Bisnis Online Shop Usaha Sampingan Kekinian Menguntungkan

Bisnis online shop menjadi salah satu jenis usaha yang makin diminati oleh banyak orang apa lagi di zaman sekarang. Kemajuan teknologi internet telah merubah banyak hal dalam tatatan kehidupan termasuk dalam dunia bisnis. Baik dari segi pelaku bisnis maupun konsumen polanya telah berubah. Kalau dulu untuk mendapatkan sebuah produk seseorang harus datang langsung ke toko, sekarang dari jarak jauh cukup lewat smartphone produk apa saja bisa didapatkan. Begitu juga dengan para pebisnis yang semakin mudah dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.

Bisnis Online Shop

Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis online shop? Memulai bisnis online shop pada dasarnya lebih dari sekadar membuat blog atau website yang sederhana. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai kekhawatiran atau penghambat kamu untuk berkembang dalam memulai sebuah bisnis. Ha yang lebih kompleks ketika kamu sudah mulai menjalankan bisnis toko online adalah manajemen inventaris dan pengiriman. Dua hal tersebut tentu saja menyita waktu yang cukup banyak. Apa lagi kalau kamu menjual produk buatan sendiri, sudah pasti kamu juga akan berurusan dengan sistem produksi. Ada dua cara yang bisa kamu pilih kalau memang lebih tertarik untuk memulai bisnis online shop.

Model Bisnis Toko Online

Pertama adalah dengan cara dropship kemudian yang kedua adalah reseller. Kalau untuk sistem drop shipping kamu bisa melakukan penjualan tapi untuk pengiriman barang ke konsumen melalui pihak lain yaitu supplier atau pemasok barang. Kamu bisa menetapkan harga jual ke konsumen dengan mengambil untung 5% sampai 20% dari harga barang yang ditawarkan oleh supplier. Kelebihan dengan cara dropship adalah kamu tidak perlu berurusan dengan pengiriman barang yang akan memakan banyak waktu dan tenaga tambahan. Dari hal inilah kamu bisa fokus untuk menjalankan bisnis online shop dengan menaikkan traffic dengan optimasi yang tepat baik itu dengan SEO atau Search Engine Optimization mau pun Social Media Optimization.

Bisnis Online Shop Usaha Sampingan Kekinian Menguntungkan
usiness.co.uk

Begitu juga dengan sistem reseller di mana kamu bisa mengambil barang atau produk dari supplier untuk kamu jual kembali dengan menaikkan beberapa persen sebagai keuntungan bisnis online shop kamu. Kelebihan dari sistem reseller ini adalah kamu tidak perlu melibatkan pihak lain untuk memastikan bahwa barang atau produk yang diminta konsumen masih tersedia atau tidak. Kamu bisa mengelola stok barang secara langsung dan lebih rapi dibandingkan dengan sistem drop ship di mana kamu harus memastikan ke supplier apakah produk yang diinginkan konsumen masih tersedia atau tidak. Selain itu kamu juga akan lebih bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan lebih detail terkait produk yang kamu jual karena produk tersebut ada di tangan kamu bukan pihak lain.

Pentingnya Optimasi

Baik itu sistem dropship maupun reseller keduanya sama-sama bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkaan. Untuk memulai bisnis online shop secara umum kamu perlu melakukan optimisasi agar banyak orang yang berkunjung ke bisnis toko online kamu. Contohnya adalah dengan fokus pada niche market atau ceruk pasar. Maksudnya adalah segmen pasar yang sangat spesifik dari sebuah bisnis. Begitu juga dengan bisnis online shop yang kamu jalankan, kamu harus menentukan siapa niche market yang akan dibidik. Dari hal itulah kamu bisa menentukan topik yang spesifik sesuai dengan niche market yang kamu sasar. Kemudian jalin kerja sama dengan partner yang sesuai. Mulai dari pemilihan supplier sampai jasa pengiriman barang harus kamu perhatikan dengan baik. Sebab karakteristik konsumen dari bisnis tokok online kamu akan sangat beragam. Maka dari itu standar pelayanan konsumen haruslah yang terbaik.

Memulai Bisnis Online Shop

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika menjalankan usaha sampingan melalui bisnis online shop adalah kamu bisa melakukannya dari rumah. Tidak perlu menyewa toko dengan biaya besar, cukuplah jadikan rumah kamu sebagai pusat dari aktivitas bisnis sampingan ini. Kalau kamu lebih memilih sistem reseller maka sediakan tempat khusus untuk menyimpan stok barang yang kamu jual. Berbeda lagi dengan sistem dropship kamu tidak memerlukan tempat sama sekali untuk menyimpan stok barang. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas cara memulai bisnis online shop untuk usaha sampingan dari rumah yang menjanjikan. Baca selengkapnya berikut ini ya!

1. Modal pertama yang kamu butuhkan adalah smartphone dan akses internet

Sekarang ini siapa yang tidak memiliki smartphone, tidak hanya kalangan anak muda saja yang punya gadget canggih, tapi juga semua kalangan dari anak muda sampai orang tua banyak yang memiliki akun Facebook, Whatsapp, sampai Instagram di smartphone mereka. Buatlah akun bisnis toko online melalui smartphone dan koneksi internet seperti biasanya kamu berselancar di dunia maya. Tentunya waktu yang kamu habisnkan dalam menggunakan smartphone akan lebih produktif dari biasanya. Gunakanlah dengan bijak supaya bisnis online shop kamu bisa berjalan dengan baik dan bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

2. Tentukan ide bisnis yang sesuai dengan target konsumen

Tidak perlu muluk-muluk cari peluang bisnis yang modalnya besar, kamu bisa memulainya dari ide bisnis sederhana yang paling dekat dengan target konsumen. Misalnya target konsumen kamu adalah kalangan ibu rumah tangga. Maka contoh produk yang bisa kamu jual di bisnis toko online adalah peralatan dapur, produk fashion seperti gamis ataupun jilbab. Bisa juga dengan produk lain yang dekat dengan kehidupan ibu rumah tangga.

3. Buatlah foto dan deskripsi produk yang jelas

Ketertarikan konsumen untuk melakukan transaksi online kebanyakan berasal dari setelah melihat tampilan foto produk dan deskripsi singkat yang disampaikan penjual di lapak jualannya. Maka dari itu siapkan foto produk dengan kualitas yang baik. Begitu juga dengan deskripsi produk. Jelaskan kelebihan, manfaat, dan spesifikasi produk melalui deskripsi produk. Jangan sampai produk yang kamu jual foto dan deskripsinya tidak sesuai dengan barang yang diterima konsumen. Hal ini justru bisa menjadi boomerang untuk perkembangan bisnis online shop kamu.

4. Pisahkan akun pribadi dan lapak bisnis toko online

Jangan sampai kamu menjadikan akun bisnis online shop sekaligus sebagai akun pribadi. Pisahkanlah akun yang kamu gunakan antara keperluan pribadi dan urusan bisnis. Kebanyakan akun jualan yang digunakan tidak hanya dipenuhi foto-foto produk. Jangan sampai ada postingan lain yang tidak ada hubungannya dengan bisnis toko online yang kamu jalankan.

5. Daftarkan bisnis toko online kamu di situs marketplace untuk mendongkrak penjualan produk

Selain memanfaatkan akun sosial media, sekarang ini marketplace jadi satu lapak online yang cukup efektif untuk mendongkrak penjualan produk. Sekarang sudah makin banyak marketplace yang tersedia dan bisa kamu pilih. Bahkan kalau kamu sanggup, kamu bisa sekaligus mendaftarkan bisnis online shop kamu ke lebih dari satu marketplace.

Itulah ulasan mengenai bisnis online shop yang bisa kamu jadikan ide untuk memulai usaha sampingan dari rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu makin #NaikKelas ya. Ikuti terus ulasan menarik tentang usaha sampingan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba