Pemasaran

Cara Efektif Memahami Gerak Tubuh Konsumen

perilaku konsumenKali ini saya akan membahas tentang cara efektif memahami gerak tubuh konsumen berdasarkan pengalaman saya menjalankan bisnis konveksi secara online Mbojo Souvenir.

Dalam menjalankan bisnis tentu terjadi karena adanya interaksi antara 2 orang atau lebih yaitu Si Penjual dan Pembeli. Menghadapi konsumen saat percakapan akan dimulai, tentu kita harus memiliki pengetahuan tentang apa saja bahasa tubuh yang sering dilakukan oleh konsumen yang akan menggunakan jasa atau membeli produk yang kita miliki.

Hampir setiap hari kita menggunakan bahasa tubuh untuk menanggapi sesuatu, menerima informasi bahkan saat negosiasi. Untuk memahami karakter atau tipe konsumen, sangat perlu untuk mengetahui gerak tubuhnya.

Bagaimana cara memahami gerak tubuh konsumen?

Berikut ini saya akan memaparkan beberapa gerak tubuh yang sangat sering digunakan oleh konsumen.

1. Gerakan Konsumen yang Kurang suka

Konsumen akan melakukan beberapa gerakan yang sangat sering dilakukan seperti mengerutkan jidat atau dahi, mengembangkempiskan hidung, bibir sedikit manyun, menggaruk pinggir mata dan melihat ke arah yang berbeda secara tidak teratur, ketika mereka tidak suka dengan pelayanan yang kita berikan. Hal lain yang sering dilakukan konsumen saat kurang suka akan apa yang kita jelaskan adalah dia melipat kedua tangannya tanda pertahankan diri agar apa yang diinginkan segera disetujui, dan dia akan memberikan beberapa kata ingin mengakhiri pembicaraan tanda kurang suka dengan pelayanan dan harga yang kita berikan.

2. Gerakan Konsumen yang Antusias

Gerak tubuh yang paling sering dilakukan oleh konsumen yang antusias adalah melihat ke arah mata kita sambil mengangkat alis, memberikan senyum yang disertai dengan anggukan kepala, dengan wajah ceria terus diperlihatkan oleh konsumen kita saat dia menyetujui dengan kesepakatan yang sudah dilakukan. Bahkan konsumen sangat aktif ingin menggunakan produk yang akan dibeli dan memuji setiap detail produk yang kita berikan, konsumen juga akan banyak tanya tentang bisnis yang kita jalankan, kondisi ini menjadi tanda bahwa konsumen sudah mulai nyaman dengan apa yang kita sajikan

Memang, memahami perilaku konsumen atau bahasa tubuh konsumen gampang-gampang susah, ini perlu teknik khusus dan sering belajar dengan cara sering berkomunikasi dengan berbagai karakter setiap harinya.

Terima kasih untuk terus mengikuti sharing bisnis yang saya tuliskan di bisnisUKM dan semoga bermanfaat dan tentunya apa saja yang saya tulis ini semoga bisa menjadi hal baru yang membantu untuk kelancaran bisnis semua member bisnisUKM.

Sumber gambar : http://bajajelectricals.com/images/customer-care-banner.jpg

Ditulis Oleh: Muhammad Fuady, S. Farm., Apt.

Founder and CEO of mbojosouvenir.net - Spesial

SHARE YUK!