Bisnis Kuliner Unik Yang Berawal Dari Hobi Sajikan Menu Bunga

Bisnis kuliner unik yang menyajikan makanan dengan bahan – bahan bunga asli untuk dimakan. Sangat menarik selain karena unik ternyata bunga tersebut memiliki segudang khasiat dan juga manfaat. nah gimana nih kamu sudah pernah makan bunga? kalo belum bisa banget nih kamu menjajal menu yang ditawarkan di Bisnis Kuliner unik Erista Garden ini. Salah satu menunya menggunakan bunga telang, bunga yang memiliki beragam khasiat kesehatan dan bisa dikonsumsi.

Aneka varian menu masakan dan minuman tercipta dengan menggunakan bunga telang sebagai bahan bakunya. Penasaran? Simak cerita lengkapnya hanya dibawah ini. Buat kamu yang mau menonton video selengkapnya juga bisa dan tersedia dibawah ini. Atau bisa juga kunjungi channel youtube TVBisnis.

Bisnis Kuliner Unik Sajikan Menu Bunga

Berdiri 2015

Erista Adisetya adalah founder Arista Garden. Arista Garden ini adalah sebuah tempat makan unik yang menyajikan sajian menu makanan unik dari bahan baku bunga. Berdiri sejak tahun 2015 sampai sekarang, dan sekarang mulai berkembang di bidang resto dan taman. Erista Garden ini beralamat di Jalan Kaliurang KM 17 Dusun Demen Pakembinangun Pakem Sleman Yogyakarta.

Latar belakang beliau sebenarnya dalam bidang industri selama 20 tahun kemudian beliau ini memiliki hobi tanam menanam, khususnya menanam bunga. Mulai dari hobi tersebut beliau ingin mengembangkan jadi sesuatu yang bernilai. Sambil bekerja beliau juga menjual bunga dari tamannya tersebut.

Bisnis Yang Bermula Dari Hobi

Pada awalnya waktu itu karena hanya hobi saja maka beliau membuat limasan dan taman. Beliau ini membuat taman supaya orang bisa menikmati tanamannya, tidak hanya sekedar membeli saja. Setelah membuat taman maka ada beberapa rombongan yang datang untuk melakukan gathering.

Baik itu dalam bentuk rapat dan lain sebagainya. Awal mulanya dulu kebanyakan yang datang berkunjung adalah para mahasiswa, ibu pengajian, dan beberapa kegiatan yang dilakukan ditempat tersebut. Kemudian semakin lama semakin banyak yang datang. Berawal dari sanalah Erista Garden ini menyediakan gathering. Lalu pada tahun 2017 Erista Garden ini resmi membuka resto dan taman ini.

Bisnis Kuliner Unik Dengan Taman

Pada awalnya beliau merasa sulit karena lokasi taman tersebut jauh dari kota. Jauh dari jalan dan medannya cukup sulit, bahkan di tempat tersebut awalnya lahan sempit, sawah dan pinggiran sungai. Jadi dulunya beliau tidak berekspektasi hingga menjadi seperti sekarang ini. Makanya pada mulanya beliau hanya berusaha untuk berjalan saja. Dan membuat taman sesuai dengan keinginan hati. Membuat taman yang fresh dan indah dilihat sehingga ketika orang datang akan merasa nyaman.

Hal yang mendukung tempat ini adalah suasana yang sepi sehingga terkesan sangat alami. Makanya kemudian beliau membuat slogan asri dan alami. Ini membuat orang dengan alam menyatu. Pada awal memulai usaha ini beliau mengembangkan bunga Pentas lanceolata. Bentuknya bunga ini seperti bunga asoka tetapi bunganya lebih banyak. Beliau memilih bunga ini karena sifatnya yang tahan panas. Kedua termasuk perennial, yang artinya bunga tersebut berbunga terus menerus.

Bisnis Kuliner Unik Bunga Talang

Ada beberapa bunga yang setelah berbunga lalu kemudian mati. Berbeda dengan yang satu ini bunga ini akan terus berbunga terus – menerus. Warnanya pun beragam ada putih, merah, pink. Sehingga beliau merasa cukup baik, ditempat ini memang beliau mengembangkan bunga Pentas lanceolata. Saat ini pun belum banyak lapak yang mengembangkan bunga ini. Kedua Begonia Linea adalah bunga yang tahan panas. Warna bunganya pun bright. Sehingga ketika dihamparkan warnanya menjadi bagus. Kemudian beliau kembangkan bunga-bunga yang lain.

Pada waktu beliau mengembangkan resto kemudian menyusun menu. Saat itulah beliau ingin mengaitkan antara menu makanan dengan bunga. Lalu muncul sebuah ide salah satu bunga yang sangat umum di pedesaan. Tanaman ini adalah bunga liar yang namanya adalah bunga Telang.

Khasiat Bunga Telang

Bunga Telang ini adalah tanaman yang mengandung pigmen antosianin, yang dikembangkan sebagai pewarna alami lokal pada berbagai industri pangan. Dari bunga berwarna biru ini diramu menjadi suatu menu yang khas di Erista Garden, yakni dengan nasi biru. Kemudian ada juga minuman bunga telang. Sekarang pun mulai dikembangkan menjadi es krim. Jadi beliau mengembangkan beberapa makanan dan minuman dari bunga telang tersebut.

Beliau yang kini mulai eksplore bunga telang, sekarang mulai merambah ke bunga rosella. Bunga telang dengan begonia, jadi dengan beberapa edible flower yang kemudian dikembangkan menjadi sesuatu yang unik. Edible flower ini belum banyak dikembangkan terutama di Indonesia. Usahanya ini pada awalnya mengalir, kemudian beliau mulailah berfikir dan mengambangkan lagi. Jikalau melihat hanya dari lokasi dan taman saja sudah pasti orang akan merasa kurang lengkap. Salah satu tujuan destinasi dari suatu rombongan atau keluarga. Mereka ingin ke suatu tempat yang enak kemudian bisa makan bersama disitu.

Resto dan Taman Yang Nyaman

Begitu pula ketika ada suatu acara pasti mereka akan mencari tempat yang nyaman dan asik. Pada awalnya cukup banyak yang datang ketempat ini. kemudian mereka membawa makanan Dan menurut beliau rasanya kurang praktis. Dimana mereka harus membawa tempat makan dus. Lalu kemudian beliau diminta untuk membuat makanan atau catering. Sehingga ketika ada tamu bisa dimasakkan agar tamunya tidak repot. Erista Garden dan Resto ini adalah sebuah proses mengalir yang menjadi suatu kombinasi yang baik, antara kuliner dengan garden.

Bunga Telang Yang Bermanfaat

Ada sebuah penelitian yang dibuat oleh sahabat beliau yang namanya Doctor Abdullah Muzi yang memberikan masukan bahwa bunga Telang ini memiliki khasiat. Sahabat beliau ini adalah sebuah Doctor yang memang meneliti tentang bunga Telang jadi sudah pasti sangat tahu seluk beluk dari bunga tersebut.

Kemudian beliau diberikan jurnal dari penelitian bunga ini. Ternyata setelah beliau pelajari banyak sekali manfaat dari bunga ini. Disisi lain bunga ini memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Serta mengandung banyak antosianin (pewarna makanan). Warnanya ini akan berubah ketika PH berubah, misalnya pada kondisi keasaman normal jadi tidak asam. Maka warnanya akan berubah menjadi biru, sedangkan jika diberi lemon maka akan menjadi kemerahan atau ungu.

Dari sana beliau ini membuat cara untuk memvariasikan menunya. Misalnya telang lemon warnanya menjadi ungu, telang degan atau kelapa muda warnanya tetap biru, telang susu biru muda. Sehingga untuk mendapatkan warna cantik yang bervariasi dilakukan dengan cara memvariasikan.

Respon Pengunjung

Respon dari para pengunjung cukup baik dari menu yang satu ini. Ada beberapa yang penasaran, bahkan ada yang sempat tidak percaya. Beliau pun menunjukkan proses penyeduhan dan perubahan warna dari seduhan bunga telang ini. Pengunjung pun akhirnya pun tertarik dengan warna yang cukup eksotis dan cukup unik.

Untuk nasi biru ini sebetulnya sudah banyak dijual di Malaysia. Di negara tersebut pun sama bahan bakunya menggunakan bunga telang. Kemudian beliau menambahkan menu nasi biru ini pada daftar makanannya untuk menambah sesuatu yang berbeda lagi. Dari hari ke hari sambutan dari para pengunjung cukup baik. Sehingga bisnisnya ini bisa berkembang lebih baik lagi.

Tujuan Bisnis Taman dan Resto

Tujuan utama beliau menjalankan bisnis ini adalah untuk menggrade value. Sehingga ingin benar-benar terjun dan merasakan jika membangun bisnis dari awal rasanya. Hingga pada saat beliau bekerja pada masa itu memilih untuk resign. Kemudian karena tidak ada pemasukan maka beliau terus memutar otak bagaimana hobinya tersebut harus berjalan.

Dari sana mulai dirasakan lika liku perjalanan merintis sebuah bisnis, yang mana dimulai dari awal, dari kecil. Sehingga banyak belajar bagaimana cara mengelola bisnis yang baik. Bahkan sekarang sudah mulai berkembang dan sudah mulai membuka cabang di beberapa tempat. Selain tujuan bisnisnya tersebut untuk menggrade value.

Kedua untuk memanfaatkan sumber daya dengan mengangkat makanan lokal. Ketiga pemberdayaan yang mana memfokuskan pada tenaga kerja team lokal di sekitar lokasi. Harapan beliau semoga bisnisnya tersebut bisa menjadi kontribusi di sekitar dan juga membeli bahan baku dari sekitar. Sama-sama hidup bersama dan menciptakan value demi bertahan bersama.

Demikian kisah inspiratif yang dibagikan oleh Bapak Erista yang mengembangkan bisnisnya berawal dari hobi yang ditekuni dengan sungguh-sungguh. Hingga kini menjadi bisnis Resto dan garden yang memiliki cabang di beberapa tempat. Tonton juga video liputan menarik lainnya yang memulai bisnisnya berawal dari hobi, seperti dibawah ini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba