7 Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan

Peluang usaha di desa pada dasarnya sangat beragam. Tapi masih sedikit orang yang belum bisa memanfaatkan peluang usaha di desa dengan maksimal. Padahal kesuksesan dalam berbisnis bisa didapatkan di mana saja selama bisa membaca peluang dan membuat perencanaan bisnis yang baik.

7 Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan
Sumber : timeout.com

Peluang Usaha di Desa

Tapi tidak dipungkiri bahwa peluang usaha di desa tidak seluas di perkotaan. Meski demikian bukan berarti memulai usaha di desa adalah sebuah hal yang mustahil. Apabila kamu adalah karyawan yang sedang berada di kampung halaman karena dirumahkan oleh perusahaan maka memulai usaha di desa tempat kamu tinggal adalah hal yang tepat. Jangan berkecil hati untuk kembali ke kampung halaman karena dirumahkan oleh perusahaan. Justru di saat seperti inilah kamu harus pandai memanfaatkan peluang dan berjuang lebih keras lagi.

Peluang usaha rumahan di desa bisa dimanfaatkan untuk membawa kehidupan ekonomi kamu menjadi lebih baik setelah dirumahkan oleh perusahaan. Sebab saat ini wilayah pedesaan bukanlah tempat terpencil yang identik dengan keterbatasan peluang kerja, kemiskinan, dan ketertinggalan pada teknologi. Saat ini desa sudah lebih terbuka dengan kemajuan.

Perkembangan teknologi komunikasi termasuk juga jaringan internet adalah faktor kuat yang bisa menciptakan peluang usaha rumahan di desa. Kemajuan teknologi internet mebuat desa sudah tidak lagi tertinggal jauh dari kota. Bahkan desa memiliki komoditas yang justru tidak dimiliki oleh wilayah kota. Beragam usaha di desa dapat dikembangkan dengan bisnis modal kecil dengan keuntungan yang menjanjikan. Hal tersebut tentu bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha di desa. Berikut beberapa ide usaha di desa yang potensial untuk dikembangkan.

Ide Usaha di Desa

1. Usaha Jasa Desain dan Percetakan

Sumber : retaildesignblog.net

Saat ini makin banyak orang yang membutuhkan jasa desain utuk undangan, spanduk, papan nama, kartu nama, dan desain lainnya. Biasanya desain dibutuhkan untuk keperluan usaha serta kegiatan tertentu seperti pernikahan atau kegiatan lain. Membuat usaha jasa desain sekaligus percetakan di desa adalah peluang usaha yang bisa kamu kembangkan.

Bisnis ini bisa kamu kembangkan dengan merambah pada jasa penulisan atau ketik, fotokopi, dan printing. Dalam satu usaha kamu bisa mendapatkan konsumen yang beragam mulai dari fotokopi, jasa desain, percetakan, jilid, dan pengetikan dokumen. Hal yang harus dimiliki saat memulai usaha ini adalah punya kemampuan desain dan modal untuk investasi mesin cetak. Untuk kemampuan desain saat ini sudah ada banyak tutorial video dan aplikasi gratis yang bisa kamu manfaatkan.

2. Usaha Pom Mini

Sumber : law-justice.co

Biasanya akses kendaraan dari desa ke pom bensin cukup jauh. Kondisi ini bisa kamu manfaatkan dengan mendirikan pom bensin mini. Usaha rumahan di desa merupakan jenis kemitraan waralaba atau franchise. Pom bensin mini lebih aman dibandingkan dengan menjual bensin eceran dalam botol. Sebab bisnis waralaba ini akan menyediakan mitranya berupa booth yang diisi dengan tabung anti pecah. Terdapat juga selang dan meteran angka untuk menyesuaikan harga dan penghitung volume bensin yang dikeluarkan.

Semakin jauh lokasi pom mini kamu dengan stasiun pengisian bahan bakar akan memperbesar peluang kamu mendapatkan banyak konsumen. Sebab kebutuhan akan bahan bakar kendaraan saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat desa. Dimana mobilitas masyarakat desa sekarang sudah memanfaatkan kendaraan bermotor. Usaha ini bisa dengan memanfaatkan halaman depan rumah kamu.

3. Toko Serba Ada

Sumber : primer.com

Di wilayah pedesaan biasanya sulit untuk bisa memperoleh barang dan kebutuhan pokok dalam satu tempat. Untuk berbelanja kebutuhan pokok biasanya akan pergi ke pasar atau rela pergi ke retail di wilayah perkotaan untuk sekaligus belanja kebutuhan lain. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis Toserba atau Toko Serba Ada.

