Bisnis Itu Haruskah Bermodal Besar?

Bisnis itu haruskah bermodal besarModal, modal, dan modal. Lagi-lagi masalah modal selalu menjadi topik hangat ketika hendak memulai sebuah usaha. Banyak yang beranggapan jika merintis usaha tapi tidak punya modal uang yang cukup, itu problem terbesar bagi para pemula dalam dunia usaha. Sekarang pertanyaannya, apa untuk buka usaha itu harus punya modal yang besar dahulu???

Jawabannya TIDAK. Nyatanya dengan modal sedikit alias pas-pasan ada banyak orang yang bisa mulai mengembangkan usaha sendiri. Bahkan tak sedikit dari mereka yang pada akhirnya sukses mengembangkan bisnis dengan modal kecil.

Untuk memantabkan tekad kamu untuk berbisnis, alangkah baiknya Anda mencermati tips merintis bisnis dengan modal kecil.

Satu,

Ubah mindset kamu yang beranggapan bahwa suatu usaha hanya bisa dimulai jika mempunyai sejumlah uang sebagai modal usaha. Seorang calon entrepreneur sejati tidak akan mengurungkan niat untuk membuka usaha hanya karena tidak memiliki modal. Sebaliknya, entrepreneur sejati akan memanfaatkan segala potensinya untuk bisa menghimpun modal yang diperlukan, misalnya dengan memanfaatkan jaringan relasi dan reputasi baik yang dimiliki untuk untuk bisa mendapatkan pinjaman lunak dari kolega atau relasi.

Dua,

Hilangkan anggapan bahwa memulai usaha harus langsung besar dan mapan. Kebanyakan pengusaha sukses merintis usaha mereka dari nol lengkap dari segala pahit getirnya perjuangan mereka.

Tiga,

Tekan kembali perhitungan modal usahamu. Sebagai contoh, untuk mengurangi kebutuhan sewa tempat, kamu bisa patungan bagi hasil dengan teman yang mempunyai lokasi usaha yang bagus.

Empat,

Lebih kreatif mencari sumber-sumber permodalan, yang bisa dimanfaatkan, jika memang kebutuhan modal hasil hitungan kamu sudah tidak bisa ditekan lagi. Sumber-sumber permodalan ini bisa berasal dari institusi keuangan atau perorangan.

42 Komentar

  1. Saya seorang mahasiswa, dan ingin sekali membuka usaha, namun saya tidak memiliki modal. Akan tetapi saya sudah mempunyai rumah sendiri. Sebaikny apa yg dapat saya lakukan Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª?

  2. aduh bingung nih…bisnis apa yg bisa buat sampingan soalnya saya juga sudah bekerja…
    ada usul ga sodaraku???

  3. saya pernah kerja di perusahaan kontraktor sekala rumahan (perusahaan pribadi) selama 18 tahun, karena tidak ada kemajuan penapatan saya keluar, dan karena background saya di listrik saat ini saya kerja sendiri borong instalasi listrik kecil-kecilan, tapi saat ini saya ingin berjualan alat-alat listrik, sudah sejak lama saya ingin punya usaha dagang ini tapi karena persoalan modal sehingga rencana tersebut tertunda terus, saya punya modal satu2nya adlah rumah kalau di jual kira2 laku 125 jt, saya takut kalau2 nanti tidak berhasil,modal hilang tiddak punya rumah lagi. saya minta tolong saran atau tips dari bisnis ukm terimakasih sebelumnya.

    • kenapa mesti dijual? coba di jaminkan ke bank surat tanah beserta bangunan. siapa tau malah bisa mendapat kridit lunak untuk usaha. tetangga saya usaha tersebut dimulai dirumahnya, dengan menambahkan ruang sedikit untuk usaha. sekarang sudah maju.

  4. saya tinggal di daerah Surabaya dan ingin membuka usaha, kira-kira usaha apa yg bisa saya buat dengan modal sekitar 5juta’an…
    tolong saya diberi pencerahan pak…
    terima kasih….
    ayub 08993456165

  5. saya seorang mahasiswa yg sangat tertarik untuk mencoba berbisnis. saya ingin mencoba berbisnis di dunia perclothingan, mengingat peluang bisnis yang ada di tempat saya dan sasaran konsumen saya sedang marak2nya tertarik dengan bisnis yg saya rencanakan, udah ada ide2 baru untuk berinovasi dan berkreativitas di dunia clothing tersebut. tapi, berhubung saya seorang mahasiswa yang pas2an, bingung juga dan kesulitan mencari cucuran modal untuk bisnis yg saya rencanakan tsb. meminjam ke bank saya tidak mengerti bagaimana prosedurnya, dan untuk mencari investor ternyata tidak mudah, nah bagaimana ya apakah ada tips atau ide lain untuk mendapatkan cucuran dana dengan kapasitas saya yang mahasiswa. terimakasih

  6. yang saya mau tanayakan??gimana cara membuka peluang kerja dengan dana yang minim bangat….???and peluang kerja apa yang cocok ????

  7. Saya sudah mulai membuka warung makanan kecil-kecilan dan menerima pesanan sekitar 1,5 bulan…. banyak kendala yang terjadi antara lain :
    1. Konsumen masih terbatas sekitar lokasi
    2. Warung masi berupa etalase dan meja2 saja ( dalam artian belum ada tenda, jadi terbuka gitu)
    Mohon bantuan dan sarannya… TRIMS..(085755555645)

  8. saya mau usaha buka kantin di sebuah sekolah tinggi, tp agak ragu karena disana banyak libur sedangkan buka usaha tidak 12 bulan full mungkin hanya sekitar 8 bln yg efektif. dengan biaya sewa 800 rb / bln apakah mungkin bs berjalan dgn baik?

  9. Dalam Berbisnis tidak harus bermodal besar, saya buktinya. Ini Sering untuk Anda yang mau berbisnis dgn modal sangat kecil tetapi hasilnya Fantastis, Modal besar Anda adalah Kemauan yang keras Untuk Sukses, berani melangkah/Action, berani membayar harga, tekun/ulet serta pantang menyerah serta strAtegi. Kami punya Produk Air Oxy yang Luar Biasa, Manfaatnya sudah dirasakan banyak orang, yang menjalankan bisnisnya hanya bergabung jadi member 235.000 saja anda sudah dpt produk 1 dus dgn harganya sangat murah terjangkau untuk semua usia, semua kalangan, semua jenis penyakit ( pangsa pasarnya sangat luas) dgn keuntungan yang luar biasa. banyak sekali dalam kurun waktu kurang dr 2 thn bs berpenghasilan puluhan juta rupiah. tertarik ?? Segera!! hub saya di 081321824720. produk dan keuntungan bisa dilihat di www.oxycjdw.com. SIAPAPUN ANDA PASTI BISA SUKSES DGN MODAL KECIL ASAL MAU!! Saya Siap membantu Anda mnjdi Sukses! Wasalam

Comments are closed.