Pemasaran

Cara Hemat Mengoptimalkan Pemasaran Usaha

pemasaranTerkadang dalam menjalankan strategi pemasaran dibutuhkan biaya anggaran yang cukup besar. Kendala inilah yang sering dihadapi para pelaku UKM dalam memasarkan produk-produknya, sehingga mereka belum bisa mengoptimalkan pemasaran usahanya karena keterbatasan biaya yang mereka miliki.

Melihat kondisi tersebut, pada pekan ini kami sengaja menginformasikan beberapa tips cara hemat mengoptimalkan pemasaran usaha yang bisa dijalankan para pelaku UKM. Kira-kira strategi apa saja yang bisa dilakukan pelaku usaha? Berikut informasi selengkapnya.

Melalui Internet Marketing
Bisa dikatakan kebutuhan budget (anggaran biaya) untuk pemasaran online lebih murah jika dibandingkan dengan pemasaran offline. Karena itulah, Anda bisa memanfaatkan strategi internet marketing untuk menghemat biaya pemasaran. Misalnya saja dengan membuat sebuah website berbayar, melalui blog, email marketing, maupun menggunakan situs jejaring sosial lainnya yang bisa digunakan secara gratis. Melalui strategi tersebut, Anda bisa mencantumkan nama perusahaan, contact person dan alamat usaha, slogan serta logo produk yang Anda tawarkan, hingga testimoni dari para konsumen yang sudah menggunakan produk ungulan Anda.

Melalui Kegiatan Promosi
Strategi yang kedua bisa dijalankan melalui kegiatan-kegiatan promosi yang menguntungkan para konsumen. Contohnya saja dengan menjadi sponsor dalam event-event lokal, seperti memberikan hadiah bagi perlombaan yang diadakan di sekitar tempat usaha Anda, atau memberikan kupon potongan harga bagi para pelanggan setia Anda. Melalui kegiatan promosi seperti ini, Anda bisa menginformasikan keberadaan produk unggulan yang ditawarkan kepada masyarakat sekitar dan memperluas jangkauan pasar Anda dengan memanfaatkan strategi pemasaran dari mulut ke mulut.

Memperluas Jaringan Bisnis
Langkah ketiga yang bisa Anda jalankan yaitu memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki. networkingAnda bisa memulainya dengan bergabung di beberapa forum yang masih berhubungan dengan bisnis Anda dan menjalin hubungan baik dengan pengusaha lainnya yang ada di forum tersebut. Melalui rekanan bisnis yang dimiliki para pelaku usaha, tak jarang mereka bisa memperluas peluang pasar yang ada dan mendapatkan kesempatan emas untuk mengembangkan usaha yang dijalankannya.

Nah, setelah membahas tiga strategi pemasaran yang tidak membutuhkan biaya besar ini, semoga para pelaku UKM bisa mengoptimalkan pemasaran produknya dan mendapatkan omset besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia, dan perluas jangkauan pasar Anda. Salam sukses.

Baca Juga  Bisnis Kuliner Online Makin Laris Manis Dengan 10 Trik Ini!

[mb-bahaya]

Sumber gambar :
1. http://ecofriendly.ru/sites/default/files/images/eco_139.preview.jpg
2. http://www.cancunforos.net/wp-content/uploads/2012/12/networking-pensamiento-positivo.jpg