Kamu bisa menyediakan bahan sembako atau sembilan bahan pokok seperti beras, gula, garam, minyak, telur, gas, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Selain itu barang lain seperti snack, jajanan, minuman dingin, es krim, dan makanan ringan lain akan membuat tokomu semakin menarik banyak konsumen. Sediakan juga barang grabah untuk peralatan rumah tangga. Semakin komplit barang yang kamu sediakan semakin banyak pula konsumen yang akan berdatangan. Pastikan juga usaha toberba kamu memperhatikan desain bangunan dan tata letak toko buatlah semenarik mungkin.

4. Usaha Konter Pulsa

Sumber : googleusercontent.com

Seperti halnya pom bensin biasanya akses dari wilayah desa menuju konter pulsa cukup memakan waktu. Padahal kebutuhan masyarakat sekitar akan pulsa sangat penting. Terutama untuk komunikasi baik sms, telpon, hingga kebutuhan paket data supaya bisa mengakses internet. Dalam membuat usaha konter pulsa sediakan juga paket internet dari provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat setempat dan jaringannya kuat.

Selain itu usaha konter pulsa ini juga bisa kamu tambahkan layanannya menerima jasa pembayaran rekening listrik, tagihan BPJS, transfer ke rekening bank, dan pembayaran digital lain. Cukup manfaatkan teras rumah kamu dengan menyediakan etalase kaca dan kursi plastik untuk membuka konter pulsa.

5. Usaha Makanan dan Minuman Kekinian

Sumber : dream.co.id

Kemungkinan besar produk-produk makanan dan minuman kekinian belum ada di wilayah pedesaan. Tapi tentunya kemungkinan besar mereka sudah terpapar oleh produk-produk tersebut melalui internet. Untuk mendapatkannya juga harus mengeluarkan biaya yang lebih yaitu dengan pergi ke kota. Kamu bisa memanfaatkannya untuk usaha makanan atau minuman kekinian.

Bisa dengan menjadi mitra usaha waralaba atau bisa juga dengan berinovasi membuat produk baru. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah dengan membranding produk makanan atau minuman yang kamu jual. Mulai dari desain kemasan, jenis kemasan, dan varian rasa yang kamu sediakan.

6. Bimbel

Sumber : oxfordschoolofenglish.com

Bimbingan Belajar atau biasa disingkat bimbel ini adalah jasa pendidikan yang masih jarang ditemukan di wilayah pedesaan. Tidak sedikit loh orang tua yang memberikan bimbingan belajar untuk anaknya sampai rela menempuh jarak yang jauh. Sebab pendidikan adalah kebutuhan yang sangat penting. Dari sini kamu bisa memanfaatkan peluang untuk mendirikan usaha yaitu jasa bimbel.

Kalau latar belakang kamu adalah di bidang pendidikan, kamu bisa membuka jasa bimbel dengan segmentasi mulai dari anak sekolah dasar, menengah pertama, sampai menengah atas. Misal pun bukan kamu bisa bekerja sama dengan rekan atau pemuda setempat yang punya latar belakang di bidang pendidikan. Pastikan bisnis kamu ini bukan hanya berorientasi pada keuntungan ya, tapi juga manfaat dan dampak positifnya terhadap kualitas pendidikan.

7. Manfaatkan Potensi Desa

Sumber : destinasiadi.wordpress.com
Sumber : destinasiadi.wordpress.com

Coba amati dan analisislah potensi apa yang dimiliki oleh desa tempat kamu tinggal. Semisal desa kamu berada di wilayah pegunungan, kamu bisa memanfaatkan wilayah desa untuk membuat spot foto kekinian dengan latar pemandangan pedesaan yang indah. Mengingat di era sosial media saat ini orang-orang rela mengeluarkan biaya banyak untuk pergi ke suatu tempat dan bisa mengunggah foto sebagai konten di akun media sosialnya.

Sudah banyak desa wisata yang tercipta karena memanfaatkan potensi yang ada. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan komoditas yang ada di desa. Seperti hasil perkebunan yang bisa kamu olah menjadi makanan dan minuman siap konsumsi. Bisa keripik, manisan, dan sirup tradisional. Manfaatkan media sosial sebagai media promosi untuk menarik banyak orang dari luar desa supaya datang dan membeli produk khas dari desa kamu.

Itulah peluang usaha rumahan di desa yang bisa kamu coba. Berawal dari modal kecil usaha rumahan di desa ini bisa mendatangkan keuntungan dan manfaat yang besar selama kamu bekerja keras untuk memperjuangkannya. Salam sukses, terus semangat untuk berkembang dan menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Kalau kamu ingin memulai bisnis dengan modal kecil dan mendapat bimbingan bisnis, kamu bisa bergabung menjadi mitra bisnis waralaba dengan klik di sini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba