24 Jam Masih Kurang? Simak Tips Manajemen Waktu Buat Pebisnis

Manajemen waktu dalam menjalankan bisnis cukup penting peranannya. Sebab ketika perusahaan ingin mencapai sebuah tujuan. Sebagai seorang pebisnis tentu saja harus mempunyai wawasan yang luas, tanpa terkecuali dalam hal manajemen waktu.

Pasalnya, manajemen adalah hal penting yang tidak dapat dipisahkan dengan semua hal yang berhubungan dengan bisnis. Melalui sebuah manajemen yang tepat maka sebuah bisnis dapat berjalan sesuai dengan target dan mendapat keuntungan yang berlipat.

Salah satu ilmu manajemen yang harus dikuasai pengusaha atau pebisnis adalah manajemen waktu. Dengan menjalankan manajemen waktu dengan baik maka seseorang akan menjadi seorang pengusaha yang profesional seiring dengan berjalannya waktu.

Tidak hanya itu saja, para pebisnis yang berhasil menggunakan waktunya dengan tepat maka mereka tidak akan menemui kesulitan ketika menjalankan bisnis. Pasalnya, menerapkan manajemen waktu dengan baik akan membuat pebisnis semakin mudah dalam meraih kesuksesan.

Jurus Jitu Sukses Manajemen Waktu 

Itu sebabnya, sebagai pebisnis juga perlu mengatur waktu menjadi seefektif mungkin.

Passion

Ada kalanya kamu hanya mengerjakan sesuatu hal tanpa mengetahui tujuan maupun manfaatnya. Salah satu alasannya mungkin karena itu bukan passionmu sehingga kamu tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Kini saatnya kamu mengubah semuanya, cobalah untuk mengetahui passionmu sebelum memulai pekerjaan. Hal ini tentu saja akan membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari saat bekerja.

Mulailah to do list

Dimulai dari membuat to do list apa yang akan dikerjakan hari ini. Menuliskan sebuah jadwal merupakan salah satu cara paling tepat yang dapat membantumu. Kamu dapat menuliskan sebuah rentetan pekerjaaan yang harus kamu selesaikan saat itu juga.

Hal ini akan membuatmu menjadi disiplin dalam mengatur waktu ketika tahu bahwa kamu harus tetap bekerja dan menyelesaikan tugas tersebut. Tanpa mempengaruhi pekerjaan selanjutnya. Kerangka pekerjaan yang bisa kalian buat seperti jadwal.

Dengan jadwal tersebut tentu kalian bisa mulai membuat jadwal apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Merancang kegiatan yang akan dilakukan akan membantu mencapai target. 

Memilih Prioritas 

Memilih prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan adalah point yang harus disoroti. Untuk melihat pekerjaan mana yang harus diprioritaskan pilih pekerjaan yang paling dekat dengan deadline.

Kemudian jadikan daftar tersebut dalam daftar pekerjaan urutan pertama yang segera harus dikerjakan. Kemudian lakukan hal yang sama dengan list pekerjaan lainnya. Dengen begitu pekerjaan akan rapi dan bisa selesai sebagai mana mestinya. 

Mulai Lebih Awal

Memulai pekerjaan lebih awal akan lebih baik sebab hal tersebut bisa mengantisipasi jika ada hal yang tidak terduga. Dengan begitu pekerjaan bisa selesai lebih awal dari biasanya. Sehingga kamu pun jadi punya waktu lebih untuk memeriksa pekerjaan.

Punyai Cara Alternatif

Setiap pekerjaan yang dirasa sulit dikerjakan dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya bisa kamu cari cara alternatifnya. Penting bagimu untuk mengetahui mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu dan harus selesai.

Pada saat kamu mengalami kesulitan, kamu tidak boleh hanya diam. Namun, kamu harus mencari jalan keluar lainnya sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tanpa mengganggu pekerjaan lainnya.

Menentukan Dedline Pribadi

Setiap list pekerjaan pasti memiliki deadline tersendiri, ada yang memiliki waktu pendek dan ada yang memiliki waktu panjang. Biasanya kalau ada deadline pekerjaan panjang akan menunda dan santai saat diawal. Kemudian baru akan mulai dikerjakan saat di akhir-akhir deadline.

Hal tersebut nanti akan menjadi sebuah beban, maka sebaiknya kerjakan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Kemudian buat deadline pribadi, misalnya deadline sebenarnya 10 hari maka kamu harus menargetkan pekerjaan harus sudah selesai 1 atau 2 hari sebelum deadline.

Tidak Menunda Pekerjaan 

Seringkali menunda pekerjaan sebab dianggap ringan dan cepet untuk dikerjakan. Namun karena terlalu menganggap remeh akhirnya pekerjaan menjadi menumpuk. Akibatnya merusak jadwal pekerjaan yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Maka kerjakan pekerjaan sesuai dengan list yang sudah dijadwalkan.

Jangan sampai karena menyepelekan pekerjaan mudah dan ringan nantinya akan membuat kamu kualahan. Efeknya semua pekerjaan akan dilakukan secara asal dan terburu-buru. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi produktifitas kerjamu.

Sesuai Dengan Aturan

Jika kamu ingin menjadi pengusaha yang mempunyai hidup lebih teratur, mempunyai banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas, berarti kamu harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Misalnya saja ada saat menghadiri meeting.

Ikutilah aturan apa yang telah dibuat, seperti tidak datang terlambat dan lain sebagainya. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih disiplin dan tidak kehilangan banyak waktu untuk kegiatan yang lainnya.

Waktu Istirahat

Bekerja tekun dan giat sesuai dengan target memang bagus namun jangan kesampingkan masalah kesehatan. Kamu juga perlu memberikan waktu tubuh kalian untuk istirahat dari pekerjaan. Maka tidak salah kamu memberikan waktu pada tubuh untuk beristirahat.

Selain menjadawalkan waktu untuk istirahat kamu juga bisa menjadwalkan waktu untuk berlibur untuk men-charge pikiran. Namun ini juga harus dipertimbangkan. Apabila fisik lebih membutuhkan waktu untuk beristirahat lebih baik dirumah. Namun jika kamu membutuhkan waktu untuk refreshing kamu bisa mulai menjadwalkan waktu yang tepat.

Sebuah bisnis yang mempunyai jadwal yang baik akan dapat dengan mudah mencapai target sesuai dengan yang ditetapkan. Oleh sebab itu, jangan sampai waktumu dalam 24 jam terbuang sia-sia tanpa memperoleh hasil apapun. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

1 Komentar

Leave a Comment