Bisnis Modal Kecil Untung Besar Produksi Brownies Kukus

Bisnis Brownies KukusKue basah seperti brownies kukus merupakan jenis makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun orang tua. Para pecinta kue tentunya sudah sangat mengenal kue brownies kukus yang terbuat dari cokelat dengan citarasa manis, empuk dan juga legit. Citarasa inilah yang membuat para penikmatnya mau dan terus ingin mencobanya lagi.

Kue brownies kukus ini sempat menjadi santapan yang cukup terkenal lantaran terdapat beragam model bentuk dan cara pengolahannya. Brownies kukus ini pun sangat disukai oleh para konsumen, mulai dari brownies dengan merek ternama hingga potongan kue brownies yang dijajakan di kantin sekolah, kantor bahkan pedagang kaki lima.

Konsumen

Meskipun persaingan untuk bisnis brownies kukus ini semakin ketat, namun peluang bisnis kue ini masih sangat terbuka lebar karena rasanya yang manis, empuk dan legit membuat brownies kukus memiliki banyak penggemar baik dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Memulai Bisnis

Brownies kukus dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu kue kukus dengan bahan dasar cokelat yang paling sering dibicarakan. Jika pada awal mulanya kue yang manis dan legit itu merupakan oleh-oleh khas dari Bandung, namun sekarang ini telah menjadi sajian lezat yang mudah kita temui karena semakin banyaknya penjual brownies kukus.

Karena rasanya yang lezat menjadikan kue brownies ini cepat berkembang dan juga permintaan pasar yang terus meningkat membuat pamornya semakin populer. Oleh sebab itulah saat ini banyak orang khususnya kaum ibu rumah tangga yang melirik untuk menjadikan brownies kukus sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Survey resep brownies yang enak namun bahan baku yang digunakan usahakan dengan murah tetapi berkualitas baik, tepung singkong misalnya. Kelebihan dari brownies kukus dengan tepung singkong adalah mampu bertahan hingga 12 hari di luar kulkas.

  1. Daftar semua kebutuhan yang di butuhkan untuk membuat brownies kukus, termasuk di mana Anda dapat memperoleh bahan baku yang dibutuhkan tersebut. Cari toko grosir yang menjual bahan kue untuk memperoleh harga yang lebih terjangkau.
  2. Pastikan brownies kukus yang Anda jual mempunyai cirri khas rasa tersendiri sehingga konsumen ketagihan untuk membelinya lagi. Anda juga dapat mengedepankan karakteristik brownies kukus buatan Anda, misalnya saja brownies kukus rendah kalori.
  3. Survey lokasi yang tepat dan strategis untuk menjajakan brownies kukus buatan Anda. Kemudian jalin kerja sama dengan beberapa pemilik toko.
  4. Jangan lupa untuk membuat catatan penjualan dan juga catatan piutang karena jika Anda bermain di pasar grosir itu berarti Anda banyak bermain dengan sistem konsinyasi.
  5. Distribusikan ke toko-toko kue pada pagi hari kemudian ambil hasil penjualan setelah 8 jam atau pada sore hari.

Bahan Brownies Kukus

Bahan membuat brownies

  • Gula 225 gram
  • Susu Kental Manis 75 ml
  • Minyak goreng 175 ml
  • Emulsifier 1 sendok the
  • Pasta Coklat
  • Telur 6 butir
  • Terigu 125 gram, ayak, aduk rata bersama dengan coklat bubuk
  • Dark Cooking Cokelat 100 gram. (lelehkan kemudian campur dengan minyak)
  • Garam secukupnya
  • Coklat bubuk 50 gram, ayak, kemudian aduk sampai rata dengan terigu

Cara Membuat Brownies Kukus

  1. Kocoklah telur, garam dan gula, emulsifier dan juga pasta coklat sampai dengan mengembang dan kaku.
  2. Selanjutnya masukkan campuran tepung terigu serta coklat bubuk. Aduk secara perlahan hingga merata.
  3. Masukkan pula campuran minyak dan coklat yang telah dicairkan lalu aduk sampai rata.
  4. Sisihkan sepertiga bagian adonan, lalu beri susu kental manis dan aduk sampai rata.
  5. Bagi 2 adonan yang tanpa susu kental manis. Bagian pertama, kukus selama 10 menit, kemudian tambahkan adonan dengan susu kental manis kemudian kukus selama 10 menit,
  6. Terakhir masukkan sisa adonan tanpa susu kental manis, lanjutkan dengan mengukusnya sampai matang selama kira-kira 20 menit.
  7. Angkat kemudian dinginkan, sekarang kue brownies coklat yang lezat sudah siap.

Keuntungan Bisnis       

Target pasar untuk bisnis modal kecil yang satu ini adalah dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua dan cocok juga bagi semua kalangan, baik pelajar, kalangan menengah ke bawah serta pegawai kantor. Semua itu karena harga untuk brownies kukus cukup murah. Lebih menariknya lagi, brownies kukus dapat disajikan setiap saat tanpa harus menunggu momen tertentu.

Hambatan Bisnis

Ketika menjalankan bisnis brownies kukus ini ada beberapa hambatan yang mungki akan Anda temui, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Banyaknya pesaing yang telah lebih dulu menjalankan bisnis ini sehingga Anda harus pintar-pintar menciptakan sebuah inovasi baru.
  2. Kue basah seperti brownies kukus tidak bisa tahan lama sehingga jika tidak laku makan akan cepat basi.
  3. Adanya beberapa bahan baku yang mahal, misalnya saja gula, telur dan tepung terigu.
  4. Proses memasak dan mengolahnya terhitung cukup lama sehingga memerlukan banyak tenaga.

Strategi Pemasaran

Brownies kukus hasil buatan Anda akan diminati oleh banyak calon pembeli dengan berbagai alasan. Selain karena rasanya yang enak, tampilan yang cantik dan juga pintar-pintar Anda dalam mempromosikan barang dagangan kepada masyarakat. Kue brownies kukus selain cocok disajikan sebagai camilan juga sangat cocok dihidangkan pada saat hajatan atau acara-acara penting lainnya seperti arisan, pengajian dan lain sebagainya.

Panjangkan jangkauan Anda serta banyak-banyaklah dalam melobi orang yang memiliki perkumpulan atau sebuah komunitas. Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis kue lainnya agar mau ikut menjual brownies kukus hasil buatan Anda. Tawarkan produk Anda tersebut kepada mereka sebagai salah satu menu andalan untuk dihidangkan pada saat ada acara hajatan.

Kunci Sukses

Kunci sukses untuk meraih sebuah kesuksesan dalam bisnis brownies kukus dengan menciptakan dan mempertahankan citarasa yang khas. Rasa yang enak, tekstur yang empuk dan kemasan sederhana tapi tetap menarik dan murah adalah yang utama. Bermain di pasar grosir dengan mengambil sebuah keuntungan yang tidak terlalu banyak tetapi digenjot dengan jumlah penjualan yang banyak itu akan mendatangkan pendapatan yang justru lebih banyak. Maju terus pantang mundur karena kesuksesan pasti akan menghampiri bisnis Anda meski hanya dengan modal kecil.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
1 unit kompor gas 1 tungku                Rp 100.000,00
1 buah panci pengukus                     Rp 300.000,00
6 buah nampan plastik                     Rp 180.000,00
Baskom plastik                            Rp  65.000,00 +
Total Modal Awal                          Rp 645.000,00

Pengeluaran
Telur 2,5 kilogram                        Rp 24.000,00
Gula pasir 1 kg                           Rp  9.100,00
Vanili                                    Rp    500,00
Garam                                     Rp    300,00
Emulsifier                                Rp  1.500,00
Tepung terigu 2 kilogram                  Rp 15.000,00
Coklat bubuk                              Rp  2.500,00
Minyak goreng 0,5 kilogram                Rp  6.500,00
Dark Cooking Cokelat                      Rp 14.000,00
Susu Kental Manis (SKM)                   Rp  7.500,00
Plastik kemasan 1 ons 175 lembar          Rp 14.000,00 +
Total Pengeluaran Harian                  Rp 84.900,00

Pengeluaran per bulan
Rp 84.900 x 30 hari                       Rp 2.547.000,00

Pendapatan per bulan
@ Rp 1.500 x 80 potong x 30 hari          Rp 3.600.000,00

Keuntungan per bulan
Rp 3.600.000,00 – Rp 2.547.000,00   =     Rp 1.053.000,00

Nah, setelah menyimak peluang bisnis brownies kukus yang kami informasikan, kini giliran Anda untuk mencoba merintis bisnis modal kecil untung besar produksi brownies kukus. Selamat berkarya dan salam sukses!

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-KBxPZgUTmJE/TWE45yDggfI/AAAAAAAAAFo/yT4QIuHGWmU/s1600/Brownies%2BKukus.jpg

11 thoughts on “Bisnis Modal Kecil Untung Besar Produksi Brownies Kukus”

  1. Assalammualaikum .bu ,usaha saya alhamdulillah sdh berjalan dua thn..produk sy ayam kodok,gudeg krecek,snack box n aneka kue tampah dan roti manis..kendala saya adalah pemasaran nya…belum ada pelanggan tetap..pembeli saya dtg n pergi..pelanggan ada yg bertahan antara 3-6 org😪..sy sdh memakai jasa fb,ig …..bagaimana bu solusi masalah saya.

    Reply
    • Dalam berbisnis ada istilah plafon bisnis kalau di kampung jualan kfc pizza tentu kurang menguntungkan karna masyarakat minim dan daya belinya rendah. Maka jika anda ingin sukses sesuaikan produk anda dengan keadaan lingkungan anda. Sesuaikan dengan pangsa pasar

      Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk cara memulai bisnis brownies dengan modal kecil telah kami lampirkan pada artikel di atas, untuk mengakses artikel secara lengkap Ibu Dewi kami persilahkan untuk log in terlebih dahulu ke member area. KLIK DISINI untuk bisa log in ke member area. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk membuka usaha brownies bisa Bunda mulai dari skala rumahan. Informasi lengkap mengenai bisnis rumahan brownies kukus telah kami kupas pada artikel ini, kami persilahkan Bunda untuk register di BisnisUKM.com dan log in sebagai member untuk membaca artikel bisnis modal kecil untung besar produksi brownies kukus. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. assalamualaikum, bu sy ingin membuka usaha bisnis rumahan brownies kukus. mohon arahannya dan resepnya bu. terima kasih.

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Untuk mendapatkan informasi lengkap bagaimana caranya merintis bisnis rumahan brownies kukus beserta resep pembuatannya, kami persilahkan Ibu Endang untuk register (daftar) terlebih dahulu sebagai member dan log in terlebih dahulu ke BisnisUKM.com sehingga bisa membaca artikel PELUANG BISNIS dengan lengkap. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba