Bisnis Tanaman Anggrek, Dari Hobi Raup Omzet Ratusan Juta Perbulan!

Bisnis tanaman anggrek ini bisa membuat Maghfira Nur Azizah punya omzet ratusan juta perbulan di usianya sekarang yang masih sangat muda. Apalagi di era pandemi ini, bisnis tanaman seperti ini bisa jadi peluang usaha tersendiri lho! Siapa yang mau juga punya omzet ratusan juta dengan jualan bunga? Inspirasi selengkapnya bisa kamu petik dengan tonton video dibawah ini selengkapnya ya!

Bisnis Tanaman Anggrek Orchidnesia

Mulai Ditahun 2017

Owner dari Orchidnesia kerap dipanggil dengan fira. Ia aktif menjalankan bisnis yang di kelola sendiri. Orchidnesia ini adalah jual beli anggrek. Berada di Jalan Manggis RT 01 RW 05 Krakitan Sucen Salam Magelang Jawa Tengah. Untuk penjualan terfokus pada penjualan online dan melayani pembelian seluruh Indonesia.

Selain berbisnis ia juga aktif sebagai mahasiswi fakultas psikologi. Pada awalnya memulai bisnis pada tahun 2017 yang mana pada saat itu sedang hits entrepeneur. Kemudian ia mulai berfikir kira-kira bisnis apa yang bisa dijalankan. Lalu ia menemukan satu bisnis tanaman anggrek. Dari keluarga memang sudah menyukai tanaman yang satu ini. Maka bukan hal baru lagi ketika ia memulai bisnis ini sudah tahu banyak tentang tanaman yang satu ini.

Mempertimbangkan Aspek

Ketika ia memilih berbisnis anggrek ia pun juga memperhatikan berbagai aspek. Satu hal yang ia selalu pertimbangkan adalah apakah bisnis anggrek bisa bertahan lama? Tidak hanya sekedar ikut-ikutan saja. Kebanyakan orang berbisnis itu hanya mengikuti trend saja. Harus memperhatikan bisnis yang bisa bertahan lama. Pada saat itu anggrek online belum banyak sehingga merupakan peluang yang bagus untuk memulai.

Alasan mengapa ia memilih anggrek selain karena hobi tapi juga karena peminat yang suka anggrek sangat besar. Bahkan di facebook sendiri ada komunitas khusus pecinta anggrek. Ia pun mengincar target pasar yang memang sudah memiliki hobi mencintai anggrek. Hobi itu cenderung bertahan lama dan tidak akan pernah ada surutnya.

Ketersediaan bahan baku menjadi salah satu tantangan dalam mengembangkan bisnisnya. Sebab permintaan bunga anggrek ini sebenarnya cukup banyak. Sehingga permintaan pasar yang tinggi dengan ketersediaan bahan baku tidak seimbang. Kemudian ia pun bekerjasama dengan para petani dan memberdayakan mereka. Selain itu ia juga melakukan import.

Tantangan Bisnis

Tantangan lain yang dihadapinya adalah karena sistem bisnisnya adalah online, ia tidak bisa mengontrol apakah barang yang dikirim aman atau tidak karena perjalanan yang tidak sebentar. Namun ia belajar trial dan error, setiap hari mengembangkan dan memperbaiki sistem. Distribusi menjadi salah satu kendala di awal.

Belajar melalui mentor (pelaku bisnis bunga anggrek) dan kursus budidaya anggrek menjadi modal dasarnya. Dari sana didapatlah bagaimana cara menyilangkan anggrek dan yang paling penting adalah belajar dari pengalaman trial dan error, bagaimana jatuh dan bangkit lagi. Menurutnya gagal itu bisa jadi batu sandungan atau batu loncatan tergantung menyikapinya.

Dimulai Dari Dropship

Pada mulanya ia adalah dropshipper yang belum memiliki kebun sendiri, green house dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu ia pun akhirnya bisa mengumpulkan modal, memiliki kebun sendiri, green house. Bibit pertama yang ia jual adalah hybrid. Namun sekarang sudah menjual berbagai spesies anggrek. Sehingga harganya pun semakin naik dan naik.

Keunggulan dari Orchidnesia ini berada pada kualitas dan service yang menjadi point utamanya. Safety nya cukup luar biasa karena untuk treat sudah bagus menggunakan dakron dan garansi 100% untuk kerusakan. Ketersediaan anggrek di Orchidnesia ini pun cukup banyak variasinya.

Faktor Keberhasilan Merawat Anggrek

Ada banyak faktor keberhasilan dalam merawat anggrek ini. Semua bisa dilihat dari cuaca, penyiraman dan pemupukan, namun yang paling utama harus diperhatikan adalah penyiraman dan pemupukan. Untuk penyiraman lihat dulu pada medianya butuh untuk disirami atau belum.

Pada musim kemarau bunga anggrek bisa disiram 2 hari sekali. Sedangkan pada musim hujan, penyiraman bisa lebih panjang 4 hari sekali. Untuk pemupukan konstan setiap 1 minggu sekali. Pupuk sendiri ada range nya dari yang bagus sampai yang biasa saja. Untuk itu perlu memperhatikan pupuk yang sesuai dan pilih yang kualitasnya paling bagus jika ingin menghasilkan tanaman anggrek yang bagus pula.

Hobi mencintai anggrek ini biasanya terjadi turun menurun, misal orang tuanya suka anggrek tidak menutup kemungkinan anaknya juga menyukai. Namun yang utama biasanya orang menyukai anggrek melihat karena aneka ragam bunganya yang cantik dan menarik.

Fira membangun attachment base nya via online yang mana sosial media menjadi senjata utama Orchidnesia dalam memasarkan produk. Selain itu ia juga meningkatkan SEO dengan menggunakan hashtag di instagram untuk membangun jaringan. Kemudian ia juga memanfaatkan website untuk memasang iklan.

Sedangkan untuk pasar kaget lebih membidik pasar target ibu-ibu diatas 35 tahun. Namun terkadang juga membidik target milenial yang mana mereka yang ingin memberikan kado pada orang tuanya atau orang terdekat.

Branding Untuk Memenagkan Pasar

Memenangkan persaingan dengan cara branding di sosial media. Lebih menonjolkan konten grafisnya karena yang menjalankan adalah anak muda milenial. Kemudian juga mengedukasi bahwa anggrek tidak hanya untuk orang diatas umur 35 tahun. Namun bisa dijangkau oleh kaum milenial. Dengan begitu konsumen akan tertarik untuk membeli anggrek di Orchidnesia.

Tanaman Anggrek Mahal?

Sebenarnya tergantung jenisnya, ada beberapa jenis yang harganya masih mudah untuk dijangkau. Untuk jenis tertentu memang harganya cukup tinggi mencapai jutaan rupiah.

Motivasi Bisnis Tanaman Anggrek

Sama seperti orang lain yang aktif dalam sebuah organisasi. Fira ingin lebih aktif dan produktif dalam mengembangkan passionnya. Alasan kedua adalah ia ingin membuka lapangan pekerjaan bagi para orang disekitar yang membutuhkan pekerjaan.

Dukungan keluarga adalah hal utama, dimana orang tuanya selalu mendukung dalam menjalankan bisnis. Memantau perkembangan bisnis yang ia jalani dsb.

Harapan untuk kedepan usaha tanaman anggrek sangat bagus prospeknya. Bisa untuk mencoba memberdayakan dirumah. Melihat prospeknya yang sangat bagus akan sangat sayang jika orang lain melewatkan.

Tips Untuk Milenial

Tips untuk milenial, biasanya nih mereka sudah takut untuk mencoba. Punya banyak plan A, B, C dan D tapi tidak pintar dalam eksekusi, takut akan resiko kedepannya. Jadi buat para anak muda milenial yang mau bisnis yuk do it! jadi lalukan dan jangan menunda-nunda. Kalau kita sudah mencoba akan asik. Sesuatu yang dijalani dengan hati hasilnya juga akan baik.

Nah tadi adalah kisah yang dibagikan oleh pengusaha muda milenial yang memulai bisnis tanaman anggrek sejak masih belia. Ini membuktikan untuk bisa berbisnis tak harus menunggu usia tua. Bahkan anak muda pun bisa memulainya. Jangan ragu untuk memulai dan jangan malu terjun dalam dunia bisnis, anak muda juga bisa berkarya dan jadi sukses di usia yang muda!

Tak ada yang tak mungkin, sukses diusia muda bukan mimpi belaka saat kamu berani mewujudkannya. Tanpa ragu dan terus bersungguh-sungguh dalam menekuni bisnis pasti kita akan diantarkan pada jalan menuju kesuksesan. Tonton juga video inspiratif lainnya hanya di channel TVBisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba