Manajemen UKM

Ternyata Bisnis Sampingan Bisa Dijalankan Tanpa Meninggalkan Pekerjaan

Ternyata bisnis sampingan bisa dijalankan tanpa meninggalkan pekerjaanDi era serba modern seperti sekarang ini, berbagai cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan tanpa harus meninggalkan pekerjaan kita sebagai seorang karyawan. Dengan memberdayakan skill yang dimiliki, setiap karyawan juga memiliki peluang yang sama untuk bisa sukses merintis bisnis sampingan di sela-sela kesibukannya menjalani pekerjaan utamanya sebagai seorang karyawan.

Kendati setiap karyawan memiliki peluang yang sama untuk bisa sukses merintis bisnis sampingan, akan tetapi tidak semua orang berani mengambil peluang tersebut. Berbagai pertimbangan serta ketakutan sering menghinggapi calon pengusaha sehingga tidak sedikit dari mereka yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk merintis bisnis sampingan.

Nah, agar Anda tak termasuk diantara mereka yang selalu diliputi berbagai ketakutan. Berikut ini adalah empat poin penting yang perlu diperhatikan calon pengusaha agar bisa memulai bisnis sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan.

Ubahlah sudut pandang Anda

Sampai saat ini, sebagian besar pelaku bisnis menganggap posisinya sebagai seorang karyawan hanya menjadi batu pengganjal bagi perkembangan usahanya. Tentu perspektif ini harus Anda ubah dari sekarang. Sebab, posisi tetap Anda sebagai seorang karyawan bisa menjadi salah satu sumber dana untuk membiayai pertumbuhan bisnis sampingan Anda. Jadi, sebelum bisnis Anda benar-benar matang, usahakan untuk tetap mempertahankan posisi tersebut sampai akhirnya tiba waktu Anda untuk memilih fokus mengembangkan usaha.

Kelola keuangan usaha Anda dengan baik

Meski bisnis yang Anda jalankan masih belum stabil kondisi keuangannya, namun belajarlah mengelola keuangan usaha Anda dengan baik agar kedepannya Anda tidak kesulitan dalam membesarkan roda usaha. Dalam hal ini biasakan untuk membedakan mana uang usaha dan upah kerja yang Anda terima setiap bulannya. Dengan begitu, alur pemasukan, pengeluaran, dan aset usaha yang Anda miliki bisa tercatat dengan rapi.

Jangan pernah lupa untuk terus belajar

tips bisnis sampingan bagi karyawanKetika memutuskan untuk menekuni dunia usaha sembari bekerja, sebaiknya jangan lupakan tugas utama Anda untuk terus belajar mendalami kedua peran tersebut. Hal ini penting agar kedua peran yang Anda jalani bisa berjalan beriringan tanpa ada salah satunya yang terabaikan. Bila perlu, carilah mentor atau guru yang bisa mengajarkan Anda untuk bisa tetap fokus menekuni dua peran tersebut.

Hindari aktivitas yang kurang penting

Mengingat peran Anda sebagai seorang pengusaha sekaligus karyawan cukup menyita waktu, tenaga, dan pikiran Anda, maka disarankan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dirasa kurang penting. Gunakan waktu Anda secara efektif untuk memikirkan bisnis sampingan yang sedang dirintis, dan buatlah rancangan kerja yang realistis agar kedua peran tersebut bisa tetap berjalan tanpa ada salah satu yang dikorbankan.

Itulah beberapa tips bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan disela-sela waktu kerja Anda. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bagi para pemula yang sekarang ini statusnya masih aktiif bekerja sebagai karyawan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2013/05/peluang-usaha-sampingan.jpg
2. https://lh3.googleusercontent.com/-_3jT2Xe7YV0/UgiBS1cc7II/AAAAAAAAAMg/WN101CCxXaw/Online-marketing.jpg