Pemasaran

Biar Nggak Salah Target Pasar, Lihat Dulu Usia Pengguna Internet!

Biar Nggak Salah Target Pasar, Lihat Dulu Usia Pengguna Internet!

Kalau dulu pengguna internet di Indonesia didominasi kalangan anak muda, ternyata hasil survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) di tahun lalu cukup mencengangkan. Pasalnya jumlah pengguna internet di tanah air, belakangan ini yang paling besar justru dari kalangan masyarakat usia 35 – 44 tahun. Data ini perlu diperhatikan dengan baik oleh para pelaku bisnis online, agar tak sampai salah menentukan target pasar.

Dari hasil survey diperoleh data, bahwasannya pengguna internet paling sedikit adalah mereka yang berusia 55 tahun ke atas, yakni hanya sekitar 10 % saja. Sedangkan masyarakat dengan rentang usia 45 – 54 tahun yang mengakses internet hanya sekitar 18% atau sekitar 23, 8 juta jiwa.

Pada peringkat kedua dari atas, dengan persentase sekitar 24, 4 % diduduki oleh konsumen dengan rentang usia 25 – 34 tahun. Sedikitnya ada 32,3 juta jiwa yang menggunakan internet setiap harinya. Dan sisanya diakses oleh generasi Z, atau mereka yang saat ini masih berusia 10 – 24 tahun.

Melihat persaingan pasar di internet semakin ketat, kamu sebagai pebisnis online harus memiliki target pasar yang sesuai. Meski bisnis toko online yang kamu jalankan masih terhitung skala kecil, tapi dengan membidik target pasar yang tepat, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya usahamu bisa berkompetisi dengan perusahaan besar.

Untuk mensiasati persaingan yang semakin sengit, kamu bisa membidik target pasar yang lebih spesifik. Misalnya saja membidik konsumen dengan rentan usia 25 – 34 tahun, dengan segmen wanita. Contohnya kamu bisa menjual produk kewanitaan seperti pembalut kain cuci ulang yang bebas kandungan bahan kimia. Dengan target pasar yang spesifik, kamu bisa fokus menyusun strategi pemasaran dan yang pasti bisa menciptakan jumlah transaksi besar dari ceruk pasar yang spesifik.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

 

SHARE YUK!