Begini Caranya Memasarkan Produk Dengan Menggunakan Youtube

Memasarkan produk adalah suatu upaya yang dilakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Pada biasanya para pebisnis akan melakukan berbagai macam upaya demi mengembangkan bisnis mereka. Salah satu yang dilakukan adalah memasarkan produk demi memperluas jangkauan pemasaran. Nah jika kamu adalah salah satu pebisnis yang akan melakukan pengembangan bisnis maka perhatikan beberapa cara ini untuk memasarkan produk di era milenial.

Sudah berapa media sosial yang kamu cobain untuk memasarkan bisnis? Kemungkinan kamu sangat tidak asing dengan facebook, instagram, tiktok, pinterest, tiktok. Beberapa pebisnis menggunakan media ini sebagai media untuk pemasaran meningkatkan penjualannya. Nah salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan lainnya adalah youtube. Youtube menjadi salah satu media yang sekarang sedang naik daun dan digandrungi para pebisnis untuk memasarkan produknya. Kehadiran youtube ini memudahkan kita untuk berekspresi dan berkarya sesuai dengan kemauan kita.

Youtube ini pula merupakan sebuah media sosial yang disediakan secara gratis. Baik untuk kegiatan pribadi maupun untuk bisnis. Tak sedikit yang kini mulai mengandalkan youtube sebagai media untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan. Tak sedikit orang yang menjadi selebgram hanya karena mengunggah video melalui youtube. Hal tersebut membuktikan bahwa efek dari penggunaan youtube ini memberikan dampak yang sangat baik. Berbeda dengan zaman dulu apabila mau menggunakan jasa iklan harus membayar stasiun televisi. Melalui youtube maka iklan bisa dilakukan secara gratis, atau bahkan ada yang berbayar pula dengan menggunakan jasa influncer.

Pada dasarnya membuat video iklan baik di TV maupun di tempat lain sama saja menggunakan audio visual sebagai cara untuk promosi. Namun semuanya tidak bisa asal-asalan agar tepat sasaran dan sesuai dengan harapan. Diperlukan adanya konten yang menarik dan berkonsep. Maka dari itu dibutuhkan kreatifitas untuk membuat sebuah konten yang menarik. Nah begini cara menggunakan youtube sebagai sarana promosi.

Cara Memasarkan Produk Dengan Youtube

Tentukan Ide Konsep

Sebuah tema video merupakan salah satu hak yang sangat penting dan harus diperhatikan. Pasalnya iklan merupakan ujung tombak untuk mencapai sasaran dan memasarkan sebuah produk. Buat tema yang sederhana dan relevan dengan produk yang ditawarkan. Ide atau konsep tersebut bisa bermacam-macam sesuai dengan konten yang akan diangkat. Bisa lebih beragam tak harus melulu mengunggah produk namun buat lebih bervariasi tentang tips dan pengenalan atau yang berhubungan dengan produk agar tidak bosan.

Tentukan Pesan Video

Jika diperhatikan ada beberapa iklan yang memang tidak secara langsung memiliki pesan. Namun tetap memiliki pesan tertentu dan ini akan lebih mendapatkan perhatian dari para audience. BUat agar pesan yang disampaikan mudah dipahami dan buat sesimpel mungkin. Dengan konsep sederhana pastilah sangat mudah ditangkap oleh para audience.

Konten Menarik

Memasang strategi beriklan di youtube sangat dibutuhkan, terutama dalam menentukan konten yang menarik. Meski produkmu terbilang baru dan biasa saja. Namun jika dikemas dengan cara yang unik dan menarik. Kebanyakan orang akan melihat konten berkualitas baik meskipun produknya biasa saja. Keunikan tersebutlah yang menjadikanya menarik dan membuat penasaran bagi audience.

Misalnya kamu memasarkan produk jam tangan, kamu bisa menampilkan kisah atau cerita dibaliknya, filosofinya dan dikemas dengan konsep yang unik dengan durasi yang tidak terlalu panjang.

Menentukan Tampilan Video

Tentu dengan membuat video iklan yang unik dan menarik akan lebih mengundang rasa penasaran. Video kreatif bisa menunjukkan berupa video yang menghibur, lucu, kreatif, unik dan yang pasti video yang memberikan feedback sekaligus yang berarti iklan sampai kepada audience.

Buat Judul Menarik

Hal yang pertama kali dilihat oleh para audience adalah judul. Semakin menarik suatu judul maka akan semakin besar pula kesempatan mereka untuk menonton. Jadi meskipun kontenmu menarik namun judul tidak mendukung maka akan sama saja. Maka usahakan untuk membuat judul yang menarik. Buat judul yang membuat orang penasaran sehingga mereka akan klik. Maka mencoba membuat judul dengan clickbait juga disarankan.

Thumbnail Menarik

Selain konten dan judul yang menarik, maka yang tak kalah penting adalah membuat thumbnail yang menarik. Thumbnail adalah foto yang dipajang sebagai wajah konten atau cover video. Thumbnail ini memiliki peran yang penting untuk memainkan strategi. Bisa menampilkan cuplikan video yang paling menarik. Jangan lupa harus relevan jadi tetap harus sesuai dengan isi konten.

Kolaborasi Dengan Channel Lain

Salah satu strategi pemasaran paling ampuh adalah dengan berkolaborasi dengan channel lain. Banyak yang menggunakan cara ini. Dengan kolaborasi maka kamu akan mendapat view banyak. Terutama jika kamu berkolaborasi dengan akun lain yang populer. Tentu dengan begitu video kamu akan ikut naik dan dipromosikan.

Untuk itu perlu adanya kerjasama yang saling menguntungkan. Misalnya dengan memberikan diskon produk atau free produk sebagai imbalan membuat kolaborasi konten.

Demikian adalah cara memasarkan produk dengan menggunakan youtube. Sudah seharusnya kamu mempertimbangkan pengguna youtube lainnya untuk memperluas jangkauan. Seperti yang kita ketahui bersama jika masyarakat lebih menyukai menonton video visual atau gambar ketimbang membaca artikel. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba