Memulai Bisnis Minuman Herbal Dari Dalam Garasi

Mukhlis Hari Nugroho adalah pemilik sekaligus pimpinan dari CV. Anugrah Sukses Mandiri. CV ini adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan distribusi minuman herbal yang diberi nama Telaga Rasa. Memulai bisnis ini dari tahun 2000, dulunya beliau merintis ini bersama calon istri yang kini telah menjadi istrinya.

Pada saat merintis tersebut beliau masih kuliah. Dulunya beliau terjun langsung dalam proses pembuatan, mulai dari produksi sendiri hingga memasarkanya juga sendiri. Mulai dari menitipkan dari toko satu ke yang lainnya dan dari swalayan satu ke yang lainnya.

Pada awalnya dulu beliau memulai bisnisnya ini di garasi milik orang tuanya. “Jadi kalau siang mobil keluar dan kalau malam mobil masuk”, begitu katanya. Untuk dapur pada awal dulu dibuat dibelakang garasi dan untuk memproduksi minuman ini prosesnya masih sangat sederhana dengan menggunakan kayu dan tungku dari tanah liat. Sedangkan untuk packing di garasi itu sendiri.

Beliau dulu melakukanya sendiri dengan dibantu 1 karyawan. Namun untuk pemasaranya beliau melakukanya sendiri. Sudah hampir 8 tahun beliau memasarkan produk sendiri sambil kuliah. Dan pada tahun 2002 itu pula beliau menikah dan pada saat itu juga memasarkan bersama istrinya. Dengan menggunakan motor ia pasarkan dagangannya tersebut.

Perjalanan Merintis Bisnis Minuman Herbal

Sambil membonceng istrinya beliau membawa minuman herbal ini di depan dan dibelakang. Semua perjalanan merintis bisnis ini beliau lalui dan nikmati proses demi prosesnya. Mulai dari memasarkan dan menawarkan satu toko ke toko yang lainnya. Mengirim di outlet, memasang dan menata semuanya sendiri.

Meskipun begitu beliau mengakui senang dan menikmatinya. Meski dulu pada awalnya bisnis ini beliau rintis dari bawah hanya bersama istrinya namun beliau mengaku menyukainya. Mengingat dulu sampai sekarang yang mana benar – benar berjuang dari bawah merintis bisnis minuman herbal ini hingga kini bisnisnya yang sudah mulai berkembang dan berhasil sampai kini sudah memiliki buah hati 2.

Beliau benar – benar melalui suka dan duka merintis bisnis ini, dan kini perlahan beliau pun mengajarkan kepada 2 anaknya tentang bisnis. Menurut pengakuannya beliau memilih bisnis minuman herbal kerena pada tahun 2000 sedang booming kunir putih sebagai obat kanker. Kemudian beliau memproduksi kunir putih ini yang mana sudah ada pasar yang membutuhkan. Dan alhamdulillahnya respon pasar pada saat itu cukup bagus. Dan penjualan alhamdulillahnya selalu ada dan selalu ada repeat order.

Memulai Bisnis

Pesan beliau jangan memulai bisnis karena apa yang bisa kamu produksi tetapi produksi apa yang memang dibutuhkan pasar. Dan memang produk yang bisa dijual dipasar. Pada awal merintis bisnis memang tidak ada motivasi, jadi mengalir hanya ingin berjualan punya bisnis. Pada saat itu kondisinya masih mahasiswa jadi dari segi kebutuhan belum begitu banyak.

Jadi hasil seberapa pun dinikmati, bisa beli sesuatu rasanya sudah cukup senang. Meskipun tidak terlalu termotivasi pada saat itu namun dari bisnisnya ini beliau bisa membayar uang kuliah sendiri dari hasil bisnis herbal tersebut. Kemudian seiring berjalanya waktu beliau melihat ada peluang dan hasil dari bisnis ini jadi akhirnya pun beliau lanjutkan.

Mengevaluasi Bisnis

Produksi semakin dikuatkan, merekrut karyawan, kemudian berjalannya waktu hampir 8 tahun memasakran sendiri. Jadi sekarng ini hampir tahu semua swalayan yang ada di Jogja. Bahkan bagian pembelian, bagian keuangan, tagihan semua tahu. 8 tahun memulai merintis bisnis sendiri baru beliau membangun sebuah team yang menghandle pemasaran. Entah cara itu keterlambatan atau memang salah satu proses untuk memperkuat jaringan pemasaran.


Ketika suatu bisnis itu enjoy dan nyaman dilakukanya maka hasilnya pun juga akan maksimal. Tidak cukup sampai disitu saja. Beliau semakin memperbaiki sistem manegement, masalah internal. Kini semakin kesini semakin tahu pentingnya dasar – dasar sebagai seorang pengusaha.

Nah dari situlah yang kini menjadi penguatan dalam motivasinya untuk terus menjalankan bisnis minumam herbal ini. Semakin kesini beliau mengaku tidak hanya ingin menjadi seorang pengusaha namun juga seorang pengusaha yang memiliki kebermanfaatan disana. Sampai quote ini pun beliau cantumkan dalam kemasanya, hal itu karena beliau ingin menjadi orang yang bermanfaat.

Tantangan Menjalankan Bisnis Minuman Herbal

Tantangan dari lain produk, tantangan dari lain daerah tentang produk sejenis. dan sesama pengusaha tentu ada. Namun dengan usaha, doa dan dibarengi dengan kemampuan atau kompetensi dari temen – teman inhaAllah bisa dilalui. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Jadi usahakan untuk terus belajar dan selalu melakukan perubahan dan inovasi untuk perbaikan diproduk. Terutama pada bagian management, keuangan, keluarga dan agama. Dan pastikan untuk terus melakukan inovasi.

Kini semakin berjalannya waktu saat ini sudah ada team managment, pemasaran, team distribusi atau pengiriman ke toko, produksi. Kemudian untuk tempat produksi sudah mulai ditata pelan – pelan. Ada gudang bahan baku, bahan baku, kemasan kemudian tempat masak, tempat untuk packing, kemudian gudang produk akan segera jadi. Kantor admin juga sudah disiapkan. Genap sudah 8 tahun dalam merintis bisnis. Untuk saat ini hampir 90% swalayan yang ada di Jogja sudah diisi.

Melebarkan Sayap Hingga 28 Outlet

Bahkan kini beliau mulai melebarkan sayapnya dengan membuka outlet di Semarang. Sedangkan untuk di daerah Bali dan Lombok sudah mulai merambah di 28 outlet swalayan. Kemudian kini juga menembus sampai kota Banjarmasin dan sekitarnya. Beliau ingin selalu ingin bisnisnya bermanfaat pada umat dan bangsa.

Dengan bisnis ini akan semakin maju, berkembang dan ada kebermanfaatan disana. Jadi beliau selalu bermimpi ingin bisnisnya semakin membesar dan kuat. Yang mana inshaAllah ada kebermanfaatan yang bisa dirasakan oleh orang lain. Tidak hanya untuk keluarganya, namun juga karyawan, tetangga dan seluruh Indonesia ini.

Begitulah cerita yang disampaikan oleh Bapak Mukhlis seorang pengusaha minuman herbal yang kini telah sukses dan mampu merambah 28 outlet swalayan di luar daerah. Semoga kisah inspiratif ini dapat memberikan inspirasi bagi para pengusaha lainnya yang baru akan memulai bisnis maupun sudah melakoni bisnis namun merasa bahwa perjalanannya dalam berjuang belum juga menemukan jalan terang kesuksesan. Kuncinya sabar, lakoni semua dari bawah, lakukan dengan senang hati, nikmati.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan bye bye. Maju terus UKM Indonesia. Cek juga video liputan inspirasi menarik lainnya hanya di channel youtube TVBisnis. Salah satunya diantaranya adalah sebagai berikut :

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba