Agrobisnis, Inspirasi Bisnis

Baru 10 Tahun Berdiri, Kabupaten Ini Sudah Patenkan Kopi Unggulannya!

baru-10-tahun-berdiri-kabupaten-ini-sudah-patenkan-kopi-unggulannya

Buah kopi robusta yang telah masak

Kabupaten Empat lawang merupakan Kabupaten Baru hasil pemekaran Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Empat Lawang bisa ditempuh sekitar 8 jam perjalanan dari kota Palembang menggunakan kendaraan roda empat.

Kabupaten yang baru berdiri10 tahun ini terkenal akan produk kopi robustanya yang dikenal dengan kopi Empat Lawang. Bahkan, produk kopi dari Kabupaten Empat lawang ini sudah dipatenkan melalui Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada April 2017 lalu. Pemerintah setempat berharap, dengan adanya pematenan ini kopi yang menjadi komoditas unggulan dari Kabupaten Empat Lawang bisa terlindungi dan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Kabupaten yang dipimpin oleh Syahril Hanafiah ini memiliki jumlah produksi kopi yang cukup besar, yaitu mencapai 26 ton setiap tahunnya, dengan luas areal kebun kopi yang mencapai 15.190 ha. Produk kopi di Kabupaten Empat Lawang mayoritas dihasilkan oleh empat kecamatan yang masuk kawasan Indikasi Geografis (IG) yaitu Kecamatan Talang Padang, Sikap Dalam, Ulu Musi, dan Lintang Kanan.

ternyata-kopi-starbucks-pun-menggunakan-kopi-asli-indonesia-ini

Menurut tim Ahli Indikasi Geografis Kemenkumham, nilai kopi robusta Empat lawang memiliki nilai sekitar 80% dan pemerintah setempat sedang bekerja keras dan optimis nilainya akan bisa tembus diatas 90%.

Kopi Empat Lawang memang dikenal dengan rasanya yang enak dan aromanya yang nikmat. Hal ini tak lepas dari budaya petani kopi disana yang hanya akan memanen biji kopi yang benar – benar sudah matang, yang ditandai dengan buah yang berwarna merah.

Selain dikenal karena rasanya yang luar biasa, kopi Empat Lawang juga dikenal dengan efeknya yang aman untuk lambung. Banyak yang mengaku jika kopi dari Kabupaten yang memiliki sloga “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati” ini tidak membuat mual maupun sakit perut bagi yang elergi meminum kopi, jadi kopi ini relatif aman untuk dikonsumsi siapa saja tanpa harus takut terjadi mual ataupun alergi.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Jika anda berkesempatan mengunjungi Sumatera Selatan, jangan lupa mampir ke Kabupaten Empat Lawang untuk membuktikan secara langsung kenikmatan kopi ini!

SHARE YUK!