Cara Jitu Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memanggil Ide Bisnis Kreatif

cara-jitu-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-memanggil-ide-bisnis-kreatifBisnis kreatif kini kian banyak diminati ketimbang menjadi seorang pegawai. Pasalnya bisnis dinilai lebih menantang dan mampu menjanjikan keuntungan yang tidak main-main. Tak sedikit orang yang menjajal untuk terjun dalam dunia bisnis. Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak yang mengeluh kesulitan untuk mencari ide bisnis yang bagus. Padahal, sebenarnya gagasan atau ide bisnis kreatif bisa muncul dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Bahkan kemunculannya pada saat yang tak pernah kita duga.

Untuk menciptakan bisnis kreatif sebenarnya tidaklah sulit karena pasarnya sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang unik dan kreatif tersebut. Hanya saja terkadang ada hambatan-hambatan yang dihadapi. Baik hambatan secara internal maupun eksternal yang membuat bisnis tak kunjung terwujud dan berkembang. Terkadang ketakutan dalam diri sendiri dan ketidakyakinan menjadikan masalah terbesar sehingga takut untuk memulai. Bahkan setelah mempelajari dan mengetahui resiko yang akan dihadapi cenderung takut untuk maju dan berhenti ditengah jalan. Beberapa cara berikut dapat menemukan kreativitas dalam bisnis kreatif.

Cara Menggali Kreativitas Dalam Bisnis Kreatif

Untuk menjadi seorang pengusaha yang memiliki banyak gagasan atau ide bisnis kreatif dan cermat dalam menggali sebuah ide maka dibutuhkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memanggil ide-ide bisnis yang hebat. 

1. Jangan Terlalu Cepat Membuat Asumsi

Terlalu cepat dalam mengambil asumsi merupakan salah satu sikap malas berpikir. Dimana Kamu tidak mau menunggu untuk mendapatkan semua informasi yang Kamu perlukan untuk memperoleh sebuah kesimpulan yang benar. Jika Kamu ingin menarik sebuah kesimpulan, usahakan Kamu sudah mendapatkan banyak informasi. Kesabaran serta kemauan untuk mendapatkan banyak informasi merupakan salah satu cara yang dapat Kamu lakukan untuk menggali kreativitas.

2. Melihat Hal Dari Sudut Pandang Orang Lain

Bukalah pikiran kamu dan belajarlah untuk bisa menerima sudut pandang orang lain yang mungkin lebih valid. Bukan hanya mengandalkan sudut pandang kamu sendiri. Kamu boleh saja hebat, namun bisa saja orang lain memiliki banyak informasi yang belum pernah kamu dapatkan.  Bisa jadi dengan mendengarkan dan melihat dari sudut pandang orang lain kamu akan mendapatkan sesuatu yang tak terduga dan tak pernah kamu pikirkan sebelumnya. 

3. Menghindari Pikiran Plinplan

Beberapa orang mempunyai kecenderungan dari suasana hati yang sangat positif dalam waktu satu menit dan sangat negatif untuk waktu selanjutnya, semuanya tergantung pada apa yang dilihat di depannya. Pikiran naik turun tersebut biasa disebut dengan mood. Jika Kamu tergantung pada mood, maka pikiran Kamu tidak akan bisa bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, mulailah belajar untuk bisa berpikir tanpa harus dipengaruhi oleh mood yang tidak menentu.

4. Menghilangkan Kebiasaan Malas Berpikir

Kebiasaan malas berpikir dapat menjadi batu sandungan yang besar untuk bisa berpikir jernih. Jadi, jangan pernah berpikir bahwa segala sesuatu yang terjadi selalu dengan cara biasanya. Bisa saja untuk yang kali ini berubah. Ciri orang-orang yang malas berpikir adalah orang-orang yang selalu beralasan dengan “biasanya”. Cobalah untuk sedikit belajar memaksa untuk terus berfikir dan mengembangkan kreatifitas dalam diri untuk mengali lebih dalam potensi yang kamu miliki. 

