Cara Gampang Bikin Izin PIRT, Infografis

Buat kalian yang baru mulai usaha, apalagi usaha kuliner, pasti pernah dong denger yang namanya izin PIRT. Apaan sih?

Izin PIRT atau sering juga orang sebut PIRT, dibutuhin sama pengusaha UMKM supaya dia bisa jual produk makanannya secara legal.

Untuk dapat PIRT sebenernya gak sulit bro, gampang, dan gak pakai biaya. Tapi biasanya para pengusaha apalagi yang masih kelas UMKM ini kurang informasi, dan gak tau gimana cara ngurusnya.

Nih, BisnisUKM.com share infonya, jangan lupa di catat ya.

 

cara gampang bikin izin PIRT, info grafisPertama, kalian bisa dateng ke Dinas kesehatan terdekat untuk mendaftarkan usaha.

Kedua, Isi tuh formulir pendaftaran dari Dinkes, jangan lupa lengkapin juga dokumennya.

Dokumen yang kudu ada:

  • Foto 3×4, 2 lembar
  • Foto 2×3, 1 lembar
  • Fotocopy KTP Pemilik
  • Surat Keterangan Domisili Usaha
  • Rincian Modal usaha
  • Sampel Pangan
  • Surat Keterangan Kepemilikan dan Penunjuk Penanggung Jawab usaha
  • Denah Lokasi dan Bangunan.
  • Contoh Label dan Stampel perusahaan
  • Data Industri & Rumah Tangga Pangan

Ketiga, Ikut PKP alias Penyuluhan Keamanan Pangan. Ada ujiannya bro, harus lulus post test minimal dengan nilai 60.

Keempat, Survei Tempat. Orang dinas bakal dateng ke lokasi produksi untuk survei. Usahain tuh tempatnya bersih, ikutin aja yang di dapat waktu PKP, pasti lolos dah.

Kelima, ambil sertifikat. setelah dua minggu, dateng tuh ke Dinkes lagi, untuk ambil sertifikat PKP dan PIRT. Selesai!

 

Sumber: Depok.go.id

12 Komentar

  1. Saya mo buka cafe , Namun karena belum ada modal , sy bel.um bisa beli alat pembuat Kopi. Apa bisa membuka cofe tidak pakai alat penggiling kopi ( Barista).
    Mohon diberikan saran dan A jangan dibuli

    Reply
  2. Bagaimana cara atau strategi nya supaya cafe saya yang baru dibuka terus ada pengunjungnya walau tidak langsung banyak namun minimal adalah tanda tanda kehidupan , supaya tidak kecil hati ini….

    Reply
  3. Saya punya lokasi tanah pekarangan disamping rumah saya dipingir jalan seluas 200 m2 , saya mau buka cafe dan makanan ringan . saya pingin dibantu desaign lokasi nya yg seperti apa yang menarik , bisa multi fungsi selain cafe , bisa untuk tempat rapat atau pesta pernikahan kelas ekonomi mikro.

    Reply
  4. selamat pagi,

    saya daniyal dari pasuruan, saya sedang mengembangkan bisnis saya yaitu menjadi distributor kue kacang namun saya terkendala PIRT nya karena saya hanya distributor dan produksi kue berada d kota lain dan produsen tidak mau mendaftarkan pirt nya, apakah saya bisa mendaftarkan PIRT nya?

    Reply
    • Bisa kalau produk kue kacang diolah lagi, misalnya ditambah taburan cokelat. Nanti Anda bisa mengajukan izin edar sebagai produsen, tapi kalau tidak, mau tidak mau si produsen harusnya punya PIRT.

      Reply
  5. Saya mau buka usaha snake ringan tp msih produksi didapur rmh apa untuk menempel stiker milk sendiri izinny seprti diatas??
    Lalu selagi menunggu prizes izin Keluar bolehkah saya memasarkan produk saya??tnpa menunggu izinny Keluar??
    Mohon bantuanya Pak

    Reply
  6. Pak.
    saya mau usaha kecil kecilan didalam rumah.
    susu kedelai dikemas dalam cup.
    Apa saratnya sama seperti itu pak?

    Reply
  7. Assalammualaikum….
    Kl buat izin p-irt nanti d datengin pihak dinkes.. kl sy produksi di dapur sendiri dan rumah sendiri itu gmn dan untuk membuat surat2ny kmn dlu y surat kepemilikan serta penanggung jawabny trima kasih

    Reply
  8. Sy baru merintis usaha camilan snak dan cake untuk pembuatan lebel ya gimana serta ijin ya biar bisa menjadi hak paten dan gimana cara pemasaranya biar bisa lebih berkembang lg ga hanya dari rumah ke rumah saja

    Reply
    • Selamat pagi Ibu Dessy, untuk cara pengurusan izin PIRT bisa ibu akses melalui artikel di atas. Sedangkan untuk pengusuran ijin merek, ibu bisa mendaftarkan merek dagang ke Ditjen HKI yang ada di kota domisili Ibu. Agar produk ibu bisa dikenal luas masyarakat, ibu bisa mendaftarkan produk Ibu ke Direktori Agen BisnisUKM.com. Cara pendaftaran direktori agen silahkan menghubungi customer servis kami melalui 0812-1511-1415. Terimakasih.

      Reply
  9. Saya baru mau merintis usaha kompeksi kerudung sekolah namun saya belum tau sama sekali tentang pembuatan lebel serta izin hakpaten ?Dan belum tau lokasi pemasaran dimana aja ?

    Reply

Leave a Comment