Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis, Pengusaha Sukses

Cara Ini Bisa Bikin Kamu Meraih Kesehatan Mental di Tempat Kerja

cara-ini-bisa-bikin-kamu-meraih-kesehatan-mental-di-tempat-kerja

sumber gambar: Tony Gareri

Terdapat pengakuan yang berkembang bahwa kesejahteraan mental karyawan memiliki dampak positif pada keberhasilan organisasi serta kesehatan karyawan. Dengan begitu, penting bagi sebuah tempat kerja untuk benar-benar memperhatikan kesehatan mental karyawan. Kalau karyawan sehat mental, pasti akan berkorelasi positif sama produktivitas perusahaan. 

Kesehatan mental yang baik di tempat kerja dan manajemen yang baik berjalan beriringan dan ada bukti kuat bahwa tempat kerja dengan tingkat kesejahteraan mental yang tinggi lebih produktif. Mengatasi kesejahteraan di tempat kerja meningkatkan produktivitas sebanyak 12%. Memang penting membahas mengenai sentuhan psikologi dalam dunia kerja.

Pekerjaan merupakan bagian utama dari hidup sebagian besar orang, termasuk mungkin kamu yang membaca artikel ini. Di tempat kerja adalah waktu yang paling lama kita menghabiskan weekdays. Di mana kita mendapatkan penghasilan sekaligus teman-teman. Memiliki pekerjaan yang memuaskan bagus untuk kondisi mental dan kesejahteraan hidupmu secara umum. Nah, bagi kamu yang ingin meraih kesehatan mental di tempat kerja, biar kerja bahagia dan stres, perhatikan cara-cara berikut ini ya!

Cara Meraih Kesehatan Mental di Tempat Kerja

cara-ini-bisa-bikin-kamu-meraih-kesehatan-mental-di-tempat-kerja

sumber gambar: Employment First Aid

Ketika sudah banyak orang yang sadar perlunya membahas mengenai keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, nah untuk kesehatan mental lain cerita. Sekalipun banyak orang yang sebetulnya mengalami stres di tempat kerjanya, jarang banget pada ngomongin soal kesehatan mental. Sepertinya ini memang karena adanya fakta kalau kita sudah menciptakan sebuah culture kalau ngomongin soal ini merupakan hal tabu. Banyak orang yang memilih untuk menyembunyikan masalahnya dan itu sebetulnya sangat nggak baik buat mentalnya.

Nah, berikut ini ada sedikit cara yang bisa kamu terapkan supaya bisa jadi orang yang sehat mental di tempat kerja. Semoga membantumu bisa survive di tempat kerja!

1. Membaurlah dengan sesama teman kerja dan banyak lakukan hal bersama

membaurlah-dengan-sesama-teman-kerja

sumber gambar: hispotion.com

Rekan kerja adalah orang yang paling dekat dengan kita. Tidak perlu sungkan untuk berteman seperti biasa. Saat bekerja kalian memiliki ikatan kepentingan, punya profesionalisme untuk mengerjakan pekerjaan sebagaimana mestinya. Nah, kalau tiba waktu break ya upayakan untuk membaur, jangan menyendiri.

Kalau sempat, ada waktu untuk main/refreshing juga nggak ada salahnya. Dengan begitu bisa semakin mengakrabkan satu sama lain. Nantinya tempat kerja akan jadi menyenangkan karena punya tim yang solid dan saling mengerti. Tidak cuman secara profesional, tapi juga kekeluargaan. Nggak perlu sering-sering, sekali dua kali juga cukup asalkan ada agenda bersama selain bekerja bersama teman sekantor!

2. Manfaatkan waktu mengobrol di luar jam kerja

manfaatkan-waktu-mengobrol-di-luar-jam-kerja

sumber gambar: The Muse

Mungkin saat kamu makan siang, jam pulang kantor, atau waktu luang lainnya ketika sedang nggak dalam mode kerja, kamu bisa ngobrol santai sama rekan kerja. Nggak usah kaku, yang santai aja. Kamu bisa mengeluarkan uneg-uneg mengenai perasaan kamu bekerja misalnya. Dengan begitu akan terbangun iklim saling percaya dan saling dukung antara satu dengan yang lain. Kamu nggak akan pernah merasa sendiri kalau kamu sudah nyaman saling sharing dengan yang lain.

3. Ciptakan tempat khusus

ciptakan-tempat-khusus

sumber gambar: gcecglobal.com

Kamu tahu Google? Perusahaan besar satu ini punya tempat yang bisa dipakai karyawannya buat bersantai lho. Pokoknya kantor Google memang goals banget, bikin karyawan betah kerja karena suasananya menyenangkan dan membuat nyaman. Nah, kamu juga bisa mengaopsi cara Google dengan mengadakan ruangan atau tempat khusus di kantor untuk leyeh-leyeh. Pokoknya bisa buat istirahat. Salah satu media di Indonesia yang sudah menerapkan seperti IDN Media. Mereka menyebut kantor sebagai creative lab dan memang isi kantornya sangat cocok buat milenial.

4. Jeli dengan urusan jam kantor

jeli-dengan-urusan-jam-kantor

sumber gambar: humanresourcesonline.net

Kalau kamu merasa bisa pulang lebih awal dari biasanya ya gunakan waktu tersebut untuk relaksasi tubuh. Jika biasanya kamu lembur dan ada hari bisa pulang lebih awal jangan sia-siakan. Kalau mau pulang lebih awal, pastikan kamu tiba di kantor on time ya! Pokoknya jangan sampai korupsi waktu kerja. Jika memang kamu sedang punya banyak kerjaan yang mengharuskan lembur ya jalani dengan baik.

Waktu seperti ini bisa kamu jadikan kesempatan untuk mempersiapkan diri memanjakan tubuh dan pikiran. Namanya lembur pasti lelah fisik dan mental, setelah hari lembur kamu bisa refreshing. Berikan reward juga untuk dirimu sendiri biar nggak stres dan terus semangat kerja.

Langkah pertama menuju penerapan kebijakan kesehatan mental yang positif dan budaya peduli di tempat kerja adalah mengembangkan pemahaman yang berbeda tentang jenis-jenis tekanan yang dihadapi karyawan. Ada beberapa pemicu stres dan kecemasan umum yang hampir universal di tempat kerja, seperti menghadapi tenggat waktu yang ketat dan memenuhi permintaan pelanggan. Memperdalam pemahaman tentang tantangan yang bisa dihadapi karyawan dalam pekerjaan mereka akan membuat seorang pemimpin lebih siap untuk mengatasi stresor yang umum dan mengenali reaksi yang tidak proporsional terhadap situasi yang penuh tekanan dalam lingkungan kerja.