Peluang Bisnis Keripik Pisang Peluangnya Kian Cemerlang

keripik pisangSeperti kita ketahui bersama, keripik pisang merupakan salah satu camilan yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tingginya kandungan nutrisi pada buah pisang serta teksturnya yang renyah dan citarasanya yang beragam, menjadikan keripik pisang cukup digemari para konsumen. Tidaklah heran bila belakangan ini banyak pelaku bisnis camilan yang mulai melirik keripik pisang sebagai salah satu produk potensial yang menjanjikan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

Terbuat dari pisang setengah matang yang diiris tipis kemudian digoreng hingga garing, sekarang ini camilan keripik pisang mulai dikreasikan para produsennya dalam beragam varian rasa. Tak hanya rasa manis saja yang ditawarkan para pelaku bisnis camilan keripik pisang, sekarang juga ada keripik pisang rasa balado, barbeque, rasa pedas, keju, jagung bakar, stroberi, hingga keripik pisang rasa coklat yang paling banyak dicari para konsumen.

Nah, bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Tidak ada salahnya bila Anda mencoba terjun memproduksi keripik pisang untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulan.

Lalu, Apa saja yang perlu Anda siapkan untuk merintis bisnis keripik pisang peluangnya kian cemerlang? Berikut kami informasikan target pasar yang bisa Anda bidik, persiapan apa saja yang perlu Anda perhatikan, dan strategi pemasaran seperti apa yang bisa Anda jalankan.

Konsumen
Mengingat buah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat baik, banyak orang yang menggemari aneka produk olahan pisang. Salah satunya saja seperti camilan keripik pisang yang bisa dinikmati semua kalangan masyarakat, baik dari kalangan masyarakat menengah ke bawah maupun konsumen menengah ke atas yang ingin menikmati sensasi makanan ringan bercitarasa lezat namun juga tetap kaya manfaat. Bahkan dalam memasarkan produk camilan keripik pisang, Anda bisa membidik konsumen dari mulai anak kecil, kalangan remaja, hingga orang dewasa, karena produk camilan tersebut bisa dikonsumsi segala usia.

Info Bisnis
Selain bisa dimakan langsung, buah pisang juga bisa diolah kembali menjadi camilan keripik. Citarasa keripik pisang bahkan tidak kalah lezat dari keripik kentang maupun keripik singkong, sehingga wajar adanya bila sekarang ini peluang bisnis keripik pisang mendatangkan keuntungan yang cukup besarbagi para pelakunya.

Untuk membantu Anda yang tertarik menekuni peluang bisnis keripik pisang, berikut ini kami informasikan beberapa persiapan yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat.

  1. Langkah pertama yaitu mempersiapkan bahan baku dan peralatan dengan baik. Untuk memproduksi keripik pisang, sebaiknya Anda menggunakan pisang yang masih mentah namun sudah tua. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan pisang kepok kuning, pisang raja, pisang ambon, pisang uter, atau pisang konsumsi lainnya yang mudah ditemukan di sekitar lokasi usaha Anda.
  2. Setelah peralatan dan bahan baku siap, selanjutnya giliran Anda untuk meningkatkan keterampilan agar hasil diperoleh bisa maksimal. Dalam hal ini Anda bisa membaca buku resep untuk membuat keripik pisang yang bercitarasa lezat, praktek sendiri di rumah hingga menemukan racikan bumbu yang pas, atau bisa juga belajar langsung dari pakar keripik pisang yang ada di sekitar lokasi Anda.
  3. Ketika proses produksi telah Anda selesaikan dengan baik, poin ketiga yang perlu Anda perhatikan adalah masalah quality control. Untuk menjamin kualitas produk keripik pisang yang dihasilkan, penting bagi Anda untuk memperhatikan kebersihan peralatan dan tempat pengolahan serta bahan baku yang digunakan. Pastikan bila Anda menggunakan bahan baku yang aman untuk kesehatan dan menggunakan peralatan masak yang higienis, serta mencantukam tanggal kadaluarsa produk untuk meyakinkan calon konsumen Anda.
  4. Terakhir yang tak kalah penting adalah perhatikan masalah kemasan produk. Meskipun kemasan produk hanya menjadi pendukung penampilan keripik pisang, namun poin tersebut cukup penting untuk menarik minat pelanggan. Ketika produk yang Anda gunakan cukup cantik dan juga unik, maka konsumen tidak segan untuk memilih produk keripik pisang Anda dibandingkan keripik serupa milik para kompetitor Anda.
  5. Berikut kami informasikan pula salah satu resep pembuatan keripik pisang yang bisa Anda praktekan dengan mudah dari rumah.

Resep Keripik Pisang

Bahan baku :

  • 1 sisir pisang kepok setengah matang (pilih yang sudah tua), iris tipis sesuai selera bisa menyerong, bulat, atau memanjang.
  • Air bersih 1 liter
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • Gula pasir dibuat sirup terlebih dahulu dengan perbandingan 1 kg gula pasir dilarutkan dalam 5 gelas air (untuk keripik pisang rasa manis).
  • Bumbu seasoning (rasa balado, barbeque, jagung bakar, keju, coklat bubuk, dll)

Bumbu yang dihaluskan (untuk keripik pisang rasa asin) :

  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam dapur
  • 1 ½ sendok makan ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • Vetsin/penyedap rasa secukupnya

Peralatan :

  • Baskom
  • Alas Telenan
  • Alat perajang (slicer)
  • Pisau stainless steel
  • Ember plastik
  • Penggorengan (wajan)
  • Sealer
  • Tungku atau kompor atau kompor gas
  • Tampah/nyiru/wadah
  • Plastik Polipropilen (PP) ketebalan 0,8 mm/aluminum foil
  • Label

Cara Membuat Keripik Pisang :

  1. Kupas pisang kemudian diiris tipis-tipis (tebal 2–3 mm) secara memanjang, bulat, atau melintang, kemudian tampung dalam ember perendaman untuk menghindari proses oksidasi enzim fenolase yang ada dalam getah pisang.
  2. Hasil irisan direndam dalam air bersih yang telah dicampur kapur sirih, rendam selama 10 menit lalu ditiriskan.
  3. Goreng pisang menggunakan minyak yang cukup banyak sehingga semua bahan terendam. Tiap 1 kg irisan pisang membutuhkan 3 liter minyak goreng. Yang perlu Anda perhatikan adalah selama penggorengan lakukan pengadukan secara pelan-pelan. Penggorengan dilakukan sampai kripik cukup kering dan garing.
  4. Hasil penggorengan pertama ditiriskan dengan menggunakan peniris minyak hingga minyak yang ada menetes tuntas. Selanjutnya untuk menambahkan varian rasa yang beragam, Anda bisa menaburi hasil gorengan dengan bumbu seasoning seperti rasa balado, keju, barbeque, stroberi, coklat, dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda.
  5. Selanjutnya masukkan keripik pisang dalam plastik kemasan, rekatkan menggunakan sealer agar tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan produk, serta lengkapi produk keripik pisang dengan label produk agar penampilannya lebih menjual.
  6. Produk keripik pisang pun siap unutuk dipasarkan.

Keunggulan Bisnis
Selain memiliki citarasa yang manis, buah pisang ternyata juga kaya mineral seperti misalnya kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Tak hanya itu saja, buah pisang juga mengandung beragam jenis vitamin, seperti misalnya vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Oleh sebab itu, camilan keripik pisang banyak digemari para konsumen.

Melihat peminatnya cukup banyak, tentunya peluang pasar bisnis camilan keripik pisang juga masih terbuka besar. Varian rasa yang Anda tawarkan dan kemasan unik yang Anda tonjolkan, bisa memberikan nilai tambah pada produk keripik pisang, sehingga bisnis camilan keripik pisang bisa mendatangkan keuntungan besar setiap bulan.

Kekurangan Bisnis
Meskipun camilan keripik pisang diminati banyak konsumen dan bisa bertahan dalam waktu yang relatif lama, namun para pelaku bisnis camilan harus memperhatikan ancaman persaingan pasar di bisnis makanan ringan yang semakin hari semakin padat. Untuk menyiasati ketatnya persaingan, Anda harus memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki pesaing Anda. Contohnya saja dengan memperbanyak varian rasa keripik pisang, melengkapi produk keripik pisang dengan packaging yang menarik, menawarkan harga jual yang bersaing, serta memberikan bonus khusus bagi para pelanggan yang membeli dalam partai besar. Semakin menarik penawaran yang Anda berikan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan penjualan setiap bulan.

Strategi Pemasaran

kemasan keripik pisangUntuk mendongkrak penjualan produk keripik pisang, Anda bisa memulainya dengan strategi pemasaran online maupun offline. Strategi pemasaran offline bisa Anda coba dengan memperluas jaringan distribusi ke beberapa toko oleh-oleh, swalayan, supermarket, kantin sekolah atau perkantoran, serta toko kelontong, dengan menerapkan sistem jual putus ataupun konsinyasi (titip jual). Disamping itu, Anda juga bisa membagikan sampel produk kepada orang-orang di sekitar Anda dan menggandeng mitra agen atau reseller produk untuk membantu memasarkan produk camilan keripik pisang. Semakin banyak mitra agen yang Anda gandeng, maka semakin luas pula jangkauan pasar yang bisa Anda bidik.

Sedangkan untuk strategi promosi online, Anda bisa mulai membuka lapak dagang di dunia maya untuk mempromosikan produk keripik pisang ke berbagai belahan negara. Buatlah toko online dan promosikan keberadaan lapak Anda di berbagai sosial media, contohnya saja seperti melalui email marketing, youtube, facebook, twitter, google plus, direktori online, forum online, dan lain sebagainya. Semakin aktif Anda berpromosi di dunia maya, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendatangkan transaksi pembelian.

Kunci Sukses
Agar tak kalah bersaing dengan produk yang lain, tentunya dibutuhkan ketelatenan dan kreativitas Anda sebagai seorang pelaku usaha untuk menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Contohnya saja menciptakan inovasi camilan keripik pisang dengan pilihan rasa dan aroma buah-buahan, seperti misalnya keripik pisang rasa duren, keripik pisang rasa stroberi, keripik pisang rasa nangka, rasa coklat dan lain sebagainya. Selanjutnya untuk meningkatkan daya jual produk Anda, lengkapi pula keripik pisang dengan kemasan yang unik dan menarik. Dengan begitu konsumen akan tertarik menikmati keripik pisang buatan Anda dan keuntungan besar pun bisa Anda nikmati setiap bulannya.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Memproduksi keripik pisang skala industri rumahan.

Modal Awal
Kompor gas satu tunggu dan tabung gas 3 kg                        Rp 150.000,00
Wajan penggorengan                                                Rp 100.000,00
Mesin perajang pisang (slicer)                                    Rp 600.000,00
Baskom untuk meniriskan minyak                                    Rp  50.000,00
Pisau, peniris minyak, dll                                        Rp  30.000,00+
Total modal                                                       Rp 930.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan selama 4 th :
1/48 bulan x Rp 930.000,00        =          Rp 19.400,00/ bln

Biaya Operasional Per Bulan
Belanja bahan baku per hari kurang lebih Rp 500.000,00/ hari
Bahan baku per bulan (@ Rp 300.000,00 x 25 hari)                  Rp 7.500.000,00
Tabung gas sebulan (@ Rp 15.000,00 x 8 tabung)                    Rp   120.000,00
Plastik kemasan dan label produk                                  Rp   500.000,00
Biaya transportasi, listrik, dan telepon                          Rp 1.000.000,00
Biaya penyusutan alat                                             Rp    19.400,00+
Total biaya operasional                                           Rp 9.139.400,00

Omzet Per Bulan
Keripik pisang dijual Rp 6.000,00/ 100 gram
Rata-rata penjualan per hari 80 bungkus keripik
Penjualan per bulan : (@ Rp 6.000,00 x 80 bungkus x 25 hari)      Rp 12.000.000,00

Laba Bersih Per Bulan
Rp 12.000.000,00 - Rp  9.139.400,00        =                      Rp 2.860.600,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)       =                      < 1 bulan

Semoga informasi peluang usaha keripik pisang yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemula yang sedang bingung merintis usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://ciricara.com/wp-content/uploads/2013/03/19/Keripik-Pisang.jpg
2. http://kemasanukm.com/image-product/img74.jpg

3 thoughts on “Peluang Bisnis Keripik Pisang Peluangnya Kian Cemerlang”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba