Manajemen UKM

Catat 6 Tips Bisnis Ini Biar Usahamu Tahun Depan Selancar Jalan Tol!

Catat 6 Tips Bisnis Ini Biar Usahamu Tahun Depan Selancar Jalan Tol!Meski berkarir sebagai seorang pengusaha terlihat sangat menjanjikan, nyatanya tak sedikit orang yang terpaksa harus menyerah di tengah jalan sebelum akhirnya menikmati kesuksesan usahanya. Banyaknya kendala yang dihadapi start up di lapangan, menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemula yang mengaku kesulitan dalam membangun usaha.

Pasalnya, membangun usaha bukan hanya perkara punya modal dan nekat mencoba peruntungan di dunia usaha. Ada banyak trik dan tips bisnis yang harus dipahami para pemain, agar usahanya bisa berjalan selancar jalan tol.

Nah, buat kamu yang punya rencana merintis usaha di tahun depan, catat 6 tips bisnis ini agar kalian tak sampai mengalami kerugian di tahun depan.

1. Salah satu alasan seseorang merintis usaha hanya karena mereka ingin cepat kaya

Tentu ini kesalahan besar, karena merintis usaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, hari ini kulakan dan besok sudah dapat keuntungan. Nggak semudah itu mendatangkan penjualan di era serba digital seperti sekarang ini, apalagi sekarang konsumen lebih jeli dan pintar dalam memilih produk. Banyaknya pesaing membuat konsumen dengan bebas memilih dimana mereka akan membeli sebuah produk, jadi agar bisnismu tak ditinggalkan para pembeli pastikan kamu membuat strategi pemasaran yang bisa membuat pelangganmu loyal.

2. Selalu mengukur kesuksesan hanya dari besarnya keuntungan yang didapatkan setiap bulan

Kesalahan inilah yang sering menjangkiti para pemula, mereka selalu berpikir bahwa kesuksesan hanya bisa diukur dari besarnya keuntungan yang didapat setiap bulan. Padahal tujuan merintis bisnis bukan hanya untuk sekedar mencari uang, tapi juga harus dibarengi visi besar yang bisa membuat bisnismu bertahan dalam waktu yang lama. Misalnya tujuan merintis usaha karena ingin membuka lapangan pekerjaan untuk ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar lokasi usaha.

3. Terlalu PD dengan produknya,  sampai tak menghiraukan munculnya ancaman baru dari para pesaing

Meski produk yang kamu produksi sudah terbukti kualitasnya, tapi jangan pernah tutup mata dan mengabaikan setiap ancaman yang muncul dari para pesaing. Setiap harinya ada pesaing baru yang sewaktu-waktu bisa merebut pasarmu. Untuk itu jangan pernah lelah berinovasi, ciptakan satu keunikan yang tak dimiliki pesaing lain dan buatlah konsumen ketagihan berbelanja di lapak usahamu.

4. Terlalu cepat memasang target yang tak masuk akal

Walaupun semua kesuksesan diawali dari sebuah mimpi, tapi bukan berarti kamu bisa memasang target yang tak masuk akal dalam waktu yang relatif singkat. Bila salah perhitungan, bukannya keuntungan besar yang bisa kamu dapatkan, tapi justru resiko kerugian karena target yang ditentukan tak sesuai dengan kondisi real di lapangan. Contohnya karena sedang laris-larisnya, kamu pasang target meningkatkan kapasitas produksi sampai 50% dari total penjualan bulan lalu. Akibatnya karena karyawan yang belum siap, bukannya keuntungan dua kali lipat yang didapat tapi justru penurunan kualitas produk yang berimbas pada kepuasan pelanggan.

5. Yang penting pasang harga murah biar produk cepat terjual

Tak selamanya produk yang dibandrol dengan harga murah bisa mendatangkan banyak penjualan. Sebelum menentukan harga produk, pastikan kamu melakukan survey di lapangan sebelum menentukan target pasar yang dibidik. Sebab kalau salah sasaran, justru harga yang terlalu murah dikira kualitas barang KW alias palsu.

6. Pengusaha jaman now mudah menyerah dan berpaling ke bisnis yang lain

Untuk bisa jadi seorang pengusaha sukses tentunya dibutuhkan mental juara yang tahan dalam berbagai macam cobaan. Sayangnya pengusaha jaman now cenderung cepat menyerah dan memilih berpaling ke ide bisnis yang lain daripada menghadapi satu masalah yang cukup rumit. Padahal, ada banyak trik dan tips bisnis yang bisa mereka pelajari untuk menyelesaikan setiap perkara yang dihadapinya. Contohnya menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi para karyawannya, menyusun strategi pemasaran yang efektif, dan membuat perencanaan bisnis yang tersistem dengan baik.

Jadi, apa kamu sudah siap memulai usaha di tahun 2018 nanti? Catat 6 tips bisnis di atas, dan pastikan keenam kesalahan tersebut tak pernah kamu lakukan di tahun depan!

SHARE YUK!