Bisnis Dropship Peluang Buat Ibu Rumah Tangga

Bisnis dropship saat ini mulai banyak digemari oleh banyak orang. Sebab untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar bahkan bisa berjalan tanpa modal. Risiko dari bisnis dropship juga rendah jadi akan sangat cocok untuk orang-orang yang baru terjun di dunia bisnis. Begitu juga untuk para ibu rumah tangga yang akan sangat cocok ketika menjalankan bisnis dropship dari rumah dengan hasil yang menjanjikan dan aktivitas lainnya tetap bisa berjalan dengan baik. Apakah Bunda tertarik untuk mencoba bisnis ini? Sebelum memulainya Bunda perlu pahami terlebih dahulu apa itu dropship supaya Bunda bisa lebih siap untuk memulai bisnis ini.

Bisnis Dropship

Dropship merupakan model bisnis yang populer di masa sekarang ini di mana teknologi internet semakin maju dan berkembang. Model bisnis dropship pada praktiknya melibatkan pihak ketiga yang disebut sebagai dropshipper yang akan menjembatani hubungan antara pembeli dan produsen atau supplier barang. Sekilas dropshipper punya peran yang mirip dengan reseller di mana mereka menjual produk dari supplier atau produsen ke pembeli. Tapi model bisnis dropship dengan model reseller tentu berbeda. Di mana dropshipper tidak perlu menyetok barang atau produk yang akan dijual ke pembeli. Dropshipper juga tidak perlu mengirimkan barang atau produk yang dibeli pelanggan satu per satu ke alamat mereka.

Bisnis Dropship Peluang Buat Ibu Rumah Tangga
freepik.com

Cara kerjanya sebagai dropshipper, Bunda akan meminta supplier untuk mengirimkan produk atau barang ke pembeli atas nama Bunda sebagai dropshipper. Seolah-olah Bunda lah yang menjadi penjual pertama dari produk. Padahal dropshipper pada dasarnya hanya mempromosikan barang yang dimiliki supplier ke pembeli. Sebagai dropshipper Bunda bisa menentukan harga jual yang berbeda dari supplier. Dari selisih harga itulah yang akan menjadi keuntungan buat Bunda. Peluang bisnis dropship saat ini makin terbuka lebar. Tidak heran kalau sekarang model bisnis semacam ini sangat diminati terutama untuk para ibu rumah tangga.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Dropship

Bisa dikatakan yang diperlukan untuk memulai bisnis dropship adalah keuletan Bunda dalam menjalankannya. Supaya Bunda bisa mengenal lebih jauh tentang bisnis dropship, kali ini Bisnis UKM akan mengulas keungungan apa saja yang akan Bunda dapatkan saat menjalankan bisnis yang makin banyak peminatnya ini.

1. Bisnis Tanpa modal

Bunda tidak memerlukan modal besar untuk menjadi dropshipper. Setidaknya Bunda hanya membutuhkan koneksi internet untuk semua aktivitas bisnis ini. Bunda juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyetok barang dan tidak perlu menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan barang. Tidak perlu juga untuk membuat packaging produk saat akan dikirim ke pembeli. Begitu juga dengan modal ongkos kirim saat akan mengirimkan barang ke pembeli. Jadi bisa dikatakan Bunda tidak memerlukan modal untuk menjalankan bisnis ini.

Hal yang Bunda butuhkan sebetulnya adalah keinginan untuk belajar. Model bisnis yang melibatkan teknologi seperti halnya dropship ini tentu ada sisi teknis yang perlu dipelajari. Mulai dari scraping data sampai mempromosikan barang ke pelanggan. Selain itu sikap yang baik sebagai dropshipper juga tidak kalah penting. Sebagai dropshipper, Bunda harus menanggapi segala pertanyaan dari calon pembeli. Beberapa di antaranya pasti menguji kesabaran. Jadi sikap yang profesional, cekatan, dan sabar adalah modal yang juga penting untuk bisnis model ini.

2. Bisnis yang Fleksibel

Dibandingkan dengan model bisnis atau pekerjaan kantor lainnya, bisnis dropship dalam praktiknya jauh lebih fleksibel. Tidak ada jam kantor yang kaku, tidak perlu merias diri sebelum bertemu calon pembeli, dan hal lain yang umumnya ada pada bisnis konvesional. Asalkan ada koneksi internet, Bunda tetap bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan Bunda bisa menjalankan bisnis tanpa perlu ke luar dari rumah. Bunda bisa membagi waktu sambil bersih-bersih rumah, mengurus anak, menjaga toko kelontong, atau bahkan sambil berlibur. Dari fleksibilitas waktu inilah kenapa bisnis dropship menjadi banyak diminati orang dari berbagai kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, orang yang sudah punya usaha, pensiunan, serta karyawan.

3. Banyak Pilihan Produk untuk Dijual

Bisnis dropship menawarkan begitu banyak pilihan produk atau barang untuk Bunda jual. Mulai dari produk kecantikan, gadget, pakaian, alat kebutuhan rumah tangga, sepatu, dan produk lainnya. Bisa dikatakan apapun yang dijual di internet bisa dijual untuk bisnis dropship yang Bunda jalankan. Bunda tidak perlu khawatir memiliki terlalu banyak saingan. Biasanya pelaku dropship hanya mendalami satu atau dua segmen produk.

Jika terlalu banyak justru bisnis dropship akan menjadi tidak terlalu efektif. Dropshipper akan kewalahan ketika jenis produk yang ditawarkan jenisnnya sangat beragam. Hal itu yang bisa menjadikan reputasi toko milik dropshipper menjadi kurang baik. Maka dari itu penting untuk Bunda supaya memilih produk yang sesuai dengan segmen pasar saja. Pilihlah satu atau dua jenis produk yang Bunda tawarkan. Akan lebih memudahkan juga ketika dua jenis produk tersebut masih memiliki keterkaitan. Misalnya produk kosmetik dan skincare, kemudian produk gadget dengan aksesoris gadget, atau bisa juga sepatu olahraga dengan tas olahraga serta produk lain yang bisa Bunda tentukan dan masih saling terkait.

Pilihan Produk Bisnis Dropship

Beberapa prouduk yang punya peluang menjanjikan untuk Bunda tawarakan dalam bisnis ini ada beragam. Perlu Bunda pelajari terlebih dahulu jenis-jenis produknya. Berikut ini beberapa jenis produk yang bisa dipilih untuk ditawarkan ke pembeli dari toko dropship Bunda. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Produk Kecantikan

Menjual produk kosmetik akan sangat menjanjikan karena pangsa pasarnya luas. Ada banyak jenis produk kosmetik yang bisa Bunda tawarkan. Mulai dari make up, masker wajah, sabun wajah, serta produk kecantikan lainnya untuk perempuan mau pun laki-laki. Sebelum menawarkan dan menjual produk kecantikan, pastikan Bunda telah mengenal dengan baik produk-produk tersebut. Pastikan produk tersebut asli, sudah punya izin edar, dan aman untuk dikonsumsi atau digunakan.

2. Produk Aksesoris

Untuk produk aksesoris banyak pilihannya. Mulai dari jam tangan, topi, perhiasan, dan aksesoris lainnya yang biasa dicari oleh banyak orang. Salah satu peluang yang menjanjikan adalah jam tangan. Selain karena banyak peminatnya, jam tangan juga selalu menghadirkan model-model terbaru yang banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan.

Jam tangan yang dijual di toko online juga banyak variasinya ada yang kw dan ada yang asli. Produk kw tentu akan dijual lebih murah. Pastikan Bunda tidak tertipu dengan supplier nakal yang menjual jam kw dengan harga jam asli. Kalau Bunda tertarik menjalankan bisnis dropship jam tangan, ada baiknya kenali beberapa jenis model jam tangan. Supaya saat ada calon pembeli yang menanyakan stok jenis jam tertentu, Bunda bisa dengan mudah menjawabnya dengan tepat.

3. Produk Olahraga

Ada banyak produk olahraga yang bisa Bunda tawarkan. Mulai dari perlengkapan olahraga, pakaia olahraga, aksesoris olahraga, sampai fans kit untuk club olahraga tertentu. Bunda bisa menentukan terlebih dahulu item apa yang akan Bunda tawarkan. Misalnya Bunda akan memilih item pakaian dan aksesoris olahraga secara umum. Ada item celana legging, celana base layer, celana training, manset, kaos kaki sport, sepatu olahraga, serta produk lain yang secara umum bisa digunakan untuk aktivitas olahraga secara umum.

Itulah ulasan mengenai bisnis dropship yang bisa Bunda jadikan acuan untuk memulai usaha. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Bunda ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang Bunda jalankan semakin #NaikKelas ya! Ikuti terus tulisan tentang bisnis menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba