6 Peluang Usaha Sampingan Pelajar Tanpa Ganggu Waktu Belajar

Usaha sampingan pelajar sering kali dianggap mengganggu waktu belajar. Padahal kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik, usaha sampingan pelajar ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Pelajar juga sering kali dianggap sebelah mata karena masih terlalu kecil. Belum saatnya untuk berbisnis. Padahal banyak manfaat yang pelajar dapatkan dari kegiatan berwirausaha.

6 Peluang Usaha Sampingan Pelajar Tanpa Ganggu Waktu Belajar
Sumber : maihiro.com

Usaha Sampingan Pelajar

Selain keuntungan dalam bentuk material, usaha sampingan pelajar juga bisa mendatangkan banyak manfaat lain. Seperti pengalaman bisnis, menambah jaringan teman, dan tentu ilmu yang tidak ternilai harganya.

Apakah kamu adalah seorang pelajar yang sedang ingin mencoba berbisnis untuk menantang diri kamu dan medapatkan uang jajan tambahan? Jangan khawatir karena ada banyak peluang usaha sampingan pelajar yang bisa kamu manfaatkan.

Pastikan usaha sampingan pelajar yang akan kamu jalankan adalah yang benar-benar menarik buat kamu. Supaya saat menjalankan bisnisnya nanti akan menjadikan kamu tidak mudah menyerah. Sebab untuk menjadi seorang pebisnis tidak mengenal kata menyerah. Yang ada adalah rehat sejenak untuk menemukan jalan lain.

Tidak perlu memulai usaha sampingan pelajar dengan modal dan skala bisnis yang besar. Cukuplah dengan memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki dan membaca peluang yang ada. Supaya kewajiban kamu sebagai pelajar tida terganggu dan prestasi kamu di sekolah juga tetap baik.

Peluang Usaha Sampingan Pelajar

Berikut 6 peluang usaha sampingan pelajar yang bisa kamu coba!

1. Usaha Sampingan Jual Makanan Ringan

Sumber : lumajangsatu.com

Untuk menjual makanan ringan kamu tidak perlu membuat produknya dari awal. Pilihlah produk makanan ringan seperti makaroni yang bisa kamu beli bahan bakunya di pasar. Kemudian kamu goreng sendiri dan tambahkan dengan varian bumbu. Untuk menggoreng makaroni kamu bisa memanfaatkan akhir pekan.

Cukuplah memanfaatkan waktu 1 hari dalam seminggu untuk proses produksi dan pengemasan. Karena makanan ringan seperti makaroni bisa tahan lama. Asalnya dikemas dengan rapi dan tepat supaya produk makaroni tidak mudah dimasuki udara atau angin dari luar.

Kamu bisa membuat brand atau merek sendiri untuk makanan ringan makaroni ini. Tambahkan juga varian rasa makaroninya. Dalam menentukan varian rasa kamu bisa lakukan riset sederhana. Cari tahu varian rasa apa saja yang paling banyak disukai oleh teman-teman sekolah.

Kemudian untuk pemasarannya kamu bisa lakukan door to door di jam istirahat ke tiap kelas. Kemudian promosi di media sosial supaya nggak Cuma teman-teman sekolah kamu aja yang bisa beli produk kamu. Bisa juga dengan menitipkan produk makanan ringan makaroni kamu ke kantin atau koperasi sekolah.

2. Penyiar

Sumber : linuxbusinessexpo.com

Buat kamu yang suka berbicara panjang lebar, ngobrol dengan orang lain atau bertemu orang baru, memilih pekerjaan sampingan menjadi penyiar adalah pilihan yang tepat. Untuk menjadi bagian dari pekerjaan ini kamu bisa memulainya dengan mencari stasiun radio di daerah kamu, apakah mereka membuka lowongan untuk penyiar radio untuk jam siaran sore atau malam.

Selain itu, kamu bisa mencari tahu infonya lewat website radio-radio yang kamu inginkan. Jika mereka membuka lowongan maka biasanya mereka akan mencantumkannya di website mereka. Banyak keuntungan yang bisa kamu saat menjadi penyiar radio, bukan hanya tambahan uang jajan, melainkan juga pengalaman dan teman-teman baru.

3. Usaha Sampingan Jual Pulsa

Sumber : ramlyhaba.com

Usaha sampingan ini bisa dibilang usaha yang paling sering dilakukan oleh pelajar. Sebab di era digital ini handphone sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok manusia. Jadi kebutuhan pulsa juga meningkat apalagi bagi kalangan pelajar. Maka peluang ini bisa kamu manfaatkan.

Untuk menjadi agen penjual pulsa ini, kamu cukup daftar di agen pulsa terdekat, atau bisa juga mencari agen pulsa melalui internet. Jika melalui internet jangan lupa untuk siapkan handphone pastinya, nomor rekening dan uang pendaftaran.

Sekarang ini siapapun akan membutuhkan pulsa seluler karena sudah menjadi kebutuhan pokok yang sulit untuk ditinggalkan. Usaha sampingan menjula pulsa juga tidak memerlukan sarana yang besar ataupun mahal. Cukup memanfaatkan smartphone dan mendaftarkannya pada distributor pulsa elektrik. Sebagai awalannya kamu bisa menawarkan usaha kamu ini ke teman kelas, tetangga, dan saudara kamu.

4. Usaha Sampingan Guru Privat

Sumber : geklaw.com

Manfaatkanlan kecerdasan dan kepintaran kamu dalam bidang atau mata pelajaran untuk usaha sampingan menjadi guru les bagi pelajar dengan jenjang dan kelas di bawah kamu. Kalau kamu punya prestasi di bidang akademik ini akan menjadi modal yang bagus. Karena orang tua para calon murid kamu ini akan lebih percaya dengan jasa yang kamu tawarkan.

Kamu bisa mulai menawarkan jasa mengajar ke para orang tua yang punya anak masih sekolah di sekitar rumah. Seperti mengajarkan bahasa inggris, matematika, IPA, IPS, bahasa Indonesia, dan lain-lain. Kamu bisa memilih jadwal di sore hari sebanyak dua kali dalam seminggu atau tergantung kesepakatan bersama. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jasa ini ke teman kelas kamu yang merasa kesulitan dalam beberapa mata pelajaran. Ibarat belajar kelompok tapi kamu yang jadi mentor mereka.

5. Micro Influencer

Sumber : freepick.com

Sekarang adalah masa di mana hampir semua orang menggunakan sosial media salah satunya adalah Instagram. Begitu populernya Instagram membuat banyak orang menjadikannya ladang untuk mencari rezeki. Tidak harus menjadi selebriti Instagram atau lebih dikenal dengan selebgram yang punya ratusan ribu pengikut. Walau hanya beberapa ribu followers saja kamu juga sudah bisa memulai usaha sampingan endorsement sebagai micro influencer.

Perlu kamu ketahui bahwa sekarang ini berbagai perusahaan mulai tertarik untuk menerapkan strategi micro-influencer dengan menggandeng akun kecil yang memiliki 1.000-10.000 followers. Tarif endorse memang murah, tapi lumayan untuk menambah pemasukan. Pasanglah strategi supaya kamu bisa mendapatkan tawaran endorsement dari produk-produk lokal di daerah kamu. Karena hal ini akan berdampak lebih efektif supaya produk yang kamu endorse mendapat paparan yang lebih luas.

6. Content Creator

Sumber : brilio.net

Kamu punya minat yang tinggi dalam memproduksi konten-konten kreatif? Seperti konten video, foto, visual grafis, dan suara? Menjadi content creator adalah pilihan yang tepat! Kamu bisa memulai menjadi content creator dengan menentukan jenis konten dan platform apa yang akan kamu produksi.

Misalnya kamu punya minat dan kemampuan untuk memproduksi konten video. Maka platform yang bisa kamu gunakan adalah YouTube dan Instagram. Selanjutnya tentukan tema konten yang menjadi ciri khas konten yang kamu produksi. Misalnya tema konten kamu adalah social experiment. Kemudian tentukan konten seperti apa yang akan kamu buat sesuai tema besarnya. Angkatlah isu yang sedang hangat dibicarkan. Supaya traffict channel kamu naik dan bisa mendapatkan adsense!

Itulah 6 peluang usaha sampingan pelajar yang bisa kamu coba. Aturlah waktu kamu dengan sebaik mungkin dengan memprioritaskan mana yang terlebih dulu harus kamu kerjakan, serta berani mengambil risikonya. Salam sukses! Masih banyak ide lain yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan dengan bisnis sampingan dengan klik di sini

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba