Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis, Peluang Bisnis, Peluang Usaha

Resep Sempol Kekinian Enak, Sehat, dan Bikin Nagih

Sempol, sudah pernah dengar? Atau malah kamu ini pencinta sempol sejati? Well, ini merupakan salah satu jajanan kekinian nih yang lagi hits banget. Berbagai kalangan usia pasti jatuh cinta sama makanan satu ini bahkan sejak gigitan pertama. Kalau sudah cinta, pasti mau makan lagi dan lagi. Tahukah kamu sempol makanan khas daerah mana? Makanan satu ini merupakan makanan khas Malang, tapi sekarang sudah bisa ditemukan di berbagai daerah lho karena popularitasnya!

Harganya terjangkau banget, bahkan biasanya ini jualan buat anak-anak SD. Saking ekonomisnya, anak SD aja suka beli. Kalau kamu memang penggemar sempol dan penasaran cara bikinnya, kebetulan banget. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahu resep sempol. Tenang, nggak susah sama sekali. Kamu bisa menghadirkan sendiri sempol kesukaanmu kapanmu kamu lagi ngidam.

Resep Sempol Yang Mudah dan Murah

resep-sempol

sumber gambar: cookpad.com

Sempol biasa dijual dengan harga Rp 500 hingga Rp 2000 tergantung isi sempol. Sebagai informasi awal, banyak yang belum tahu asal mula makanan ini. Jadi, seperti tempat sempol berasal, tadinya ada orang Malang ingin berinovasi dari cilok. Berawal dari cilok kemudian dikepal dan dicelup pada adonan telur kemudian dicocol sambal. Inilah asal mula sempol yaitu dari cilok.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Ayam fillet potong dadu, 250 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Tepung terigu 50 gram
  • Bumbu halus
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 1 siung
  • Bawang goreng 1 sdm
  • Merica 1 sdt
  • Telur 1 butir (putihnya saja)
  • Garam 1 sdm
  • Daun seledri, iris halus, 2 batang
  • Kaldu ayam bubuk 1/4 sdm
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, haluskan bumbu lalu masukkan potongan ayam, putih telur, garam, kaldu ayam, merica, dan sedikit air kemudian blender sampai halus.
  2. Kemudian, masukkan ayam ke dalam wadah. Campurkan tepung tapioka dan terigu. Tambahkan dengan irisan daun seledri, aduk hingga rata. Perlu diketahui jika teksturnya akan sedikit lengket.
  3. Rebus air hingga mendidih, lalu kecilkan apinya jika sudah mendidih. Cetak adonan sempol dengan tangan yang diolesi minyak supaya nggak lengket.
  4. Masukkan ke dalam air rebusan, tunggu sampai sempol mengapung agak lama karena itu menandakan sempol sudah matang. Kalau sudah matang, angkat lalu tiriskan.
  5. Kocok lepas kuning telur, tambahkan sedikit air (sekitar 1 sdm) kemudian balurkan sempol ke dalam kocokan telur, kemudian goreng sampai kecoklatan menggunakan api kecil. Sudah selesai!

Bagaimana? Bukan bukan resep sempol yang kami tawarkan? Kamu bisa coba sendiri di rumah setelah mengumpulkan semua bahan-bahannya yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Biar makin nendang rasanya bisa kamu tambahkan saus sambal dan mayonaise. Hm, kebayang dong betapa enaknya ketika sempol udah masuk ke mulut? Dijamin bikin ketagihan dan mau makan lagi dan lagi.

Oh iya, berhubung sempol belakangan ini lagi naik daun banget, ini bisa juga lho kamu jadikan lahan bisnis. Selain resep di atas, kamu juga bisa berkreasi menciptakan sempol ala kamu. Kamu bisa menambahkan bahan atau bumbu rahasia yang menjadikan sempol buatanmu lain dari yang lain. Kalau kamu bisa menghadirkan sempol dengan rasa yang belum pernah ada sebelumnya atau setidaknya masih jarang, itu bisa jadi daya tarik tersendiri buat bisnismu.

Kira-kira kemasan yang cocok buat wadah sempolmu apa ya? Kami ada rekomendasi nih, kenapa nggak coba pakai paper bowl aja? Paper bowl atau yang biasa dikenal dengan mangkuk kertas ini cocok banget buat mengemasi jajanan kayak gini biar naik kelas. Pokoknya kalau kamu mau bisnis sempol, jangan lupa untuk custom kemasan di diKemas.com ya.

bisnis kuliner paper bowl

paper bowl