Belajar Sukses Dari Produk Teh, Berhasil Menyabet TOP BRAND AWARD

Berbicara soal kesuksesan mambangun brand, 6 produk teh kemasan ini berhasil membuat citra produknya dikenal masyarakat. Berdasarkan data Top Brand Award 6 produk teh terbaik Indonesia ini berhasil menyabet Top Brand Award ditahun 2021. Top Brand Award memberikan penghargaan kepada 6 produk teh hijau dalam kemasan siap minum dan teh dalam kemasan sebagai brand terbaik ditanah air.

Menjadi produk terbaik dengan brand yang dikenal luas adalah impian semua pelaku usaha diseluruh Indonesia. Setiap brand ingin menjadi yang terbaik diantara yang terbaik bagi pasar lokal maupun internasional. Untuk menjadi produk dengan brand terbaik perlu upaya untuk menggapainya.

Top Brand Award Indonesia tersebut dilakukan setiap tahun dalam 2 fase. Tujuannya untuk melakukan studi dan memberikan penghargaan kepada brand terbaik di Indonesia. Salah satu jenis produk makanan dan minuman yang berhasil menyabet Top Brand Award adalah produk teh.

Produk teh dalam kemasan tersebut berhasil masuk dalam kategori makanan dan minuman dengan skor sebagai berikut :

Teh Hijau Dalam Kemasan Siap Minum

  • Nu Green Tea (Top Brand Index 42,1%)
  • Frestea Green (Top Brand Index 29,4%)
  • Ichi Ocha (Top Brand Index 15,7%)

Teh Dalam Kemasan Siap Minum

  • Teh Pucuk Harum ( Top Brand Index 36,8%)
  • Botol Sosro (Top Brand Index 18,6%)
  • Teh Gelas (Top Brand Index 12,5%)

Dari data tersebut kita bisa belajar kenapa 6 produk teh tersebut berhasil mendapatkan Top Brand Award. Nah kita akan membahas satu per satu alasan produk teh tersebut bisa menjadi produk dengan brand terbaik.

Alasan Produk Teh Masuk Top Brand Award

Nu Green Tea

Produk teh dalam kemasan Nu Green Tea mendapatkan Top Brand Index sebesar 42,1%. Teh merek Nu Green Tea ini masuk nominasi pertama teh hijau dalam kemasan siap minum. Jika kita lihat produk teh ini menjadi Top Brand Award yang mendapatkan skor paling tinggi.

Kenapa begitu? nah Nu Green Tea ini fokus pada target pasar. Teh ini membidik target anak muda milenial usia antara 15 tahun sampai 25 tahun. Menariknya produk teh ini membidik target pasarnya berdasarkan psikografis anak muda yang gemar mengikuti perkembangan gaya hidup.

Produk ini juga konsisten untuk terus branding dengan menjadi partner in life para anak muda milenial. Selain itu selalu aktif menjadi sponsor acara anak muda, seperti musik dan bazar. Kemudian media yang dipilih untuk promosi adalah media digital paling ramai dikunjungi. Yakni twitter, facebook, instagram dan kaskus.

Selanjutny adalah riset pasar yang memerlukan perjalanan panjang. Sebelum meluncurkan produk baru dipasaran selalu melakukan survey. Dengan adanya riset pasar ini akan membaut produknya ini bisa bertahan dipasaran dalam jangka waktu yang lebih lama.

Frestea Green

Produk teh dalam kemasan dengan merek Frestea Green mendapatkan Top Brand Index sebesar 29,4%. Produk teh Fresta Green ini masuk nominasi kedua dalam Top Brand Award dalam kategori teh hijau dalam kemasan. Strategi yang dilakukan oleh teh merek ini adalah dengan menghadirkan 2 varian rasa teh, yakni green tea dan green madu. Selain itu citra produk juga menjadi salah satu faktor yang dapat merebut pasar.

Semakin suatu produk itu memiliki citra yang baik maka konsumen akan merasa sangat puas. Nah produk teh dengan merek Frestea Green ini mengeluarkan produk yang terjamin halal, kualitas dan rasanya. Dengan begitu konsumen akan memberikan tindakan keputusan dalam pembelian. Dari sekalian alasan konsumen membeli produk yang paling mempengaruhi adalah kualitas.

Selain kualitas produk Frestea Green ini juga menawarkan dengan harga yang masih sangat terjangkau. Berdasarkan hasil survey persaingan citra produk kaitannya dengan isu kabar buruk kualitas produk yang nantinya kan mempengaruhi penurunan permintaan. Untuk itu menjaga kualitas produk agar tetap dicintai penikmatnya adalah seuatu keharusan.

Ichi Ocha

Produk teh dalam kemasan dengan merek Ichi Ocha mendapatkan Top Brand Index sebesar 15,7%. Teh merek Ichi Ocha ini masuk nominasi ke tiga dalam kategori teh hijau dalam kemasan Top Brand Award. Presepsi yang dibangun oleh produk teh dengan nama Ichi Ocha adalah produk yang unik. Produk yang berbeda dari produk lainnya. Produk teh ini mengklaim sebagai minuman teh yang memberikan kesegaran. Kenyataan kemasan dan kenyataan yang diberikan oleh produk relevan.

Minuman teh Ichi Ocha yang terbuat dari daun teh hijau pilihan mampu memberikan manfaat kesehatan bagi siapapun yang meminumnya. Persepsi produk ini didukung dengan beberapa faktor. Salah satu diantaranya merek, atribut produk, harga yang terjangkau dan pesaing yang relatif sedikit.

Produk teh hijau dengan harga yang terjangkau mampu menjangkau beberapa kalangan lapisan masyarakat. Ini tentunya memberikan kelebihan tersendiri dihati masyarakat. Teh Ichi Ocha ini menawarkan harga yang masih sangat terjangkau untuk menikmati segarnya teh hijau siap minum.

Teh Pucuk Harum

Produk teh dalam kemasan dengan merek Teh Pucuk Harum mendapatkan Top Brand Index sebesar 36,8% dalam Top Brand Award. Teh Pucuk Harum berhasil mengalahkan brand lama yang namanya sudah perpuluh tahun dikenal masyarakat. Merek teh Pucuk Harum ini masuk nominasi pertama dalam kategori teh dalam kemasan siap minum. Teh Pucuk Harum berhasil meningkatkan penjualan berkat teh melati dalam kemasan. Sejak tahun 2017 penjualan teh ini meningkat.

Teh Pucuk Harum telah konsisten dalam memberikan keistimewaan, manfaat rasa dan harga yang sangat terjangkau. Teh ini mampu menciptakan kesan menarik yang membekas diingatan konsumen. Selain itu cita rasa yang ditawarkan oleh teh pucuk harum ini sangat kental dan berkarakteristik. Sehingga siapapun yang meminumnya akan merasa ketagihan dengan rasa yang ditawarkan.

Botol Sosro

Produk teh dalam kemasan dengan merek Teh Botol Sosro mendapatkan Top Brand Index sebesar 18,6%. Teh botol sosro menempati posisi kedua dalam kategori teh dalam kemasan siap minum Top Brand Award. Merek Teh Botol Sosro ini terus bertahan menjadi Top Brand dengan terus mempertahankan ciri khasnya. Salah satu strategi dalam mempertahankan eksistensinya adalah dengan mempertahankan rasa. Teh Botol Sosro memilii ciri khas rasa cenderung pahit dan mengurangi gula.

Jika dilihat dari kemasannya teh ini sejak dulu mengurangi kemasan plastik. Jadi teh Botol Sosro banyak hadir dalam kemasan botol kaca dan teh kotakan. Dengan terus mempertahankan branding “ahlinya teh” dan “apapun makanannya, minumnya teh botol sosro”. Teh ini terkenal karena namanya yang sudah besar dan menua. Jadi salah satu teh tertua dan berhasil menjadi ahlinya teh Indonesia. Jika dilihat dari desain kemasannya teh merek ini tetap mempertahankan corak dan ciri khas sejak zaman dulu.

Teh Gelas

Produk teh dalam kemasan dengan merek Teh Gelas mendapatkan Top Brand Index sebesar 12,5%. Teh ini masuk nominasi ke tiga dalam kategori teh dalam kemasan siap minum. Salah stau alasan teh gelas menjadi top brand karena teh ini masuk dalam peringkat 1 dalam mesin pencarian google. Minuman teh dalam kemasan ini muncul dengan tampilan cup. Selain harganya yang cukup terjangkau teh ini mengeklaim “kombinasi sempurna dari seduhan teh asli berkualitas dan 100% gula asli”.

Teh Gelas ini diklaim kaya polifenol sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Hadir dengan varian rasa original dan green tea 180 ml. Teh Gelas terus berupaya memenuhi kebutuhan konsumen dalam kemasan. Produk yang berkibar di bawah OT ini memperhatikan kualitas rasa maupun aspek hygiene. Hingga pada tahun 2014 teh gelas menghadirkan teh dalam kemasan botol 350 ml dan 500 ml.

Itu tadi adalah beberapa alasan mengapa 6 produk teh dalam negeri ini menjadi Top Brand Award. Kalian harus belajar sukses dari beberapa produk teh tersebut bagaimana bertahan dipasaran selama ini. Serta branding seperti apa yang dipakai hingga dikenal masyarakat luas.

Leave a Comment