Belajar Budidaya Jamur Tiram Langsung dari Ahlinya

peserta pelatihan jamurUntuk kesepuluh kalinya, Lantabura Media (LM) menyelenggarakan pelatihan jamur yang mengusung tema “Panen Untung Budidaya Jamur”. Kali ini, pelatihan dilangsungkan pada hari Jumat dan Sabtu (10-11 Februari 2012). Selama dua hari pelatihan, peserta dibekali dengan materi yang berkaitan dengan produksi media tanam (baglog) jamur tiram serta proses budidayanya. Materi tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi kelas (teori) dan sesi materi praktik. Pada materi kelas, peserta memperoleh penjelasan tantang seluk beluk jamur dan budidayanya. Sementara untuk materi praktik, peserta langsung mencoba tahapan-tahapan produksi baglog jamur tiram dan perlakuan-perlakuan budidayanya.

Pelatihan “Panen Untung Budidaya Jamur” angkatan kali ini diikuti oleh 2 (dua) orang peserta, dimana masing-masing memiliki background yang berbeda. Peserta pertama adalah Dhanu Christianto (33), dari Palu Sulawesi Tengah, yang merupakan karyawan swasta. Sementara peserta berikutnya adalah Djati Widodo (50), dari Yogyakarta, yang merupakan seorang wiraswasta. Sejak awal, kedua peserta terlihat antusias mengikuti tahapan materi yang diberikan dalam suasana santai dan penuh dengan keakraban.

pemasangan cincin dan pelubanganPada hari pertama Jumat (10/2), peserta memperoleh penjelasan mengenai jamur secara umum dan proses produksi media tanam (baglog) jamur tiram. Untuk menjawab rasa penasaran dari kedua peserta, materi dilanjutkan dengan praktik produksi media tanam (baglog) jamur tiram. Pemilihan bahan baku yang baik, pencampuran bahan baku, memasukkan bahan baku ke dalam plastik, sampai dengan proses inkubasi, masing-masing dijalani peserta dengan penuh semangat. Tidak sampai disitu, peserta juga berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan mesin produksi olahan jamur di Aneka Mesin.

Memasuki hari kedua pelatihan Sabtu (11/2), peserta mengawalinya dengan mengunjungi salah seorang petani jamur. Di situ, mereka diberikan gambaran mengenai rumah/ kumbung jamur yang ideal untuk budidaya jamur tiram. Setelah selesai, materi dilanjutkan dengan pembahasan analisa usaha budidaya jamur. Penjelasan mengenai potensi pasar, serta hal-hal yang berkaitan dengan tips trik pemasaran jamur disampaikan oleh pemateri yang memiliki pengalaman langsung dalam hal tersebut.

santap siang menu jamurSesi hari itu dilanjutkan dengan santap siang aneka olahan jamur. Aneka masakan olahan seperti sate jamur, tongseng jamur, pepes jamur, rendang jamur, jamur bakar, dan lumpia jamur mampu ‘mengoyang lidah’ kedua orang peserta pelatihan. Kenyang dengan olahan jamurnya, peserta kembali diajak mengunjungi salah satu lokasi petani jamur yang menerapkan sistem penyiraman otomatis untuk tanaman jamurnya. Sesi tersebut merupakan bagian akhir dari pelatihan selama dua hari tersebut. Kedua orang peserta mengaku banyak memperoleh ilmu yang mereka butuhkan untuk membangun usaha jamur tiram di lokasi tempat tinggalnya.

Tim bisnisUKM

40 Komentar

  1. Kelompok kami sangat berminat u dilatih daerah sulawesi u mempelajari budidaya jamur ini…mohon no WA….no WA kami 0821 9436 7226

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk alamat pelatihan budidaya jamur tiram yaitu di BisnisUKM.com yang beralamat di Jln. Baru Mulungan No. 15 Gondanganpenen, Sendangadi, Mlati, Sleman. Kami tunggu kedatangan Bapak Robby agar kami bisa sharing seputar bisnis budidaya jamur tiram. Atau Bapak bisa bergabung di jadwal pelatihan jamur terdekat dengan KLIK DISINI, semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. ass, mohon maaf bapak atau ibu yang mempunyai website ini, saya mau bertanya dimana lagi akan mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram, posisi saya di magelang, saya mohon kirim alamat yang lengkap untuk budidaya jamur selanjutnya, tolong kirimkan alamatnya ke email saya dwibudisetiawan2121@yahoo.com , insyaallah saya akan tepat waktu datang ke budidaya tersebut, tolong bantuannya trimakasih :)

  3. Sy mau tanya..di kota pasuruan ada gak & kapan pelatihan d selenggarakan nya , klo pun ada sy mau dateng , daftar , ikutan pelatihan budi daya jamur nya ? ( Kebetulan sy tinggal di PURWOSARI_PASURUAN , terima kasih & salam sukses…)

  4. pak , minta info pelatihannya daerah jawa tengah ya…
    sekalian mau tanya , seandainya mau bisnis jamur dalam jumlah yg besar , apakah anda bisa membantu menyediakan pasarnya ? terimakasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk area Jawa Tengah pelatihan kami adakan di Yogyakarta. Akan tetapi apabila Bapak Zaenal berminat mengadakan pelatihan budidaya jamur di Jawa Tengah kami memiliki program In House Training Budidaya Jamur dengan minimal peserta 10 orang. Untuk pemasaran bisa kami bantu untuk daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Untuk memudahkan komunikasi, kami mohon informasi kontak person Bapak Zaenal yang dapat kami hubungi. Informasi lengkap mengenai informasi training jamur bisa menghubungi tim training kami melalui (0274)-3000-422 atau SMS 0852-9000-7054. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  5. ass… saya mau bertanya untuk daerah makassar ada pengepul jamur ga’ ya..? kalo ada tolong infonya… akhirulmukmin@gmail.com
    terikasi

  6. Kami (bersama teman-teman) sedang mencoba untuk usaha jamur tiram namun minim pengetahuan dan kami membeli boglog dari berbagai tempat namun hasilnya berbeda-beda kenapa ya? kami ingin belajar dari awal, apakah harus ke Yogya? posisi kami ada di Cirebon. Trims infonya

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk sementara ini pelatihan offline kami adakan di kota Yogyakarta. Namun apabila Bapak Ikin masih belum sempat hadir untuk bergabung mengikuti pelatihan di Yogya, kami berikan alternatif untuk mengikuti program kelas online. Melalui program kelas online jamur, Bapak bisa mendapatkan ilmu secara detail dari mulai proses produksi baglog hingga pembuatan kumbung jamur dan proses budidayanya. Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran kelas jamur online, bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau 0852-9000-7054 (Anto). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. maaf pak. saya tertarik untuk ikut pelatiahan budi daya jamur tiram. sya minta tolong berikan alamat lengkapnya dimana saya bisa datang. kebetulan yang tinggal di sleman. mohon infonya dikirmkan ke email sya pak : pawit_354@yahoo.com . trimakasih atas infonya.

    • Terima kasih atas respon dan atensinya.Kepada sdr.Rianto kesempatan baik ini telah sdr peroleh dengan dapat mengikuti pelatihan selama 2 hari di berbisnisjamur.com atau PT.Lantabura Media Jalan Baru Mulungan No.15 Mlati,Sleman.Cara-cara yang up to date dan benar dalam budidaya jamur akan diperoleh lengkap di dalamnya dari 0 smp mahir karena didukkung oleh master jamur tiram yang cukup berpengalaman lebih dari 10 tahun.Jadwal telah kami kirim ke email sdr dan dapat dipelajari lebih lanjut.Informasi lengkap pelatihan dapat menghubungi CS kami Eko nomor 0823.2839.0909.Salam sukses.Kami tunggu sdr di pelatihan jamur.

  8. Saya tertarik dengan penjelasan di sini,dan saya pernah mencoba membuat media jamur tapi jamurnya lama tumbuhnya.kenapa bisa begitu ya,trims salam.

    • Terima kasih atas respon dan atensinya.Kepada Sdri Kusumah,untuk media jamur sendiri memang sangat penting dalam hal pembudidayaan ini.Baik cara komposisinya dan bahan yang digunakan tepat,maka akan sangat mempengaruhi hasil dari tumbuh dan kembangnya jamur tersebut.Banyak faktor yang mempengaruhi dari syarat tumbuhnya media jamur tersebut.Pada alat/bahannya,komposisinya,suhu tempatnya atau cara penempatannya.Nah,sdri mungkin bisa lebih menilisik kira-kira faktor apa yang kurang dalam pembuatan media jamur itu.Serbuk kayu gergaji yang kita pilih juga dapat merupakan faktor penting dalam penumbuhannya.Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan informasi penting yang sdri perlukan.Informasi lengkap dan pelatihan jamur agar lebih menguasai budidayanya dapat menghubungi CS kami Eko di nomor 0823.2839.0909.Salam sukses selalu.

  9. Saya sangat tertarik menekuni pembibitan jamur, kebetulan saya dari IPB, dimana saya bisa mengikuti program pelatihan pembibitan ini ya?? atau adakah program Magang nya? trims

    • Terima kasih atas atensi dan responnya.Kepada sdri.Josephine tentunya sangat bagus dengan potensi sdri yang masih sebagai mahasiswi untuk tertarik pada budidaya jamur tiram ini.Kami membuka pelatihannya lengkap selama 2 hari (shortclass) dan sudah termasuk forum konsultasi jamur selama aktifasi 1 tahun penuh.Adapun untuk magang,sdri dalam pelatihan nanti dapat berkonsultasi langsung dengan master jamur untuk program tersebut.Dan akan dapat ditindaklanjuti.Informasi lengkap dapat menghubungi CS kami Eko di nomor 0823.2839.0909.Salam sukses selalu

    • Terima kasih atas respon dan tanggapan yang Bp Hari berikan.Berikut informasi tentang jadwal pelatihan jamur tiram di Yogya pada tanggal 28 dan 29 Des 2012 selama 2 hari dengan materi lengkap tentang budidaya jamur,macam dan jenis jamur,tempat tumbuh jamur,kumbung jamur, sampai materi pemasaran jamur.Bila Bp berminat bisa menghubungi CP Eko 085290007054.Demikian yang dapat kami informasikan.Salam sukses.

  10. saya berasal dari medan..saya sangat ter tarik dgn budidaya jamur..tapi saya blm banyak mengetahui teknik budidayanya…saya ingin skali mengikuti kelas pelatihan..dan berapa biayanya? mohon di bantu…

    • Terima kasih atas respon yang telah diberikan.Untuk lebih mendalami tentang budidaya jamur tiram ini kami membuka pelatihan jamur tiram angkatan ke 16 yang akan dilaksanakan besok pada tanggal 28 dan 29 Des 2012 di Yogya.Bila Sdr Dani berminat bisa menghubungi CP Eko 085290007054.Salam sukses

  11. di wilayah pasuruan n malang tidak ada teman untuk di minta kepelatihan?????
    soalnya saya ber domisili di pasuruan
    trimakasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, sementara ini pelatihan jamur diselenggarakan di Yogyakarta. Namun, jika Bapak Chandra berminat mengikuti pelatihan dari Pasuruan, kami memiliki program kelas online. Dimana Bapak Chandra bisa mendapatkan pembelajaran melalui video dan forum konsultasi dengan para ahli. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Sdr.Eko 0852-9000-7054. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  12. salam sukses selalu , saya karsono ,saya berasal dari daerah serang ,banten ,saya mau tanya bagaimana caranya membuat benih jamur dan bagaimna kira2 iklim di daerah saya cocok tidak untuk pembudidayaan jamur, terimakasih atas kerjasmanya , mohon di balas secepatnya terima kasih

  13. saya dari daerah Brebes Jawa Tengah” dan saya pribadi juga berharap sama dengan yang lainnya yaitu ingin mengikuti pelatihan budidaya jamur tersebut”,,,saya ingin mengembangkan budidaya jamur di tempat tinggal saya di kota Brebes.kalaupun ada biaya pelatihannya”kira-kira butuh biaya berapa untuk mengikuti pelatihan tersebut”terima kasih.

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk sementara ini pelatihan budidaya jamur kami adakan di Yogyakarta. Namun apabila Ibu Atie berminat mengikuti pelatihan budidaya jamur dari Cirebon, bisa mengikuti program kelas online yang bisa diakses menggunakan internet. Informasi selengkapnya bisa menghubungi www.berbisnisjamur.com atau Sdr.Johan (0852-9000-7054). Semoga bisa membantu dan salam sukses.

  14. Mohon pencerahannya ttg proses pembudidayaan jamur tiram dari mulai proses pembibitan hingga masa pane, thx

  15. saya pemuda usia 22tahun,dari MUARADUA,kab OKU selatan,provinsi SUMSEL
    saya tertarik sekali dgn pembudidayaan JAMUR TIRAM ini pak
    saya ingin sekali jadi pengusaha jamur.
    kapan lagi pak ada pelatihannya??
    n dimana saja tempatpenjualan bibit jamurnya????
    mohon di bales ya pak.
    trima kasi sebelumnya

    • Terima kasih atas respon yang diberikan. Untuk pelatihan bulan Juli dan Agustus ini kami pending dulu. Pelatihan kami mulai lagi tanggal 14-15 dan 28-29 September 2012. Tempat pelatian di Yogyakarta. Kami melayani pembelian baglog jamur tiram wilayah DIY dan Jawa Tengah. Untuk info persyaratan dan cara pendaftaran dapat kunjungi di web kami selanjutnya di berbisnisjamur.com. Salam Sukses !!

  16. aku dri makassar aku sudah liat salah stu temanku yg membudidayakan jamur tiram,tp yg aku lihat cuma pembibitannya sj yg sulit.kendala utamanya itu,dsni tdk ada bibitnya musti hrus kejawa blinya.jdi kt itu cma sma dianya sj bsa bli bibit.gmna ya cra membibit yg mudah?trimah kasih ats saranya.

  17. mas saya mau bengguluti budidaya jamur tiram soalnya krna saya suka melihat limbah serbuk kayu gergaji yg terbuang sia sia yg terdapat di tmpat saya, nah niat saya itu memanfaatkan barang yg tdk dipakai mnjadi barang yg bernilai ekonomis,,,
    tolong bantuannya mas gmn mengawali usaha budidaya jamur tiram,,,
    aku minta nmor telponnya mas,,,,

    • Terimakasih atas respon yang diberikan, untuk informasi selengkapnya mengenai pelatihan budidaya jamur bisa menghubungi www.berbisnisjamur.com
      atau datang langsung ke kantor kami yang beralamat di Jl. Baru Mulungan No. 15 Gondangan Penen
      Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta
      Telp. (0274) 3000 422.
      Semoga bermanfaat dan salam sukses.

  18. ini yang saya cari…… dimana yah tempat pelatihannya????? dan kapan lagi ada pelatihan????? tank u

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk tempat pelatihan sementara ini dilaksanakan di kota Yogyakarta.
      Dan untuk jadwal pelatihan paling dekat yaitu tanggal 8-9 Juni 2012.
      Informasi selengkapnya bisa menghubungi www.berbisnisjamur.com
      atau datang langsung ke kantor kami yang beralamat di Jl. Baru Mulungan No. 15 Gondangan Penen
      Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta
      Telp. (0274) 3000 422.
      Semoga bermanfaat dan salam sukses.

  19. Pak Dhanu Christanto – Palu…
    Mohon Dikirimkan No.Hp-nya…
    Saya Berminat Budidaya Jamur Tiram…
    Saya Juga Tinggal Di Daerah Palu…

  20. assalamu’alaikum.
    dimana saya bisa mengikuti pelatihan ini? karena menurut saya ini cukup menarik untuk dipelajari dan dikembangkan terimaksih.

    tolong info lebih lanjutnya ke email saya:
    rini.maziyataraudhoh@yahoo.com

Comments are closed.