5. Berpikir Untuk Diri Kita

Tahukah Kamu bahwa jika kita sering menonton berita, ada beberapa pola pikir yang secara tidak sadar bisa kita terima. Media memang dipergunakan untuk membentuk sebuah opini. Nah, untuk itu janganlah pernah kita terbawa oleh opini publik dengan mudah. Mungkin Kamu merasa hal itu sudah benar karena sudah menjadi opini umum, namun pernahkan Kamu berpikir untuk hal yang berbeda? Berusahalah berpikir untuk diri sendiri, jangan hanya mengikuti pendapat orang lain. Jangan biarkan pendapat atau opini orang lain mempengaruhi kita untuk berpikir.

bisnis-kreatif

6. Melihat Riset Bisnis

Ketika kamu memutuskan untuk menekuni suatu bisnis yang paling utama kamu lakukan adalah melihat riset akan produk yang akan kamu pasarkan. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk tersebut laku dipasaran dan sesuai dengan permintaan konsumen. Dizaman yang modern seperti sekarang ini untuk melihat riset pasar sudah bisa dilakukan melalui internet browshing. Cari dan temukan ide yang inovatif kemudian buatlah inovasi baru.

7. Belajar Dari Orang Sukses

Pengusaha yang telah sukses sudah pasti memiliki berbagai keunggulan dan inovasi yang telah dibuatnya untuk membangun usahanya. Untuk itu pelajari dari mereka mengenai jenis usaha, strategi promosi yang digunakan, jenis bahan yang digunakan, cara produksi dan harga jual. Setelah mengetahui semua tentang usahanya. Pelajari dengan baik, tiru dan modifikasi sesuai dengan ciri khasmu yang kreatif dan kemas dengan cara yang lebih menarik.

8. Mengambil Manfaat Dari Permasalahan

Tidak selalu masalah yang dihadapi seorang pengusaha itu berdampak buruk. Tidak selalu pula masalah yang ada menjadi penghambat dan harus dihilangkan. Karena terkadang masalah hadir untuk membuat kita berpikir solusi apa yang akan digunakan untuk menghadapi. Nah solusi tersebut adalah ide bisnis yang bisa kamu ubah menjadi peluang bisnis. Nah alasan tersebut masalah yang timbul bisa dijadikan sebagai alasan untuk melihat peluang dan menemukan sebuah ide yang sangat cemerlang.

9. Mengamati Sebuah Trend

Trend sebagai patokan atau acuan untuk melihat sejauh mana perkembangan sesuatu. Trend adalah sesuatu yang sedang menjadi bahan pembicaraan orang-orang atau sesuatu yang sedang naik daun berdasarkan kenyataan yang ada. Kamu bisa melihat lingkungan sekitar tempat tinggalmu apa yang sedang trend. Kemudian temukan ide usaha untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang bisa diinovasikan menjadi lebih kreatif.

10. Membaca

Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan ide bisnis paling ampuh. Sudah banyak yang mengetahui bawah membaca adalah jendela dunia. Dari membaca kita akan mendapatkan berbagai informasi yang sangat berharga. Tentu dari sanalah kamu akan mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.

Gimana nih setelah membaca pemaparan diatas apa sekarang sudah terfikirkan ide bisnis kreatif untuk kamu tekuni? Teruslah berkarya dengan menggunakan segala kemampuan yang Kamu miliki. Jangan pernah sia-siakan peluang-peluang bisnis di sekitar kamu, karena dari hal-hal sederhana yang ada di sekitarmu bisa tercipta ide bisnis kreatif yang bisa mengantarkanmu menjadi  seorang pengusaha.

 

 

Sumber gambar : https://www.creativedigest.net
                https://jgamarketing.com

2 thoughts on “Cara Jitu Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memanggil Ide Bisnis Kreatif”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba