Udah Tahu Belum 4 Tipe Konsumen di Bisnis Online? Kenali Dulu Sebelum Memulai

Udah tahu belum 4 tipe konsumen di bisnis online kenali dulu sebelum memulaiMelayani berbagai macam permintaan konsumen sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap pelaku bisnis online. Ada tipe konsumen yang ramah dan langsung order, ada yang banyak tanya nggak transfer-transfer, dan ada pula yang hanya iseng-iseng searching untuk mendapatkan informasi perbandingan harga di dunia maya.

Tentu sebagai pelaku bisnis online kamu pernah menemui tipe konsumen semacam itu. Karenanya, agar tak salah langkah dalam memberikan pelayanan, kamu perlu mengenal 4 tipe konsumen di bisnis online untuk bisa memenangkan persaingan pasar.

1. The Seeker

Setiap konsumen tentu memiliki karakter serta tujuan yang berbeda-beda. Salah satunya saja seperti tipe The Seeker ini yang biasanya sengaja mengunjungi toko online untuk mencari barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tak jarang para pembeli tipe ini akan melakukan survey dari beberapa toko online, untuk mengetahui perbandingan harga antara satu toko dengan toko yang lain. Jika sang pembeli sudah menemukan barang atau jasa dengan spesifikasi dan harga tawar yang cocok, maka sudah pasti mereka tidak ragu untuk melakukan transaksi pembelian.

Tips melayani tipe The Seeker : Agar pembeli dengan tipe pencari ini tetap setia dengan toko online Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengupayakan agar toko online Anda mudah dicari di mesin search engine, serta membuat harga yang kompetitif karena tipe pembeli seperti ini biasanya sudah mengetahui produk yang mereka cari dan terkadang mengetahui pula kisaran harga produk tersebut di pasar umum.

2. The Research

Sama halnya dengan pembeli tipe seeker, pembeli research juga sudah pasti melakukan pembelian di toko online, yang membedakan hanya mereka belum mengerti produk yang mereka cari, sehingga sebagai penjual Anda harus bisa memberikan penjelasan secara detail tentang produk Anda. Mencari tahu di toko online akan memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman bagi mereka.

Tips melayani tipe The Research : Pembeli dengan tipe research lebih suka toko online yang membuatnya bisa tahu produk yang dia cari, sehingga Anda sebagai penjual harus bisa memberikan penjelasan secara detail tentang produk yang Anda jual, manfaat serta cara penggunaannya. Bisa juga Anda menambahkan konten yang berhubungan dengan produk Anda untuk lebih menambah pengetahuan  pengunjung toko online Anda. Untuk tampilan produk, bisa Anda buat per kategori sehingga pembeli akan lebih mudah memilih dan tidak merasa kebingungan.

3. The Discount Lover

the discount lover
the discount lover

Pembeli dengan tipe ini biasanya paling suka dengan produk diskon dari toko online. Mereka berburu dari toko satu ke toko lainnya untuk mencari produk-produk diskon yang ditawarkan, seperti misalnya program potongan harga, paket diskon, atau diskon edisi spesial.

Tips melayani tipe the discount lover : Strategi yang bisa Anda ambil untuk menghadapi tipe pembeli ini adalah dengan cara memberikan paket promosi pembelian seperti misalnya beli satu gratis satu atau memberikan gratis ongkos kirim bagi yang telah melakukan pembelian lebih dari tiga kali.

4. The Window Shoper

Tipe konsumen seperti ini biasanya hanya suka melihat-lihat tanpa ada niat untuk membeli. Motivasi mereka belanja hanya untuk menghabiskan waktu luang, mencari inspirasi, atau hanya sekedar iseng saja.

Tips melayani tipe the window shoper : Langkah strategis untuk menghadapi pembeli dengan tipe the window shoper yaitu dengan cara membuat tampilan homepage yang menarik, sehingga pembeli akan tertarik dan tentunya akan kembali berkunjung ke toko online Anda. Walaupun pembeli tidak melakukan pembelian, tapi setidaknya angka kunjungan di toko online kita bisa meningkat. Sehingga cukup membantu Anda untuk mendapatkan pagerank yang lebih bagus.

Setelah mengenal 4 tipe konsumen di bisnis online, semoga kedepannya para pelaku usaha di dunia maya bisa memenuhi setiap keinginan dan kebutuhan konsumennya serta bisa meningkatkan transaksi pembelian setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.digitalbusiness.gov.au/files/2013/04/Paying-by-credit-card-iStock_000005515840Large.jpg
2. http://www.militarydiscountscentral.com/wp-content/uploads/2012/10/discounts-online.jpeg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba