Bisnis Fried Chicken Bisa Jadi Usaha Sampingan Untung Besar

Bisnis fried chicken memang sudah banyak menjamur di Indonesia. Penggemar ayam krispi yang satu ini juga sangat banyak. Bahkan penggemarnya berasal dari semua kalangan. Ayam pada dasarnya merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Selain mengandung protein, harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan daging merah dari sapi atau pun kambing. Banyak olahan makanan yang menjadikan daging ayam sebagai bahannya. Mulai dari hidangan utama, toping, isian makanan, sampai sajian khas dalam kegiatan tertentu seperti opor ayam atau pun ingkung ayam. Bisnis fried chicken yang pada mulanya merupakan bisnis waralaba dari Amerika ini merupakan salah satu bisnis kuliner yang tidak pernah sepi peminat.

Bisnis Fried Chicken Bisa Jadi Usaha Sampingan Untung Besar
thesouthafrican.com

Peluang Bisnis Fried Chicken

Ayam krispi atau fried chicken ini merupakan sajian yang sangat cocok dengan selera orang Indonesia. Bisa dijadikan lauk utama yang dimakan dengan nasi panas dan saus atau bisa juga dijadikan camilan yang mengenyangkan. Bahkan bisnis fried chicken sekarang terus berinovasi dengan menghadirkan beragam sajian varian menu. Mulai dari saus pedas berlevel, saus keju mozarella, bahkan ayam geprek dengan pilihan cabe pedas berlevel. Bisnis fried chicken akan terus berkembang dan tidak akan pernah mati dikarenakan harganya memang terjangkau dan merupakan sajian makanan yang simpel dan lezat. Jenis ini pelakunya juga beragam mulai dari skala besar seperti waralaba dari perusahaan asing, waralaba lokal, sampai usaha mandiri skala UMKM atau pun kaki lima. Jadi tidak heran kalau bisnis kuliner yang satu ini makin menjamur dimana-mana.

Tapi jangan berkecil hati meski pelaku bisnis kuliner ayam krispi ini sudah banyak, peluangnya masih sangat menjanjikan. Buat kamu yang ingin memulai bisnis sampingan, bisa menjadikan bisnis kuliner ayam krispi untuk dijalankan. Kamu bisa memanfaatkan waktu di sore hari setelah bekerja atau pun buat kamu yang masih mahasiswa bisa menjalankan bisnis kuliner ini. Keuntungan bisnis kuliner ayam krispi cukup besar meski kamu menjalankannya mulai dari sore sampai malam hari.

Memulai Bisnis Fried Chicken

Memulai Bisnis Fried Chicken
primecp.com

Kamu bisa memulai bisnis kuliner ayam krispi dari skala kecil atau kaki lima. Saat menjalankan bisnis kuliner ayam krispi sangat penting mencari lokasi yang strategis. Dengan mencari lokasi yang ramai dan belum ada penjual fried chicken, peluang bisnis makin terbuka lebar. Terutama jika penampilan produk fried chicken yang kamu jual benar-benar menggoda. Beberapa tempat usaha untuk fried chicken ini yaitu dekat perumahan warga, pinggir jalan ramai, dekat kampus dan sekolahan, di pusat perbelanjaan, dekat mall dan sebagainya.

Selain lokasi strategis, kamu juga perlu memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasarannya. Buatlah konten yang menarik dengan foto produk yang bagus. Kamu bisa mencari referensi pengambilan gambar ayam krispi yang menarik di Pinterest. Ada banyak foto makanan yang bsia kamu jadikan acauan supaya konten yang kamu buat bisa semakin menarik calon konsumen. Dalam mengelola media sosial sebagai alat pemasaran kamu juga harus memproduksi konten lain yang lebih informatif dan bernilai selain jualan. Sebab interaksi dengan audien di media sosial juga merupakan hal penting yang bisa mendatangkan keuntungan besar yaitu awareness dan loyalitas konsumen.

Kalau terkait produk yang kamu jual, sebagai permulaaan kamu bisa menawarkan menu fried chicken yang umum saja. Misalnya ayam krispi bagian dada, paha atas, sayap, dan paha bawah. Tapi kamu juga bisa menambahkan sajian menu lain yaitu usus krispi. Makanan yang satu ini juga banyak diminati. Sebab usus krispi merupakan camilan lezat dan mengenyangkan yang cocok untuk jadi teman bersantai. Ditambah dengan saus tomat atau pun saus pedas. Berkaitan dengan nasi, itu bisa kamu pertimbangkan di awal. Ada banyak pelaku bisnis kuliner ayam krispi kaki lima yang sudah menyediakan nasi dalam menunya. Tapi banyak juga yang hanya menjual menu ayam krispinya saja. Tapi semakin lengkap menu yang kamu tawarkan makin banyak juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa menyediakan menu paket untuk lebih memudahkan konsumen.

Analisa Bisnis Fried Chicken

thebestglutenfreerecipes.com

Berikut ini Bisnis UKM akan memberikan analisa modal dan estimasi keuntungannya ketika kamu menjalankan bisnis fried chicken. Perlu diingat bahwa ulasan di bawah ini untuk bisnis kuliner ayam krispi skala kaki lima, jadi tidak memerlukan sewa tempat atau kios. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

Modal Awal

– Gerobak Aluminium                                                                    Rp 2.500.000

– Peralatan masak lengkap                                                           Rp 1.500.000

– Sewa parkir gerobak                                                                   Rp 500.000

Biaya Operasional Bulanan

– Ayam broiler 10 ekor/hari @Rp25.000 x 30 hari               Rp 7.500.000

– Minyak goreng Rp 100.000/hari  x 30 hari                           Rp 3.000.000

– Asumsi biaya kompor perbulan                                                Rp 150.000

– Saus kemasan dan kantong plastik                                         Rp 80.000

– Lain lain                                                                                       Rp 50.000

Total Estimasi biaya operasional bulanan                                Rp 10.780.000

Perhitungan Pendapatan per Bulan

Dimisalkan pendapatan terdiri dari 5 jenis

– Ayam dada bawah 10ptg @Rp8.500 x 30 hari                    Rp 2.550.000

– Dada atas 20ptg, @Rp8.500 x 30 hari                                Rp 5.100.000

– Ayam paha atas 20ptg, @Rp8.500 x 30 hari                      Rp 5.100.000

– Paha bawah 20ptg, @Rp7.500 x 30 hari                            Rp 4.200.000

– Sayap 20ptg, @ Rp8.500 x 30 hari                                     Rp 5.100.000

Pendapatan Kotor                                                                 Rp 22.050.000

Laba Bersih Rp 22.050.000 – Rp 10.780.000                       Rp 11.270.000

Resep dan Cara Pembuatan

food.fnr.com

Untuk menjalankan bisnis kuliner ayam krispi ini sudah tentu kamu harus mengetahui proses pembuatannya supaya bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan disukai konsumen. Berikut cara resep dan cara pembuatan fried chicken.

 Bahan

– 1 ekor ayam, potong sesuai bagian

– jeruk nipis 1 buah, peras ambil airnya

– 2 butir telur ayam, ambil bagian putihnya

– 500 ml minyak goreng

Bahan Bumbu

– 4 siung bawang putih

– Kemiri 4 butir

– Ketumbar 1 sdt

– 1 cm jahe

– Lengkuas 1 cm

– Garam  dan penyedap rasa

Bahan Bumbu Tepung

– 250 gram tepung terigu

– Soda kue 1 sdt

– 1 sdt ketumbar bubuk

– Garam 1 sdt

– 1 sdt merica bubuk

Cara Pembuatan

1. Baluri ayam dengan perasan jeruk nipis dan sisihkan.

2. Bumbu ayam dan bahan dihaluskan lalu ditumis.

3. Masukkan ayam dalam tumisan tersebut.

4. Beri garam dan penyedap lalu aduk sampai rata.

5. Masukan sedikit air dan tunggu sampai bumbu meresap.

6. Campur bahan untuk membuat bumbu tepung fried chicken dnegan tepung terigu pada wadah, aduk rata.

7. Celup ayam yang sudah dipotong pada putih telur.

8. Gulingkan ayam di tepung dan remas sampai tepung menempel.

9. Panaskan minyak lalu masukkan potongan ayam.

10. Masak hingga matang dan tiriskan. Fried Chicken siap dihidangkan.

Itulah ulasan tentang bisnis fried chicken yang bisa kamu jadikan ide bisnis sampingan. Persiapkan bisnis kamu dengan sebaik mungkin. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Semoga tulisan ini bermanfaat, simak artikel menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba