Apa Aja Kekurangan dan Kelebihan Pinterest Untuk Bisnis?

Banyak yang menanyakan apa kekurangan dan kelebihan pinterest untuk bisnis? Nah sosial media pinterest ini sudah lumayan banyak digunakan untuk kegiatan bisnis. Namun tak sedikit pula yang belum mengenal pinterest, terutama digunakan untuk kegiatan berbisnis.

Banyak pula yang sudah mengetahui apa itu pinterest namun juga masih ragu untuk menggunakannya sebagai media promosi untuk berbisnis. Tak sedikit pula yang masih bertanya – tanya apa kelebihan dan kekurangan pinterest untuk berbisnis. Nah untuk itu akan kita jabarkan apa saja kelebihan dan kekurangan pinterest untuk bisnis.

Sebelumnya untuk mengenal lebih jauh pinterest kita akan bahas mulai dari pinterest apa itu pinterest, manfaat ada fitur apa saja dan juga kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh pinterest ini. Cara mudah untuk mengenali pinterest ini adalah keunikanya yang mana apabila facebook dan twitter dipilih karena pengguna dapat membuat status singkat melalui teks.

Pada pinterest ini tertuang dalam bentuk foto yang disebut dengan pin dan koleksi disebut dengan board. Pinterest di Indonesia ini memang tak setrend facebook dan twitter. Namun aplikasi ini sangat terkenal dikalangan para kaum hawa. Memang bagi para sebagian kaum hawa menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan pribadi. Namun tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk kegiatan berbisnis. Begini manfaat sosial media ini untuk bisnis.

Manfaat Pinterest Untuk Bisnis

Media Promosi

Pinterest sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk secara spesifik. Para pengguna bisa mengisi board dengan produk untuk memudahkan dan menentukan produk yang akan dibeli.

Menambah Kepercayaan Calon Pembeli

Salah satu media yang memberikan kepastian pada konsumen tentang kualitas produk yang dijual. Para pebisnis juga mengumpulkan testimoni melalui board yang telah disediakan. Sehingga akan memberikan nilai kepercayaan pada calon konsumen.

Memudahkan Menjelaskan Produk

Memudahkan para pelaku bisnis untuk menjelaskan produk yang dijual melalui gambar. Dengan adanya tutorial mulai dari proses awal hingga akhir lalu dikumpulkan pada satu board.

Branding

Manfaat lainnya adalah sebagai branding, brand adalah salah satu hal penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya brand ini masyarakat akan dengan mudah mengenali produk dan kualitas produk. Sehingga brand tersbeut mempu meningkatkan produktifitas penjualan.

Fitur Pinterest Untuk Bisnis

Koleksi dan Berbagi Foto

Fitur yang ada pada pinterest ini tempat berkumpulnya koleksi foto dari situs tertentu. Dengan memasang browserbutton maka para pengguna dapat mengumpulkan foto favorit kemudian membagikan pada pengguna lain.

Pesan

Pesan merupakan salah satu fitur dari pinterest yang cukup menarik, pada fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan pin ke pengguna lain yang telah dipilih. Atau sama fungsinya untuk saling berkomunikasi dengan para pengguna lainnya.

Pertemanan

Fitur yang satu ini adalah fitur yang standart dan dimiliki oleh semua sosial media. Namun berbeda dengan aplikasi lainnya, pinterest ini dapat membuat keputusan untuk mengikuti board tanpa harus mengikuti pengunggah pin.

Love atau Like

Pada fitur ini sama halnya pada instagram untuk menyukai sebuah postingan atau pin tertentu. Pada pinterest ini disediakan pada satu baris dengan tombol pin dan send.

Kelebihan dan Kekurangan Pinterest Dalam Bisnis

Selain beberapa manfaat pinterest untuk kegiatan bisnis serta fitur apa saja yang ada pada pinterest yang sangat mendukung untuk kegiatan bisnis. Tentu pinterest memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut ini kita akan bahas apa saja kekurangan dan kelebihan dari pinterest. Untuk yang pertama kita akan bahas mengenai apa saja kelebihan dari pinterest.

Selain beberapa manfaat pinterest untuk kegiatan bisnis serta fitur apa saja yang ada pada pinterest yang sangat mendukung untuk kegiatan bisnis. Tentu pinterest memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut ini kita akan bahas apa saja kekurangan dan kelebihan dari pinterest. Untuk yang pertama kita akan bahas mengenai apa saja kelebihan dari pinterest.

Kelebihan Kekurangan Pinterest

Dengan menggunakan pinterets sebagai media promosi memang cukup menarik. Disini kamu bisa mengunggah banyak foto dan video produk untuk dibagikan pada pengguna pinterest lainnya.

Dalam mengunggah sebuah promosi kamu bisa membuat channel kategori pin yang mana memudahkan antara pin tentang teknologi, pendidikan, hiburan dan masih banyak lagi. Dan yang lebih menariknya lagi pinterest ini sudah terintegrasi dengan facebook dan twitter.

Audience pinterest lebih dominan oleh kaum hawa, meskipun para pengguna pria juga mulai berkembang. Namun lebih didominasi oleh para kaum hawa. Untuk para pebisnis fashion wanita sangat cocok sekali menjadikan pinterest sebagai target untuk digunakan sebagai media untuk promosi. Mengingat target pasarnya adalah kebanyakan adalah kaum hawa maka dengan menggunakan pinterest ini bisa menjadi pilihan paling cerdas.

Pinterest menjadi salah satu media yang cukup efektif digunakan untuk promosi. Hal tersbeut karena aplikasi ini memiliki para pengguna paling aktif yakni mencapai 200 juta pengguna. Rata – rata paling banyak pengguna aktifnya adalah para anak muda dalam rentan usia sekitar 18-29 tahun hingga 30 tahun keatas. Bukankah sangat efektif untuk kegiatan bisnis dan promosi? Dan yang lebih menariknya lagi rating tertinggi pengguna aktifnya adalah para sarjana atau bahkan lebih tinggi lagi.

Pada aplikasi pinterest ini memprioritaskan berbagai tautan dan penyimpanan. Pada aplikasi pinterest ini kamu tidak perlu menggunakan tagar agar muncul didepan target. Sehingga untuk menaikkan promosi tak perlu adanya tagar, karena fungsi tagar yang digunakan pada pinterest tidak ada gunanya. Hal ini karena printerest lebih mengandalkan share link url.

Kekurangan Pinterest

Memang belum begitu banyak para pengguna pinterest ini meskipun aplikasi ini sudah hadir cukup lama. Hal ini dikarenakan belum banyaknya para pelaku bisnis yang mengenal dan yakin menggunakan aplikasi ini. Tentu ini bukan tanpa alasan, masih ada beberapa fitur yang cukup membingungkan untuk pengguna baru. Sehingga tidak semua orang dapat dengan mudah menggunakannya.

Spam adalah salah satu kegiatan yang cukup menganggu pemandangan. Salah satu kekurangan dari pinterest ini adalah adanya spam yang cukup banyak dan merajalela dimana – mana.

Memang pinterest merupakan aplikasi yang tidak mudah digunakan, terutama bagi para pengguna baru yang notabene orang yang lebih tua. Beberapa fitur masih membingungkan. Penggunaanya pun untuk promosi masih kurang populer seperti facebook twitter.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat, dan juga kelebihan dan kekurangan pinterest untuk bisnis. Semoga bermanfaat :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba