Apa Yang Membuat Branding Produk Itu Penting Bagi Pelaku Usaha?

Branding produk tidak hanya sekedar merek atau logo saja. Namun bisa kita pahami sebagai upaya untuk menciptakan presepsi masyarakat tentang kualitas produkmu. Brand adalah kombinasi lengkap yang dibayangkan oleh seseorang ketika mendengar nama produk.

Sehingga branding produk bisa diartikan sebuah misi yang berfungsi untuk menciptakan identitas pada produk. Brand bisa menjadi kekuatan nilai produk yang membedakan dengan produk pesaing. Selain itu fungsi branding agar produk mudah diingat dan menarik konsumen.

Branding Produk Kunci Permasalahan Pelaku Usaha Ditengah Pandemi

Permasalahan yang sering dihadapi para pelaku usaha adalah kurangnya kesiapan serta persiapan dalam membangun sebuah usaha. Sehingga pegembangan produk tidak dikonsep secara matang. Kurang dalam merencanakan keuangan , menajemen waktu, hingga pada masalah pemasaran.

Tujuan dari menyiapkan branding produk adalah mengantisipasi agar tidak terjadi kesalahan dan hanya terfokus dalam penjualan dan pembuatan produk. Ditambah era pandemi seperti sekarang. Banyak pelaku usaha yang terpaksa harus menutup usahanya. Sebab permintaan konsumen yang menurun drastis.

Satu dari beberapa usaha yang mampu bertahan dimasa sulit seperti sekarang ini. Sebab banyak para pelaku usaha yang kemungkinan tidak mempersiapkan strategi untuk menghadapi permasalahan seperti sekarang ini.

Maka branding menjadi kunci utama dalam membantu menaikkan produk. Dengan memaksimalkan promosi produk dibeberapa platform digital. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan nantinya adalah kemudahan dalam adaptasi dalam situasi seperti sekarang.

Tips Branding Produk Agar Bertahan Dipasaran

Kualitas Produk

Produk yang dibuat dari perusahaan besar yang sudah punya nama tentunya lebih banyak dipilih. Berbeda dengan produk yang dibuat dari perusahaan yang masih kecil. Hal ini bisa terlihat dari dari cara konsumen lebih memilih salah satu merek ternama.

Sedangkan produk dengan merek yang belum begitu besar kurang dipilih. Tentunya kualitas produk sangat penting untuk membuat branding semakin kuat. Tingkat kepuasan konsumen ditentukan pada kualitas produk. Sehingga kualitas produk yang baik akan menjadi nilai tambah.

Menentukan Gaya Brand

Untuk membentuk branding produk perlu untuk menekankan karakter dai rpoduk sendiri. Baik dari segi warna kemasan produk maupun font yang digunakan. Selain nama dan logo brand maka penting dalam menentukan penampilan kemasan.

Identitas Perusahaan

Dimulai dari identitas perusahaan dengan mengenali karakter yang akan ditonjolkan oleh brand. Sampaikan dengan cara yang lebih sederhana sehingga konsumen akan lebih mudah diingat. Perlu kamu ketahui untuk membuat branding produk maka dalam membuat nama perlu memperhatikan beberapa hal seperti.

Pilih nama brand produk yang mudah diingat konsumen. Kamu bisa menggunakan nama brand produk yang tidak asing diucapkan konsumen. Sehingga produk mudah diingat dan bakalan mendongkrak nama brand kamu. Usahakan untuk tidak membuat nama brand terlalu panjang dengan maksimal 3 pemenggalan kata.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kata yang unik. Ditambah lagi dengan pemilihan logo yang sesuai akan sangat mendukung menaikkan brand. Pemilihan warna dan detail cukup berpengaruh. Maka dalam memilih warna dan pemilihan logo harus memiliki filosofi.

Sesuaikan Nama Brand Dengan Target Pasar

Untuk menentukan nama brand harus menyesuaikan dengan target pasar yang akan dibidik. Misalnya saja kamu ingin menekuni bisnis fashion anak-anak. Maka kamu bisa menggunakan nama yang paling cocok.

Bisa menggunakan nama yang berhubungan dengan anak-anak atau nama-nama yang gemas. Misalnya saja babycuan, boogybaby, libby dan lain sebagainya.

Upgrade Kemasan Menarik

Kemasan menunjang produk semakin terlihat berkualitas. Desain kemasan yang menarik dan unik juga bisa menunjang penjualan produk. Pada saat konsumen membeli produk tidak hanya melihat isi didalamnya. Namun lebih pada kemasan yang berkualitas dan detail informasi.

Itulah mengapa kemasan turut menciptakan rasa percaya diri konsumen. Namun kemasan yang menarik dan unik saja tidak cukup. Perkembangan teknologi berubah dengan sangat cepat. Sekarang pun tren pemasaran sudah beralih pada platform digital.

Kemasan pun juga mengikuti perkembangan kedua hal tersebut. Kemasan tidak cukup sekedar menarik. Namun juga terus berkembang sesuai dengan trend pasar. Sebab jika tidak produkmu tidak akan bisa terus bersaing dipasaran.

Iklan Produk

Produk semakin banyak dikenal oleh masyarakat maka akan semakin meningkat citranya. Sehingga masyarakat banyak yang akan meningkatkan rasa kepercayaan untuk memilih membeli produk tersebut. Salah satu cara untuk memperkenalkan produk adalah dengan iklan.

Tak sedikit para pelaku usaha yang mengupayakan segala cara untuk bisa beriklan di berbagai platform. Iklan digital sekarang ini lebih digencarkan sebab untuk menjangkau sasaran yang lebih luas. Maka pentingnya konsisten untuk terus iklan diberbagai platform marketplace dan sosial media.

Rutin Ikuti Bazar atau Pameran

Cara paling efektif lainnya untuk branding produk adalah dengan rutin mengikuti berbagai pameran. Biasanya banyak instansi yang menyediakan ruang bagi para pelaku UMKM untuk mengelar produknya dalam setiap event yang diadakan.

Dengan rutin mengikuti kegiatan pameran maka akan semakin banyak masyarakat yang akan mengenal produkmu. Untuk mendapatkan informasi kegiatan pameran UMKM ini memang harus jeli. Maka harus pintar-pintar dalam mencari celah dan link untuk dapat mengikuti.

Konsisten Brand

Ketika usahamu sudah semakin berkembang tentunya kamu akan mengganti tujuan, visi dan misi dari usahamu. Bahkan tak sidikit yang mengganti logo produk. Bukan tidak diperbolehkan namun jangan terlalu sering mengganti.

Sebab merek yang sudah dikenal masyarakat akan terus melekat dalam pikiran mereka. Jadi ketika kamu ingin melakukan perubahan usahakan telah melakukan beberapa pertimbangan dan telah lebih dulu melakukan riset.

Branding adalah salah satu cara untuk membuat produkmu tidak tergantikan dan tergeser dengan produk lainnya. Ciri khas menjadi identitas produkmu yang merupakan faktor penting ketika akan melakukan branding produk.

Jadi branding produk itu cukup penting bagi pelaku usaha. Tidak hanya berdiam diri dalam zona nyaman, usaha hanya sekedar usaha. Sebab pelaku usaha yang kini sudah memiliki nama besar bisa bertahan dan menang dalam persaingan pasar adalah merela yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha UMKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment