Aktivitas, Galeri Foto

Belajar Budidaya Jamur Tiram Langsung dari Ahlinya

peserta pelatihan jamurUntuk kesepuluh kalinya, Lantabura Media (LM) menyelenggarakan pelatihan jamur yang mengusung tema “Panen Untung Budidaya Jamur”. Kali ini, pelatihan dilangsungkan pada hari Jumat dan Sabtu (10-11 Februari 2012). Selama dua hari pelatihan, peserta dibekali dengan materi yang berkaitan dengan produksi media tanam (baglog) jamur tiram serta proses budidayanya. Materi tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi kelas (teori) dan sesi materi praktik. Pada materi kelas, peserta memperoleh penjelasan tantang seluk beluk jamur dan budidayanya. Sementara untuk materi praktik, peserta langsung mencoba tahapan-tahapan produksi baglog jamur tiram dan perlakuan-perlakuan budidayanya.

Pelatihan “Panen Untung Budidaya Jamur” angkatan kali ini diikuti oleh 2 (dua) orang peserta, dimana masing-masing memiliki background yang berbeda. Peserta pertama adalah Dhanu Christianto (33), dari Palu Sulawesi Tengah, yang merupakan karyawan swasta. Sementara peserta berikutnya adalah Djati Widodo (50), dari Yogyakarta, yang merupakan seorang wiraswasta. Sejak awal, kedua peserta terlihat antusias mengikuti tahapan materi yang diberikan dalam suasana santai dan penuh dengan keakraban.

pemasangan cincin dan pelubanganPada hari pertama Jumat (10/2), peserta memperoleh penjelasan mengenai jamur secara umum dan proses produksi media tanam (baglog) jamur tiram. Untuk menjawab rasa penasaran dari kedua peserta, materi dilanjutkan dengan praktik produksi media tanam (baglog) jamur tiram. Pemilihan bahan baku yang baik, pencampuran bahan baku, memasukkan bahan baku ke dalam plastik, sampai dengan proses inkubasi, masing-masing dijalani peserta dengan penuh semangat. Tidak sampai disitu, peserta juga berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan mesin produksi olahan jamur di Aneka Mesin.

Memasuki hari kedua pelatihan Sabtu (11/2), peserta mengawalinya dengan mengunjungi salah seorang petani jamur. Di situ, mereka diberikan gambaran mengenai rumah/ kumbung jamur yang ideal untuk budidaya jamur tiram. Setelah selesai, materi dilanjutkan dengan pembahasan analisa usaha budidaya jamur. Penjelasan mengenai potensi pasar, serta hal-hal yang berkaitan dengan tips trik pemasaran jamur disampaikan oleh pemateri yang memiliki pengalaman langsung dalam hal tersebut.

santap siang menu jamurSesi hari itu dilanjutkan dengan santap siang aneka olahan jamur. Aneka masakan olahan seperti sate jamur, tongseng jamur, pepes jamur, rendang jamur, jamur bakar, dan lumpia jamur mampu ‘mengoyang lidah’ kedua orang peserta pelatihan. Kenyang dengan olahan jamurnya, peserta kembali diajak mengunjungi salah satu lokasi petani jamur yang menerapkan sistem penyiraman otomatis untuk tanaman jamurnya. Sesi tersebut merupakan bagian akhir dari pelatihan selama dua hari tersebut. Kedua orang peserta mengaku banyak memperoleh ilmu yang mereka butuhkan untuk membangun usaha jamur tiram di lokasi tempat tinggalnya.

Tim bisnisUKM

SHARE YUK!