah, mulai bermunculan baik online maupun offline store yang menjajakan tanaman hias dari yang klasik seperti lidah buaya hingga yang saat ini hits yaitu monstera. Jika diurus dengan telaten, nggak hanya pesanan tanaman secara eceran saja, Bunda juga bisa mendapat tawaran partai besar seperti kebutuhan dekorasi untuk restoran atau penginapan. Bisnis yang menjanjikan ya Bund?

Itulah 7 ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa menjadi inspirasi Bunda untuk memulai usaha sampingan. Hal yang juga penting untuk diingat bahwa kesuksesan bisnis yang Bunda rintis bukan hanya dari ide saja tapi juga pengelolaan bisnis yang baik. Salam sukses! Kalau Bunda ingin tahu informasi lain berkaitan dengan bisnis ibu rumah tangga bisa klik di sini!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba