Apa Aja Sih Manfaat Pinterest Untuk Promosi Bisnis ?

Apasih manfaat pinteres dalam dunia bisnis? Bisnis pada zaman sekarang ini tergantung pada sebuah iklan. Semakin gencar dan kreatif iklan dan promosi yang dilakukan maka akan semakin berhasil dan meningkat penjualannya. Salah satu media sosial yang biasa dimanfaatkan salah satunya adalah pinterest.

Kemunculan pinteres mampu memberikan warna bagi dunia periklanan. Pinterest digunakan sebagai alat untuk promosi dan iklan. Media sosial ini menjadi salah satu media yang paling populer yang juga paling aktif penggunanya. Media sosial ini juga dinilai cukup ampuh dan efektif untuk membantu melakukan pemasaran. Banyak para pelaku bisnis yang menjajal membuktikanya dan hasilnya pun cukup mencengangkan.

Mengenal Pinterest dan Fiturnya

Memang media sosial apapun apabila kita mampu memaksimalkan maka hasilnya akan memuaskan. Tak terkecuali dengan pinterest ini, media sosial ini bisa menjadi media yang patut kamu coba untuk meningkatkan penjualan pula. Jika dilihat memang belum banyak para pelaku bisnis Indonesia yang memanfaatkan media sosial ini.

Namun ini mungkin karena faktor ketidaktahuan. Banyak yang belum mengetahui dan mengenal pinterest ini untuk bisnis. Padahal jika mau benar – benar mempelajari dan memanfaatkanya hasilnya tak akan sia – sia. Nah sebelum kita membahas mengenai manfaat pinterest kita kenalan dulu apa itu media sosial pinterest.

Pinterest merupakan salah satu media virtual pinboard yang mana bisa mengungah foto maupun gambar yang bisa dimasukkan dalam sebuah kategori album atau folder. Media sosial ini memang terbilang baru namun hasilnya pun juga memuaskaan.

Penggunaan pinterest ini juga cukup mudah, hanya mengupload gambar yang disertai deskripsi produk. Dengan begitu pengguna lain bisa melihat produk yang kamu jual. Memang tidak semerta – merta dalam membuat iklan bisa asal. Pastikan kamu membuat konten yang menarik, kreatif dan juga unik.

Fitur – Fitur Dalam Pinterest

Setelah mengenal apa itu pinterest selanjutnya kita akan mengenal lebih dalam tentang fitur yang ada pada pinterest. Berikut ini adalah 3 fitur pada pinterest yang harus kamu ketahui, diantaranya :

Pin
Fitur yang satu ini merupakan fitur gambar yang bisa dipilih seseorang untuk disimpan dalam pinterest. Salah stau fungsi dalam fitur ini kamu bisa memasukkan link didalamnya.

Board
Dengan fitur yang satu ini kamu bisa mensortir pin yang dibuat, pastikan jika kamu membuat board atau papan yang sesuai dengan produk yang kamu jual atau berhubungan erat dengan bisnismu.

Feed
Tak berbeda jauh dengan media sosial lainnya, keberadaan feed ini merupakan umpan balik yang isinya merupakan kumpulan tautan dan konten dari para pengguna lain yang sama menggunakan pinterest.

Nah beberapa 3 fitur tersebut merupakan salah satu penunjang untuk membantu memasarkan produk di pinterest. Seelah itu kita bakal bahas mengenai manfaat media sosial pinterest ini bagi sebuah bisnis yang harus kamu ketahui.

Manfaat Pinterest Untuk Bisnis

Media Promosi

Salah satu manfaat dari media sosial pinteres ini adalah digunakan dalma bidang bisnis untuk promosi. Banyak para pelaku bisnis yang menggunakan media sosial ini sebagai wadah untuk memperkenalkan produknya. Dengan adanya bantuan dari fitur board akan sangat membantu memudahkan para pengguna menemukan produk kamu.

Media Pemberi Kepastian

Manfaat selanjutnya yakni sebagai media atau wadah pemberi kepastian dan kepercayaan, yang mana konsumen bisa tahu dan percaya akan kualitas produk yang kamu jual. Para pelaku bisnis juga bisa mengumpulkan bukti testimoni dari konsumen yang puas dengan produk maupun pelayanan serta pelanggan yang sudah melakukan transaksi melalui fitur board.

Pastikan juga bila testimoni yang ada dengan gambar produk untuk memberikan kepercayaan lebih terhadap para calon konsumen yang melihat iklanmu ini. Kamu pun juga bisa melaukan tag akun sosmed dengan pinterest agar keduanya saling terhubung. Kemudian kamu pun bisa mengcapture dan menguploadnya dalam akun pinterest agar para calon konsumen lebih tertarik dan percaya dengan produkmu.

Mengenalkan Produk

Pinterest ini sangat bermanfaat dan membantu untuk menjelaskan produk yang kamu jual melalui gambar. Misal mengenai cara memesan produk secara online. Semua bisa dengan mudah dipahami oleh para pengguna lainnya asalkan kamu mampu menyajikan gambar berisi panduan lengkap atau tutorial dari proses awal sampai akhir. Lalu kemudian kamu bisa mengumpulkan gambar pada pinterest dengan satu board.

Branding

Pada sebuah bisnis branding merupakan salah satu hal terpenting, manfaat sebuah branding adalah membantu untuk memaksimalkan penawaran produk. Dengan adanya branding maka pengguna dan para calon pembeli akan dengan mudah mengenali produk serta kualitas produk. Dengan begitu brand dapat meningkatkan penjualan yang mendatangkan keuntungan yang meningkat.

Bergabung Di Grup Board

Salah satu wadah atau tempat untuk berinteraksi adalah dengan adanya grup. Pada saat kamu bergabung dnegan grup board pinterest kamu akan lebih memiliki lebih besar kesempatan untuk mengup pengikut dengan waktu yang cukup cepat. Sehingga pengguna lain bisa melihat pin dan juga board pada akun pinterestmu.

Pengunaan Waktu

Penggunaan waktu yakni cara memanfaatkan waktu untuk mengupload konten yang kamu buat. Meskipun dianggap sepele namun nyatanya sangat berpengaruh pada target. Apabila kamu upload konten pada jam sibuk tentu konten tidak akan dilihat. Maka sebaliknya jika kamu memperhatikan jam dan waktu yang tepat saat mengupload konten maka tentunya akan tepat sasaran dan dilhat banyak orang.

Sekian dulu pembahasan kita mengenai manfaat pinterest sebagai media untuk meningkatkan penjualan bisnis. Dapatkan strategi pemasaran lainnya hanya diwebsitenya BisnisUKM. Akan ada artikel menarik lainnya yang update setiap harinya.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba