Bisnis Kuliner Tetap Stabil di Era New Normal

Era new normal secara bertahap akan dilakukan oleh banyak negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Meski belum sepenuhnya semua wilayah di Indonesia mulai menerapkan new normal atau tatanan hidup baru, perputaran ekonomi harus tetap berjalan. Salah satunya adalah perputaran ekonomi pada tingkat UKM atau usaha kecil menengah. Seperti yang telah diketahui bahwa UKM adalah menjadi bagian dari penyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Bisnis Kuliner Tetap Stabil di Era New Normal
ussfeed.com

Bisnis Kuliner di Era New Normal

Salah satu bidang UKM yang akan tetap bisa berjalan di era new normal adalah bisnis kuliner. Jenis bisnis kuliner ini merupakan bidang yang menarik untuk ditekuni. Peluang bisnis kuliner bisa dikatakan memang luas dan masih akan selalu berkembang ke depannya dari masa ke masa. begitu juga dengan masa menjelang penerapan new normal di beberapa wilayah di Indonesia sekarang ini.

Pada dasarnya semua orang membutuhkan makanan dan akan selalu mencarinya itulah kenapa bisnis makanan tidak pernah sepi pembeli. Sebab tidak semua orang melakukan kegiatan memasak untuk memenuhi kebutuhan perutnya dengan berbagai alasan. Sehingga membeli makanan matang di luar adalah menjadi pilihan mereka untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan asupan makanan.

Tapi dikarenakan pandemi covid-19 ini pelaku bisnis makanan juga harus beradaptasi dengan keadaan. Orang akan semakin selektif untuk memilih makanan yang mereka konsumsi. Selain itu penyesuaian dengan tahapan untuk era new normal juga harus dilakuan oleh pelaku bisnis kuliner.

Jika kamu punya ketertarikan untuk terjun ke dunia bisnis, menjadikan bisnis makanan sebagai langkah untuk menghadapi era new normal adalah pilihan yang cermat. Tapi supaya bisnis makanan kamu bisa berjalan dengan baik pastikan bahwa kamu memiliki rencana bisnis yang tepat sejak awal. Tidak perlu berpikir berlebihan untuk memulai bisnis makanan di era new normal. Jadilah pelaku bisnis makanan yang kreatif dan buatah rencana bisnis serta keberanian untuk menjalankan bisnis kuliner dengan penuh keyakinan.

Ide Bisnis di Era New Normal

Kali ini Bisnis UKM akan membagikan ide bisnis kuliner yang cocok untuk dijalankan di era new normal. Ide bisnis kuliner ini tentunya bisa merupakan produk baru atau produk inovasi dari produk makanan yang sudah kamu jual sebelumnya. Simak ide bisnis kuliner yang cocok untuk dijalankan di era new normal berikut ini.

1. Frozen Food

kumparan.com

Jenis makanan frozen Food adalah olahan makanan setengah matang yang dikemas dan dibekukan untuk diolah kembali dengan cara memanaskannya. Frozen Food saat ini tidak hanya berbahan baku dari daging sapi atau ayam saja, seperti sosis dan nugget. Kini banyak sumber hasil laut yang juga dimanfaatkan menjadi Frozen Food. Sosis ikan, nugget ikan, tempura, risol ikan, samosa tuna, serta money bag udang adalah contoh-contoh olahan Frozen Food yang menjadi favorit banyak orang.

Frozen food akan menjadi ide bisnis kuliner yang menjanjikan untuk era new normal. Sebab mobiltas orang akan terbatas dengan adanya pembatasan sosial. Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Jadi menyediakan bahan makanan siap masak seperti frozen food akan menjadi pilihan yang tepat.

Misalnya kamu sudah mempunyai bisnis kuliner sate ayam yang biasanya melayani pelanggan dengan menjual dalam kondisi matang, maka kembangkanlah produk kamu menjadi sate ayam frozen food dengan memanfaatkan mesin pengemas vacuum.

2. Dry Food

detik.net

Selain frozen food, makanan kering atau dry food juga menjadi ide bisnis kuliner yang menjanjikan di era new normal. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa menyetok bahan makanan yang tahan lama di rumah akan menjadi pilihan banyak orang selama masa pandemi covid-19 ini berlangsung.

Manfaatkanlah peluang dengan menjual dry food atau makanan kering. Beberapa di antaranya kamu bisa menjual makanan kering seperti berbagai macam ikan laut yang dikeringkan. Atau bisa juga dengan aneka makanan laut yang dikeringkan seperti cumi-cumi. Bahan makanan tersebut masih menjadi favorit banyak orang apa lagi di masa new normal.

Kamu bisa memanfaatkan mesin vacuum sealer kering untuk mengemas makanan kering yang kamu jual. Supaya makanan bisa lebih awet tahan lama meski tanpa bahan pengawet. Ketika menjual makanan kering kamu juga harus memperhatikan kemasan plastik yang digunakan supaya kemasan bisa melindungi makanan agar tetap dalam kondisi baik.

Tips Bisnis Stabil di Era New Normal

alicdn.com

Supaya bisnis makanan yang kamu jalankan tetap lancar di masa new normal nanti ada beberapa hal yang juga harus kamu perhatikan. Supaya bisnis makanan yang kamu mulai tetap bisa berjalan konsisten ketika sudah era new normal. Simak tips bisnis kuliner tetap stabil di era new normal berikut ini.

1. Manfaatkan Lapak Jualan Online

Di era new normal yang akan datang, bisnis kuliner memiliki potensi untuk berkembang dengan sangat luas asalkan kamu bisa memanfaatkan teknologi internet dengan baik. Kamu bisa menjalankan bisnis kuliner tanpa perlu membuka warung tapi cukup dengan memanfaatkan sistem pembelian online melalui internet. Cara ini tentu menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan uang sewa tempat. Manfaatkanlah layanan yang tersedia dengan bergabung menjadi merchant makanan seperti GrabFood, GoFood, maupun melalui toko e-commerce, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Kualitas Rasa dan Harga

Salah satu tujuan umum orang berbisnis adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Dalam bisnis makanan, kualitas rasa dan harga serta kreativitas menjadi penentu keuntungan yang akan diperoleh. Sebagai gambaran, beberapa jenis makananhanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan terjangkau di pasaran, namun bisa dijual dengan harga yang terbilang mahal. Ingat ya, banyak orang akan tetap membeli makanan atau pun minuman dari tempat kamu meskipun harganya tidak murah. Alasannya beragam seperti rasanya enak, kemasan unik hingga promosi yang menarik.

3. Punya Ciri Khas

Tingginya permintaan dalam bisnis kuliner memang menyebabkan minat pebisnis juga terbilang tinggi untuk menekuni bidang yang satu ini. Banyak pesaing dalam bisnis kuliner itu hal yang wajar. Jangan khawatir, masih banyak jenis kuliner yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai yang unik hingga yang belum pernah ada dipasaran. Temukan ciri khas bisnis makanan kamu. Misalnya, kamu berjualan jajanan sehat maka buatlah variasi jenis makanan dan minuman dengan cita rasa khas, enak dan menyehatkan. Dengan adanya unsur nilai sehat, tentu hal ini menjadi unik. Terus lakukan peningkatan dari segala sisi, seperti kualitas rasa, pengemasan hingga marketing agar kamu bisa unggul dalam persaingan bisnis kuliner.

4. Terus Berinovasi

Dunia kuliner terus berkembang, begitu juga dengan selera masyarakat akan kuliner itu sendiri. Kamu harus bisa berinovasi dan mengembangkan kreatifitas dalam bisnis kuliner yang dijalankan, sehingga bisnis tersebut tetap bergairah. Hal ini akan membuat pelanggan tidak merasa bosan dan kamu selalu memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Kemampuan berinovasi dalam bisnis kuliner akan sangat membantu kamu tetap bertahan dan lebih mudah mencapai kesuksesan dalam bisnis makanan.

Itulah tips yang bisa kamu terapkan untuk bisnis makanan yang akan kamu jalankan atau yang sudah berjalan. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kamu #NaikKelas! Simak artikel menarik seputar bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke rekan kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk makin berkembang dalam dunia bisnis ketika menghadapi era new normal.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba