Cara Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Dengan Mudah

Cara memulai bisnis daur ulang sampahDi jaman modern yang serba canggih seperti sekarang ini, masalah tentang sampah masih juga belum mendapatkan jalan keluar yang terbaik sehingga penumpukan sampah masih banyak terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Tumpukan plastik yang ada di sekitar rumah, tumpukan koran dan kertas yang ada di sudut rumah maupun kemasan pembungkus lainnya juga menjadi penambah koleksi sampah di rumah kita.

Namanya sampah pastinya barang buangan yang dianggap sebagai benda tidak berguna lagi dan hanya membuat kotor. Namun, jika Anda memiliki ide-ide kreativitas yang tinggi maka sampah-sampah yang sudah tidak terpakai tersebut dapat Anda sulap menjadi berbagai macam produk kerajinan tangan yang unik, cantik dan memiliki nilai jual tinggi.

Hal inilah yang menjadi awal munculnya ide bisnis daur ulang sampah yang bisa menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Bahkan produk dari daur ulang sampah ini ternyata mempunyai banyak penggemar baik dari kalangan menengah ke atas, menengah ke bawah, dalam negeri sampai dari luar negeri juga ada.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis daur ulang sampah? Anda dapat menggunakan botol bekas, sampah plastik, koran bekas, kardus bekas, kaleng bekas dan jenis sampah lainnya. Sampah-sampah tersebut kemudian diproses sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan berbagai produk kerajinan tangan yang berguna seperti dompet, tas, hiasan dinding, tempat tisu, payung cantik dan masih banyak lagi.

Cara memulai bisnis daur ulang sampah

  1. Pilihlah jenis daur ulang sampah apa yang paling Anda sukai, mudah didapat dan paling menguntungkan.
  2. Pastikan produk daur ulang sampah yang akan Anda buat sesuai dengan kebutuhan di lingkungan sekitar rumah Anda.
  3. Siapkan bahan baku sampah plastik maupun kertas yang bisa Anda dapatkan melalui sampah-sampah dari rumah sendiri, dari tetangga, maupun bekerja sama dari tukang sampah.
  4. Sebelum memulai bisnis Anda harus belajar, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengolah sampah menjadi produk kerajinan tangan yang unik dan juga berguna.
  5. Merekrut pekerja yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan sehingga mampu menghasilkan produk sesuai dengan yang Anda inginkan.
  6. Menyediakan modal usaha, namun modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis daur ulang sampah ini tidak terlalu besar karena bahan baku sampah dapat dibeli dengan harga yang murah bahkan bisa didapatkan secara gratis.
  7. Menyediakan ruangan yang cukup besar untuk penyimpanan bahan baku. Usahakan tempat untuk menampung bahan baku terpisah dengan rumah karena bahan baku sampah tersebut mungkin saja menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit.
  8. Menyiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis daur ulang sampah, misalnya saja seperti gunting, lem, busa, kain bekas, alat jahit, ember, alat penyaring, blender dan lain sebagainya.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat bahwa memulai bisnis daur ulang sampah tidak hanya akan mendatangkan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya, tetapi juga dapat membuat lingkungan sekitar Anda bersih, indah dan terbebas dari tumpukan sampah. Semoga bisa bermanfaat. Salam sukses!

Sumber gambar : http://parade.condenast.com/wp-content/uploads/2013/11/things-didnt-know-recycle-free-ftr.jpg

2 thoughts on “Cara Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Dengan Mudah”

    • Terimakasih Bapak Irsan atas respon yang disampaikan. Semoga informasi bisnis yang kami berikan bisa menjadi salah satu ide usaha yang bisa dijalankan. Selamat berkarya dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba