Rahasia Bikin Bubur Ketan Hitam Buat Usaha Rumahan!

Bikin bubur ketan hitam yang enak dan lezat pasti punya tips dan triknya tersendiri. Apalagi kalau mau bikin bubur ketan hitam buat usaha ibu rumah tangga. Tentunya Bunda butuh resep rahasia biar bubur ketan hitam yang dibikin rasanya sesuai sama selera konsumen. Siapa sih yang nggak kenal sama bubur ketan hitam? Selain dikenal karena sering jadi pendamping sajian lezat bubur kacang hijau, ketan hitam juga bisa dijadikan menjadi olahan bubur yang nikmat sekaligus mengenyangkan.

Peluang Usaha Bubur Ketan Hitam

Kalo mau bikin bubur ketan hitam sebenernya gampang bisa dibikin di rumah. Tapi kebanyakan orang lebih milih beli di luar karena lebih praktis tinggal menikmatinya tanpa harus repot masak. Buat nemuin sajian bubur ketan hitam enak itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalo lagi dicari kadang yang dagang lagi nggak jualan. Kalo lagi nggak pengen eh yang dagang jualannya buka. Nah untuk menyiasati ini, Bunda bisa mengambil peluangnya untuk memulai usaha bubur ketan hitam loh. Kalo biasanya bubur ketan hitam dijual dengan cara berkeliling, Bunda bisa memulai usaha bubur ketan hitam dari rumah atau pun menyewa lapak.

Rahasia Bikin Bubur Ketan Hitam Buat Usaha Rumahan!
yummy.co.id

Peluang usaha bubur ketan hitam ini masih terbuka lebar. Apalagi kalau Bunda sediakan variasi menu untuk bubur ketan hitam yang Bunda jual. Ketika Bunda mau bikin bubur ketan hitam dalam pemilihan bahan bakunya juga harus tepat supaya hasilnya bisa maksimal. Maka dari itu carilah bahan ketan hitam berkualitas supaya menghasilkan bubur yang nikmat. Selain bahan ketan hitam ada bahan tambahan lain supaya bisa membuat bubur ketan hitam yaitu gula pasir, air, daun pandan, garam, santan kental, vanili bubuk dan sebagainya. Kalau berkaitan dengan lokasi usaha, tentukan lokasi yang strategis. Bunda bisa memilih lokasi usaha bubur ketan hitam yang biasa dilewati banyak orang. Contohnya di kompek perumahan, dekat kampus, komplek perkantoran, atau di pusat jajanan kaki lima. Selain itu Bunda juga bisa memulai usaha ini dengan menjadikan rumah Bunda sebagai warung bubur ketan hitam.

Perlengkapan Usaha Bubur Ketan Hitam

Pada saat menjalankan bisnis bubur ketan hitam dibutuhkan perlengkapan untuk membantu usaha dengan lebih mudah seperti gerobak atau etalase, kompor sebagai penghangat makanan, panci dengan aneka ukuran untuk tempat bahan bubur ketan hitam dan sendok besar. Sedangkan peralatan makan yang dibutuhkan pada usaha bubur ketan hitam ini yaitu gelas, sendok, mangkuk, dan sebagainya. Kebanyak para konsumen yang membeli bubur ketan hitam akan mengkonsumsinya di tempat oleh karena itu sediakan meja dan kursi bari calon konsumen. Sediakan setidaknya dua sampai tiga meja dengan masing-masing meja berisi empat atau enam kursi sesuai kebutuhan.

Konsumen Bubur Ketan Hitam

Sajian bubur ketan hitam ini banyak disukai oleh penggemar rasa manis, lembut, dan gurih. Penggemar dari bubur ketan hitam ini mencakup semua kalangan. Mulai dari anak – anak, remaja sampai orang tua. Menu bubur ketan hitam ini sangat pas untuk menambah nafsu makan. Kebanyakan ketika sakit akan lebih baik bila mengkonsumsi bubur ketan hitam. Sebab memang mudah ditelan dan lebih mudah dicerna. Harga bubur ketan hitam di pasaran juga sangat terjangkau jadi siapa saja bisa membelinya.

Pemasaran Usaha Bubur Ketan Hitam

Proses pemasaran untuk usaha bubur ketan hitam bisa dilakukan dengan memasang spanduk di depan lokasi usaha. Buatlah desain spanduk yang unik dan menarik supaya konsumen yang membaca makin berminat untuk membeli. Selain itu kamu juga bisa gencarkan pemasaran secara online. Baik itu melalui media sosial atau mendaftarkan warung kamu sebagai mitra aplikasi jasa delivery. Sekarang kamu lebih dimudahkan dengan adanya jasa pengiriman makanan melalui aplikasi ojek online. Kamu bisa daftarkan warung bubur ketan hitam kamu supaya bisa menjangkau konsumen dengan lebih luas. Untuk memudahkan proses pengiriman, kamu bisa pilih kemasan bubur ketan hitam yaitu paper bowl laminasi. Kalau untuk pemasaran media sosial, pastikan kamu membuat foto produk yang menarik. Tampilan visual yang menarik akan membuat orang yang melihatnya tergoda untuk membeli.

Resep Bikin Bubur Ketan Hitam

Dalam menjalankan bisnis kuliner cita rasa menjadi hal yang paling utama. Sebab konsumen sekarang ini bukan hanya mencari makanan untuk kebutuhan mengenyangkan perut. Lebih dari itu, cita rasa yang sesuai dengan selera mereka justru lebih didahulukan. Maka dari itu ciptakan resep bubur ketan hitam dengan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Serta raciklah resep bubur ketan hitam enak yang menjadi ciri khas dari produk kamu. Berikut ini resep dan cara bikin bubur ketan hitam enak yang bisa kamu kembangkan.

Bahan

– Ketan hitam yang direndam semalaman 100 gram

– Daun pandan 3 lembar

– Air 1 liter

– Gula jawab srut 100 gram

– 3 sdm gula pasir

– 1 sdt garam

– Santan kental 1 liter

Cara Membuat

1. Cuci bersih ketan hitam yang sudah direndam semalaman kemudian rebus hingga mendidih.

2. Tambahkan garam, irisan gula merah, dan gula pasir.

3. Panaskan santan dan masukkan daun pandan hingga mendidih.

4. Sajikan bubur ketan hitam dalam mangkuk kemudian siram dengan kuah santan.

Rahasia Bikin Bubur Ketan Enak

Untuk menghasilkan sajian bubur ketan hitam enak itu ternyata ada rahasianya loh Bun. Biar tekstur ketan hitam bisa sempurna saat dimasak. Kali ini Bisnis UKM bakal bocorin rahasianya. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jenis beras ketan hitam

Di pasaran ada dua jenis beras ketan hitam. Ada yang belum disosoh dengan warna ungu kehitaman gelap dan keras teksturnya. Ada juga yang sudah disosoh, dengan warna ungu muda ada sedikit sisa kulit ari di buliran beras ketan. Selain itu juga ada beras ketan hitam lokal dan ada juga yang dari Thailand. Untuk mendapatkan bubur yang legit dan pulen, pilihlah beras ketan hitam yang sudah disosoh. Harga kedua jenis beras ketan hitam ini hampir sama.

2. Proses Perendaman

Biar beras ketan lebih mudah lunak dan lembut teksturnya sebelum direbus, sebaiknya rendam air dingin lebih dulu. Cuci bersih beras ketan hitam, tiriskan. Kemudian rendam beras ketan hitam yang sudah disosoh selama 2-3 jam. Beras ketan akan sedikit mengembang dan air perendamnya bening. Tiriskan beras ketan hingga agak kering.

3. Perebusan

Didihkan air secukupnya dalam panci. Beri 1-2 lembar daun pandan dan sedikit garam. Masukkan beras ketan hitam yang sudah ditiriskan. Masak dengan api sedang sambil aduk sekali-sekali hingga beras ketan mekar dan aor perebusnya menjadi kental. Kecilkan api dan lanjutkan mengaduk.

4. Tambahan Gula

Untuk memberikan rasa manis yang enak, setelah beras ketan lunak, tambahkan gula pasir secukupnya. Masak kembali hingga bubur mengental. Bubur ini sudah mengeluarkan kanji yang membuat kuahnya menjadi kental kehitaman. Karenanya tidak perlu menambahkan larutan kanji lagi. Setelah kental dan empuk, matikan api.

5. Saus santan

Untuk melengkapi bubur yang legit, siapkan saus atau kuah santannya. Sebaiknya gunakan santan dari kelapa segar untuk mendapatkan rasa gurih alami. Rebus santan sedang dengan api kecil bersama daun pandan dan sedikit garam hingga mendidih. Angkat dan dingin. Saus santan siap disajikan bersama bubur ketan hitam. 

Itulah ulasan tentang rahasia bikin bubur ketan hitam enak untuk usaha yang bisa Bunda coba. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Bunda. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner yang Bunda jalankan semakin #NaikKelas ya! Ikuti terus tulisan tentang usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain agar semakin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis kuliner!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba