Bisnis Camilan Online Selalu Ramai Dicari Konsumen

bisnis-camilan-online-selalu-ramai-dicari-konsumen

 

Menikmati aneka camilan di sela-sela waktu luang, memang menjadi sebuah rutinitas yang disukai banyak orang. Bahkan kebiasaan ini sudah menjadi candu yang sulit ditinggalkan sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran bila peluang bisnis camilan seakan tak pernah berhenti berputar menghasilkan banyak keuntungan.

Melihat aneka jenis camilan di Indonesia tak pernah sepi ditinggalkan para penggemarnya, sekarang ini banyak pemula maupun pelaku usaha yang mulai melirik aneka camilan untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Dari mulai memproduksi sendiri aneka macam makanan ringan, repackaging atau mengemas kembali beragam camilan yang ada di pasaran, sampai menjadi reseller produk aneka camilan, semuanya menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Karena itu, bagi Anda yang sedang bingung mencari peluang bisnis yang cukup potensial untuk dijalankan di tahun 2020 ini. Tidak ada salahnya bila Anda mencoba menekuni bisnis camilan untuk mendatangkan untung besar setiap bulan.

Konsumen

Bisa dikatakan hampir semua orang suka ngemil, karenanya Anda bisa membidik kalangan masyarakat luas sebagai target pasar potensial Anda. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang tua, baik dari kalangan masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat kelas atas, semuanya bisa Anda manfaatkan dengan optimal untuk mendatangkan keuntungan yang maksimal setiap bulannya.

Info Bisnis

Bisnis camilan online atau makanan ringan memang cukup menggiurkan untuk dicicipi. Permintaannya yang tak pernah sepi menjadikan bisnis camilan sebagai ladang empuk untuk mendatangkan untung besar setiap bulan. Maklum saja, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan ngemil yang cukup tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan bila Anda bisa mendatangkan untung jutaan dengan menjalankan bisnis camilan.

Modal Bisnis

Nah, bagi Anda yang tertarik menekuni bisnis camilan namun memiliki modal usaha yang cukup terbatas. Kini tak perlu khawatir lagi, karena Anda bisa menjadi reseller produk aneka camilan hanya dengan bermodalkan sampel produk dan katalog dari para produsen aneka camilan. Kira-kira apa saja persiapan yang dibutuhkan?

bisnis-camilan-online-selalu-ramai

Syarat Menjadi Reseller

Berikut kami informasikan empat hal penting yang pelu Anda persiapkan untuk menjadi reseller produk aneka camilan.

Ikuti Perkembangan Trend

Sekarang ini produk camilan yang dijual di pasaran sangat beragam, dari mulai kerupuk, aneka keripik, kue kering, kacang-kacangan, hingga aneka manisan, semuanya menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Namun sebelum terjun menjadi reseller produk aneka camilan, ada baiknya bila Anda mengamati perkembangan trend yang ada saat ini. Pastikan bila Anda telah melakukan survey pasar untuk mengetahui produk makanan ringan apa saja yang disukai khalayak ramai.

Meminta Katalog

Sebagai seorang reseller, modal utama Anda adalah sampel produk dan katalog terupdate. Untuk itu mintalah katalog produk dari para produsen, atau jika mereka belum menyediakannya Anda bisa membuat sendiri katalog produk camilan dengan mengambil beberapa sampel foto produk dari sang produsen.

Perluas Jaringan

Distribusikan produk Anda ke jangkauan pasar yang lebih luas. Tak hanya pasar-pasar tradisional saja yang sekarang ini bisa Anda bidik untuk memasarkan aneka macam produk camilan. Sekarang ini makanan ringan sudah masuk ke pusat perbelanjaan, toko oleh-oleh, gedung perkantoran, bahkan ke beberapa café dan restoran. Karena itu perluas jaringan bisnis Anda untuk membidik pangsa pasar yang cukup luas.

Promosi Online

Tak hanya memanfaatkan strategi pemasaran offline, Anda juga bisa mulai memanfaatkan promosi online untuk membidik konsumen di luar daerah. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan peran website, direktori online, social media, serta portal iklan lainnya untuk mempromosikan produk camilan Anda.

Analisa Bisnis Camilan Online

Kelebihan Bisnis

Lantaran memiliki banyak penggemar, bisnis penjualan segala macam camilan semakin hari kian menjanjikan keuntungan cukup besar. Tak hanya keuntungannya saja yang terbilang menjanjikan, untuk merintis peluang bisnis camilan juga tidak dibutuhkan modal bisnis yang terlalu besar. Anda bisa memulainya dengan beberapa sampel produk dan melakukan uji pasar sebelum akhirnya menentukan beberapa produk unggulan yang banyak dicari para pelanggan.

Kekurangan Bisnis

Banyaknya kompetitor yang menjajakan aneka macam camilan, mendorong para pelaku bisnis harus lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk-produknya. Perhatikan kualitas produk Anda dari mulai cita rasa, kemasan, bahkan sampai pelayanan yang Anda berikan kepada para konsumen. Hal ini sangat penting, agar produk camilan Anda tidak kalah bersaing dengan produk lain di pasaran.

Strategi Pemasaran

Untuk memasarkan aneka macam produk camilan, Anda bisa memulainya dari orang-orang terdekat Anda. Contohnya saja seperti memasarkannya kepada keluarga, tetangga, sahabat, rekan kantor, dan lain sebagainya.

Bahkan tak hanya dipasarkan di kalangan masyarakat sekitar, sekarang ini aneka macam camilan juga bisa Anda promosikan ke beberapa pasar modern seperti misalnya minimarket, supermarket, mall-mall besar, toko oleh-oleh, kantin sekolah maupun perkantoran, warnet, café dan restoran, serta beberapa tempat umum lainnya yang banyak dikunjungi para konsumen.

Selain memasarkannya secara offline, Anda juga bisa mulai memanfaatkan peran internet untuk mengoptimalkan pemasaran. Buatlah website untuk membuka lapak online dan promosikan produk-produk Anda ke beberapa situs sosial media, seperti misalnya blog, Facebook, Twitter, Youtube, Google Plus, dan beberapa portal iklan lainnya.

Kunci Sukses

Mengingat persaingan bisnis di bidang tersebut cukup padat, maka penting bagi Anda untuk menawarkan sebuah inovasi untuk memenangkan hati para pelanggan. Dalam hal ini Anda bisa menciptakan inovasi dengan mencari beberapa jenis camilan baru yang belum ada sebelumnya di pasaran, menambahkan inovasi baru pada kemasan produk yang digunakan, atau bisa juga menawarkan terima pesanan untuk mendapatkan beberapa jenis produk camilan

Analisa Ekonomi

Analisa Ekonomi

Asumsi
Menjadi reseller online aneka macam camilan dari rumah
Bermodalkan katalog untuk berjualan secara online

Modal awal
Laptop dan modem                                 Rp 4.000.000,00
Beli sampel aneka macam camilan                  Rp 1.000.000,00+
Total                                            Rp 5.000.000,00
Laptop dan modem mengalami penyusutan selama 3 tahun :
1/36 bulan x Rp 4.000.000,00             =       Rp 111.100,00

Operasional per bulan
Order produk ke produsen                         Rp 3.000.000,00
Biaya internet, dan listrik                      Rp   300.000,00
Biaya transportasi                               Rp   450.000,00
Biaya packing produk                             Rp   200.000,00+
Total pengeluaran                                Rp 3.950.000,00

Omset per bulan
Orderan per bulan, rata-rata per hari Rp 200.000,00
(@ Rp 200.000,00 x 26 hari)              =       Rp 5.200.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 5.200.000,00 - Rp 3.950.000,00        =       Rp 1.250.000,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)     =       4 bulan

Menariknya Bisnis Camilan Online

Kemasan Kekinian

Buat pengemasan camilan Anda tak perlu binggung mencari tempat order kemasan kualitas terbaikdan desain kemasan paling keren serta kekinian bisa temukan di website dikemas.com, disana Anda dapat menemukan berbagai jenis kemasan dengan jenis, bentuk, ukuran. Bisa request desain sesuai dengan apa yang diinginkan dan menariknya lagi Anda bisa konsultasi langsung dengan cs jika Anda masih kesulitan menentukan jenis kemasan yang cocok untuk produk Anda.

Inspirasi Bisnis

Simak juga liputan video bisniskuliner.id inspirasi dari para pengusaha sukses. Sedikitnya ada kumpulan liputan dari 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, inspirasi usaha dari para pengusaha sukses maupun pemula. Bagaimana para pelaku bisnis tersebut membagikan pengalamannya, perjalanan merintis bisnisnya dan masih banyak lagi tips dan trik yang dibagikan para pelaku bisnis sukses tersebut. Bisa cek video liputannya di bisniskuliner.id dan simak salah satu liputan dari pelaku bisnis memulai usahanya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

 

 

 

Sumber gambar :
https://www.liputan6.com/global/read/4027528/5-fakta-mengejutkan-di-balik-camilan-populer-masyarakat-dunia
https://kaltara.prokal.co/read/news/30703-manjakan-lidah-dengan-jajanan-saat-weekend.html

6 thoughts on “Bisnis Camilan Online Selalu Ramai Dicari Konsumen”

  1. saya pingin cari usaha sampingan dengan jual produk camilan tp modal kecil tapi gak tau caranya klu pake akun ini.?????????

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk merintis bisnis sampingan jual produk camilan dengan modal kecil bisa dilakukan dengan cara menjadi reseller ataupun melalui aktivitas repackaging produk camilan. Dalam hal ini, Bapak Aris bisa memulainya dengan mencari produsen ataupun suplier camilan yang ada di sekitar lokasi Bapak, kemudian bisa bergabung menjadi resellernya untuk memasarkan produk camilan yang sudah siap jual atau bisa juga membeli dalam bentuk curah (kiloan) dan mengemasnya kembali dengan brand atau kemasan baru (dengan merek milik Bapak Aris). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. sama seperti temen-temen diatas saya tuch dah lama ingin mencoba menjadi leseller tapi untuk memulainya masih terlalu awam, mungkin saja dari web ini saya bs faham menjadi leseller yang dapat memberikan penghasilan tambahan,,

    Reply
  3. pengen jadi reseller produk cemilan ..tapi belom tau sistemnya…mohon keterangannya …
    terima kasih & salam sukses

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba