Resep Bubur Kacang Ijo Enak Untuk Usaha Rumahan

Resep bubur kacang ijo mungkin sekilas kelihatan mudah. Tapi kalau mau bikin sajian bubur kacang ijo enak buat usaha rumahan tentu punya tantangannya tersendiri untuk menciptakan ciri khas rasa dan menyesuaikan dengan selera konsumen. Ngomongin tentang bubur yang satu ini, siapa sih yang nggak tau? Bubur kacang ijo udah familiar di kalangan pecinta bubur bahkan masyarakat secara luas juga kebanyakan udah kenal sama bubur sehat dan mengenyangkan ini.

Bubur Kacang Ijo

Pada dasarnya resep bubur kacang ijo ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Tapi kebanyakan orang lebih memilih membeli bubur kacang ijo di luar. Mulai dari warung burjo atau dari penjual bubur kacang ijo keliling. Bubur kacang ijo banyak disukai orang karena rasanya yang enak, manis, dan nikmat. Bubur kacang ijo paling nikmat dimakan pas masih anget. Selain rasanya yang emang enak, kalo dikonsumsi secara rutin juga bisa menjaga tubuh agar tetap sehat. Sajian bubur yang satu ini punya banyak kandungan gizi. Mulai dari serat, fosfor, lemak tak jenuh, vitamin serta kalsium yang baik bagi tubuh serta bisa menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Satu lagi alasan kenapa bubur kacang ijo banyak penggemar adalah harganya yang terjangkau dan menyenyangkan.

Resep Bubur Kacang Ijo Enak Untuk Usaha Rumahan
muslimobsession.com

Peluang Usaha Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang ijo banyak ditemukan di beberapa daerah dan setiap pelaku usaha punya ciri khas tersendiri untuk setiap menu bubur kacang ijo yang ditawarkan. Kalo kamu berminat buat mencoba usaha bubur kacang ijo, artinya kamu juga harus punya resep bubur kacang ijo yang kamu kembangkan biar punya ciri khas. Peluang usaha bubur kacang ijo masih terbuka lebar, termasuk buat usaha skala rumahan. Bubur kacang ijo bahkan jadi varian rasa untuk beberapa produk makanan. Mulai dari biskuit, minuman kemasan, es krim, dan aneka kue rasa kacang ijo. Sekarang ini yang namanya usaha kuliner pasti menjanjikan. Asalkan punya perencanaan dan konsistensi usaha yang bagus. Kelebihannya ketika kamu memulai usaha bubur kacang ijo skala rumahan, modalnya terbilang kecil karena nggak perlu sewa tempat.

Bahan Baku untuk Resep Bubur Kacang Ijo

Pilih biji kacang hijau berkualitas supaya menghasilkan bubur yang nikmat. Selain biji kacang hijau ada bahan tambahan lain biar sajian bubur kacang ijo yang kamu jual makin dicintai konsumen. Ada ketan putih, ketan hitam, roti tawar dan air santan. Beberapa bahan tambahan tersebut bisa membuat bubur kacang ijo lebih nikmat. Saat menjalankan usaha bubur kacang ijo ini kamu harus selalu bisa memastikan kalo bahan baku dalam keadaan fresh. Salah satu bahan yang mudah basi untuk usaha bubur kacang ijo ini adalah santan. Jadi buatlah perhitungan yang tepat supaya bahan baku tidak terbuang. Sedangkan bahan lainnya bisa disimpan di kulkas dan bisa dihangatkan lagi untuk dijual. Tips untuk menghasilkan bubur kacang ijo yang selalu fresh adalah usahakan untuk selalu mengolah bahan bubur pada waktu akan menjualnya.

Perlengkapan Usaha

Saat menjalankan usaha bubur kacang ijo dibutuhkan perlengkapan. Mulai dari gerobak atau etalase, kompor, panci dengan aneka ukuran, dan sendok besar untuk mengaduk dan mengambil bahan bubur. Sedangkan peralatan makan yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah sendok, mangkuk, gelas dan lainnya yang bisa diseuaikan dengan kebutuhan. Kebanyak para konsumen yang membeli bubur kacang ijo akan mengonsumsinya di tempat. Jadi sediakan juga meja dan beberapa kursi. Kalau kamu punya halaman yang cukup luas, sediakan setidaknya dua sampai tiga meja dengan enam kursi untuk tiap mejanya.

Konsumen Bubur Kacang Ijo

Sajian bubur kacang ijo ini pada dasarnya disukai oleh orang-orang penggemar rasa manis, lembut dan gurih. Penggemar dari bubur kacang ijo ini mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Menu bubur kacang ijo sangat cocok untuk menambah nafsu makan. Bubur yang satu ini juga banyak menjadi incaran untuk orang yang sedang kurang enak badan. Sebab bubur ini mudah ditelan dan mudah dicerna. Bubur kacang ijo selain dinikmati dalam keadaan hangat, banyak juga konsumen yang lebih memilih menikmatinya dalam keadaan dingin. Lebih tepatnya dengan menambahkan es batu serut di atas sajian bubur.

Pemasaran Usaha

Proses pemasaran untuk usaha bubur kacang ijo bisa dilakukan dengan memasang spanduk di depan lokasi usaha. Buatlah desain spanduk yang unik dan menarik supaya konsumen yang membaca makin berminat untuk membeli. Selain itu kamu juga bisa gencarkan pemasaran secara online. Baik itu melalui media sosial atau mendaftarkan warung kamu sebagai mitra aplikasi jasa delivery. Sekarang kamu lebih dimudahkan dengan adanya jasa pengiriman makanan melalui aplikasi ojek online. Kamu bisa daftarkan warung bubur kacang ijo kamu supaya bisa menjangkau konsumen dengan lebih luas. Untuk memudahkan proses pengiriman, kamu bisa pilih kemasan bubur kacang ijo yaitu paper bowl laminasi. Kalau untuk pemasaran media sosial, pastikan kamu membuat foto produk yang menarik. Tampilan visual yang menarik akan membuat orang yang melihatnya tergoda untuk membeli.

Resep Bubur Kacang Ijo Enak

Dalam menjalankan bisnis kuliner cita rasa menjadi hal yang paling utama. Sebab konsumen sekarang ini bukan hanya mencari makanan untuk kebutuhan mengenyangkan perut. Lebih dari itu, cita rasa yang sesuai dengan selera mereka justru lebih didahulukan. Maka dari itu ciptakan resep bubur kacang ijo dengan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Serta raciklah resep bubur kacang ijo yang menjadi ciri khas dari produk kamu. Berikut ini resep bubur kacang ijo secara umum yang bisa kamu kembangkan.

Bahan Bubur

– ½ kg kacang hijau

– 1 kg ketan hitam

– ½ kg ketan putih

– 10 liter air

– 2 lembar daun pandan

– Air santan kelapa 4 liter

Bahan Pelengkap

– Susu kental manis seperlunya

– 1 bungkus roti tawar potong dadu

Cara Membuat

1. Rebus biji kacang hijau beserta daun pandan sampai lunak, kurang lebih 2 ½ jam.

2. Kemudian rebus ketan hitam selama 15 menit hingga setengah matang, campurkan dengan ketan putih dan aduk sampai kental dan lengket. Jika sudah matang maka sisihkan dan dinginkan.

3. Rebus air santan untuk dijadikan kuah bubur nantinya.

4. Sajikan bubur dalam mangkuk dengan urutan kacang hijau, ketan, potongan roti tawar, susu kental manis, dan siram dengan kuah santan.

5. Bubur kacang ijo siap disajikan.

Itulah ulasan tentang kiat sukses usaha bubur kacang ijo yang bisa kamu terapkan sebelum memulai usaha kuliner yang satu ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner yang kamu jalankan semakin #NaikKelas ya! Ikuti terus tulisan tentang usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain agar semakin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis kuliner!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba